10+ Daftar Aplikasi Pengolah Angka di Android dan PC Terbaik

aplikasi pengolah angka

Kamu sedang mencari aplikasi pengolah angka untuk membantu kamu dalam pekerjaan atau kegiatan ? Kamu berada di halaman yang tepat karena Elen akan menyediakan macam – macam aplikasi pengolah angka yang bisa kamu gunakan baik di PC maupun di Android.

Dalam kehidupan sehari – hari, pengolahan angka sanagt di butuhkan di bisa dibilang yang paling penting. Kenapa demikian ? karena dengan angka apalagi yang bergerak dibidang keuangan, pendidikan akan sangat terbantu dengan pengolahan angka.

Pengertian Aplikasi Pengolah Angka

Aplikasi pengolah angka biasa di sebut dengan Spreadsheet merupakan program komputer yang digunakan untuk memanipulasi, menangkap, memanipulasi dan menampilkan yang biasanya disusun baik dalam bentuk kolom dan baris.

Kolom dan baris dalam pengolahan angka sangat berhubungan satu sama lain. Artinya jika kamu mengubah salah satu angka dari salah satunya, maka nilai dari table yang lain juga harus dirubah agar nilainya sama.

Fungsi Aplikasi Pengolah Angka

Fungsi utama aplikasi pengolahan angka adalah untuk merangkai dan memproses data yang berbentuk angka dalam berbagai keperluan.

Namun selain itu ada beberapa fungsi lain yang akan Elen berikan. Apa saja sih fungsinya ? simak berikut ini.

  • Sebagai alat bantu untuk membuat tabel data
  • Membuat grafik dari angka yang sudah dikelola
  • Sebagai alat bantu untuk membuat laporan pekerjaan. Hal ini sangat berfungsi jika kamu berada dalam bidang marketing
  • Sebagai alat penghintungan
  • Mengolah data dengan database, grafik formula dan lain sebagainya.

Masih ada banyak lagi fungsi lainnya yang bisa kamu dapatkan dari aplikasi pengolah angka. Jika kamu berada dalam bidang accounting, marketing maka pengolahan angka sangat dibutuhkan agar ada acuan dalam pemasukan, penjualan dari sebuah perusahaan.

Baca Juga : Aplikasi Matematika

Macam – Macam Aplikasi Pengolah Angka

Media yang kamu gunakan untuk membuat data tentu ada banyak. Yang paling sering digunakan adalah PC. Namun tidak perlu khawatir karena dengan kemajuan teknologi sekarang, kamu bisa mengolah angka dengan HP Android.

Apa saja sih aplikasi pengolah data yang bisa digunakan di PC maupun di Android ? simak ulasan berikut ini.

Aplikasi Pengolah Angka PC

1. Microsoft Exel

Aplikasi Pengolah Angka PC
Aplikasi Pengolah Angka PC

Aplikasi/software pertama yang bisa kamu gunakan untuk mengolah angka adalah Microsoft Exel.

Tentu aplikasi ini sudah kamu ketahui karena memang sangat popular dan banyak yang menggunakanya karena kemudahan, fitur lengkap, dan interface yang ramah untuk usernya.

Bahkan sampai sekarang mungkin pengolahan angka yang paling popular dan banyak digunakan adalah Microsoft Exel.

Aplikasi ini dikenalkan setidaknya pada tahun 1987. Sampai sekang sudah banyak jutaan orang yang menggunakan aplikasi ini.

Fitur yang disediakan oleh aplikasi ini bisa kamu gunakan bukan hanya untik mengolah sebuah angka menjadi data, melainkan ada banyak kegunaan lainnya.

Bahkan aplikasi ini bisa menampung 1.084.576 baris dan 16.384 kolom loh. Selain itu dengan menggunakan aplikasi ini kamu tidak perlu khawatir lemot, karena kecepatannya sudah dijamin.

Baca Juga : Aplikasi Untuk Membuat CV

2. OpenOffice Calc

aplikasi pengolah angkan di PC

Aplikasi kedua yang bisa kamu gunakan di PC adalah Open Office Calc. aplikasi ini bersifat open source dan multi platform.

Tampilan dari aplikasi ini juga sangat mudah di mengerti. Hampir sama dengan Microsoft Exel karena menyediakan berbagai menu dan fitur yang bisa kamu gunakan.

3. LibreOffice Calc

aplikasi pengolah angkan di PC

Jika kamu menggunakan aplikasi pengolah angka yang satu ini, kamu akan diingatkan dengan Microsoft Exel versi lama.

Namun jangan salah, fitur yang disediakan pada aplikasi yang satu ini tidak kalah dari aplikasi yang sudah Elen jelaskan diatas.

Aplikasi Libre Office Calc bisa digunakan pada desktop Mac, Windows bahkan Linux.

Kamu bisa memilih template yang sudah disediakan agar menghemat waktu pengerjaan yang kamu lakukan.

Bahkan aplikasi pengolah angkan ini gratis untuk kamu bisa gunakan. Berbeda dari Microsoft Exel yang harus mempunyai lisensi berbayar.

4. Kspread

aplikasi pengolah angkan di PC

Aplikasi selanjutnya yang bisa kamu gunakan adalah Kspread. Aplikasi ini bersifat open source. Artinya kamu bisa menambahkan kode program agar fitur – fitur yang ada pada aplikasi ini bisa ditambahkan.

Selain itu, aplkasi ini juga bersifat multiplatform. Artinya kamu bisa menggunakan diberbagai OS baik itu linux, windows, Mac dan lain sebagainya.

5. Wings

Aplikasi pengolah angka yang satu ini termasuk freeware. Kamu bisa menjadikan aplikasi ini sebagai pilihan untuk mengolah angka yang sedang kamu butuhkan sekarang.

Namun perlu diingat, wings termasuk aplikasi yang dibatasi penggunaanya. Selain itu tidak bisa dijual kembali.

Tentu jika kamu mempunyai budget tinggi tidak salah jika menggunakan aplikasi yang satu ini. Karena, dengan aplikasi ini akan mempermudah pekerjaan kamu untuk mengolah angka.

6. Spread 32

Aplikasi Pengolah Angka PC

Aplikasi yang satu ini bisa menjadi alternatif untuk kamu jika sedang mencari pengolah angka gratis.

Kamu bisa menggunakan dengan fitur – fitur yang telah disediakan pada aplikasi ini seperti lebih dari 300 fungsi dalam matematika dan trigonometri dan lain sebagainya.

Bahkan aplikasi ini telah bekerja sama dengan bebrapa file spreadsheet dasar seperti XLS, CSV dan PXL.

Kamu juga bisa mengatur dan memfilter data yang kamu butuhkan untuk memudahkan kamu membuat data dari angka yang sedang kamu kerjakan.

Namun jika kamu ingin menganalisis data yang komprehensif, maka dengan aplikasi ini tidak disarankan karena aplikasi ini belum mendukung pekerjaan data dalam jumlah besar.

7. Abocus

Jika kamu sedang mencari aplkasi pengolah data dengan ukuran yang kecil maka solusinya adalah Abocus.

Aplikasi ini hanya memiliki ukuran kurang lebih 2MB saja. Dengan begitu tidak akan membuat PC kamu menjadi penuh.

Aplikasi ini sangat cocok untuk kamu yang minimalis dan tidak membutuhkan banyak ruang di disk komputer kamu.

Namun sayangnya yang bisa menggunakan aplikasi ini hanya mereka yang mengunakan OS Linux saja. Untuk kamu pengguna Mac dan Windows mending pilih yang lain.

Aplikasi Pengolah Angka Untuk Android

Untuk kamu yang ingin mengolah angka dengan Android, tenang karena ada aplikasi yang bisa kamu gunakan. Berikut adalah aplikasinya.

1. Google Sheets

Aplikasi Pengolah Angka Untuk Android
Aplikasi Pengolah Angka Untuk Android

Aplikasi buatan Google ini bisa kamu gunakan untuk mengelola angka sesuai dengan kebutuhan kamu sekarang.

Dengan menggunakan aplikasi yang satu ini kamu akan lebih mudah mengolah dan megnedit angka dengan mudah.

Ditambah lagi, aplikasi ini diintegrasi langsung dengan akun google.

2. WPS Office

Aplikasi Pengolah Angka Untuk Android

Aplkasi yang tidak kalah terkenal dari Gogle Sheets adalah WPS Office. Sudah banyak orang yang menggunakan aplikasi ini dengan berbagai keperluan.

Bahkan, jika dilihat pada Google Play Store, aplikasi ini sudah mencapai total installasi sebanyak 100 juta pengguna.

Ada banyak fitur yang mendukung kemudahan kamu mengolah angka dengan penyimpanan cloud yang sudah diintegrasikan.

Baca Juga : Rekomendasi Aplikasi Kasir

3. Office Suite

aplikasi pengolah angkan di Android

Rekomendasi aplikasi lainnya yang bisa kamu gunakan adalah Office Suite. Bahkan kamu juga bisa mendapatkan program seperti doc, pdf da spreedshet dalam satu aplikasi ini loh.

4. Polaris Office

aplikasi pengolah angkan di Android

Jika kamu sedang mencari aplikasi yang mempunyai banyak fungsi solusi dari Elen adalah pakai Polaris Office.

Dengan aplikasi ini kamu bisa menangani angka dengan 300 formula dan menampilkan lebih dari 20 diagram loh.

Selain itu, ada fitur yang menarik dari aplikasi ini. Yaitu, ada fitur untuk komunikasi. Jadi sangat cocok deh untuk digunakan sebagai tool bisnis atau pekerjaan.

5. Zoho Sheet

aplikasi pengolah angkan di Android

Aplikasi terakhir adalah Zoho Sheet. Tidak jauh berbeda dengan aplikasi lainnya. Kamu bisa membuat kegiatan pengolahan data lebih simple dengan pengerjaan yang tidak harus dilakukan di kantor namun dirumah juga bisa.

Bahkan Zoho Sheet memungkinkan kamu untuk memindai kerta yang mempunyai isi tabel dan kemudian di edit pada aplikasi ini.

Bahkan jika kamu seorang data analys menggunkana aplikasi ini sangat direkomendasikan karena terdapat fitur asiste AI bernama Zia yang akan membantumu merekomendasikan chart atau pivot table.

Tidak hanya itu saja ada beberapa fitur unik dari aplikasi yang satu ini. Jika kamu penasaran dan ingin mencobanya langsung saja cari di Google Playstore

Itu tadi pembahasan mengenai aplikasi pengolah angka yang bisa Elen berikan. Mudah – mudahan bermanfaat dan bisa membantu kamu untuk memepercepat pengolahan angka yang sedang dikerjakan yah.

Jika Sobat ada rekomendasi lain bisa tulis di kolom komentar yahh. Terimakasih.

Abdul Roqib
Hallo ! Saya SEO Specialist dan seorang Mahsiswa jurusan Teknik Informatika