13+ Rekomendasi Daftar Aplikasi Kasir Untuk Segala Bisnis

rekomendasi aplikasi kasir
rekomendasi aplikasi kasir

Di era yang serba digital seperti sekarang ini, aplikasi kasir untuk usaha sangat diperlukan guna membuat pencatatan keuangan yang baik.

Jika usaha masih kecil dan berkembang tentu kebutuhan akan pencatatan tidak terlalu ribet, namun bisa dibayangkan jika usaha yang sudah besar harus menggunakan pencatatan secara manual, tentu akan sangat kelabakan.

Dengan aplikasi kasir tentu akan mempermudah dan mempercepat pekerjaan pencatatan dari usaha kamu. Ada beberapa rekomendasi aplikasi kasir gratis yang bisa kamu gunakan, namun memang secara fitur tidak selengkap yang berbayar.

Berikut adalah rekomendasi yang akan Elen berikan. Simak sebagai berikut.

Daftar Aplikasi Kasir Gratis

1. ProfitCentre

Aplikasi pertama yang bisa kamu miliki adalah Profit Centre. Aplikasi kasir yang sudah banyak orang memakainya karena kemudahan dan fitur yang cukup lengkap.

Namun aplikasi ini tidak bisa digunakan untuk Smartphone karena hanya bisa digunakan melali PC saja.

Aplikasi ini di bangun oleh Dale Haris seorang insinyur elektronik yang bisa kamu gunakan secara gratis.

Tentu dengan adanya aplikasi kasir ini, kebutuhan pencatatan keuangan kamu akan lebih tertata dan tidak khawatir dengan kesalahan pencatatanya.

2. MokaPOS

aplikasi kasir MOKA POS

Kedua adalah MokaPOS. Aplikasi kasir online berbasis cloud ini mempunyai pengguna yang cukup banyak dengan background bisnis yang berbeda – beda.

Menariknya dan berbeda dari rekomendasi yang pertama, aplikasi ini bisa kamu gunakan untuk Smartphone baik Android maupun iOS loh. Jadi kamu bisa melakukan pencatatan hanya dengan menggunakan perangkat mobile kamu.

Fitur didalamnya juga termasuk lengkap, kamu bisa menambahkan seperti daftar menu, stok barang dan lain sebagainya.

Tentu dengan fitur serta perangkat yang digunakan bermacam – macam, jika kamu sebagai pemilik bisnis bisa memantau dengan jarak jauh.

Selain itu fitur yang tidak kalah penting adalah laporan keuangannya. Kamu bisa melihat laporan secara realtime loh.

Jangka waktu gratis pada aplikasi ini hanya 14 hari, setelah itu kamu akan dikenakan biaya. Namun jika kamu sudah tahu fitur dan kegunaan yang begitu lengkap, tidak masalah jika harus mengeluarkan unag karena pelaporan keuangan jadi lebih rapi dan cepat.

3. Keyhut

Daftar selanjutnya yang bisa kamu pilih adalah Keyhut. Aplikasi ini secara tampilan mirip dengan BIOS Windows. Namun aplikasi ini hanya bisa digunakan dengan desktop saja.

Ada banyak fitur pada aplikasi yang satu ini. Namun jika ingin lengkap, kamu harus menggunakan opsi yang berbayar.

Menariknya aplikasi ini berbeda dengan yang sudah dijelaskan lainnya. Fitur terbilang lengkap seperti CRM, pelacakan inventaris, laporan penjulan dan yang tidak ada pada aplikasi lain adalah manajemen karyawan.

4. TruePOS

aplikasi kasir truePOS

Aplikasi ini berasal dari India, selain itu dengan menggunakan aplikasi ini kamu bisa mengintegrasi kan dengan beberapa perangkat berbeda.

Terdapat fitur gratis dan berbayar seperti halnya aplikasi lainnya. Namun saran Elen, jika usaha kamu masih skala kecil gunakan yang gratis.

Tapi jika bisnis yang kamu jalani sudah besar baru gunakan yang versi berbayar. Karena fitur berbayar lebih lengkap sebagai keperluan bisnis skala besar.

5. ChromisPOS

ChromisPOS adalah aplikasi kasir untuk computer. Aplikasi ini tersedia untuk OS Windows, Linux dan Mac.

Tampilan pada aplikasi ini sangat menarik, karena menampilkan foto dari  produk yang kamu jual.

Jadi jika ada yang membeli, kamu tinggal klik saja deh pada gambar produk tersebut.

Aplikasi ini sangat cocok digunakan pada bisnis Café, Restorant, dan beberapa bisnis yang skalanya masih kecil.

6. OlseraPOS

Jika kamu ingin kasir yang praktis dan bisa diakses menggunakan Smartphone maka aplikasi yang satu ini menjadi rekomendasinya.

Aplikasi yang satu ini sudah menggunakan penyimpanan cloud, sehingga kamu bisa mengakses dimana saja dengan hanya menggunakan Smarphone.

Menariknya, aplikasi ini mendukung penyimpanan secara offline loh. Jadi kamu tidak perlu khawatir saat tidak ada koneksi internet.

Karena, ketika koneksi internetnya ada, maka akan secara otomatis data akan tersingkron dengan penyimpanan cloud.

7. OmegaPOS

Aplikasi yang berbasis mobile untuk penggunanya adalah OmegaPOS. Selain itu keunggulan dari aplikasi yang satu ini adalah bisa di integrasikan dengan modul accounting dan inventory produk.

Namun yang perlu kamu ketahui, aplikasi kasir omegaPOS ini mempunyai fitur gratis hanya 14 hari saja. Selebihnya jika ingin memperpanjang kamu harus mengeluarkan uang untuk mendapatkan fitur terlengkap.

8. Kasir Toko Portable

Aplikasi kasir yang mudah, ramah digunakan adalah Kasir Toko Portable. Kamu bisa mendapatkan aplikasi yang satu ini dengan gratis loh.

Ditambah lagi fitur yang disajikan tidak kalah dengan yang berbayar.

Bisnis yang pas saat menggunakan aplikasi ini seperti Café, Bengkel, toko fashion, toko kelontong dan lain – lain.

Usaha skala kecil sangat cocok menggunakan aplikasi yang satu ini.

9. Kasir Pintar Free

Aplikasi gratis yang bisa kamu gunakan untuk pencatatan adalah Kasir Pintar Free. Sesuai dengan namanya kamu bisa menggunakan aplikasi ini secara gratis.

Namun, kasir online yang satu ini hanya bisa digunakan dengan menggunakan Smartphone saja dengan penyimpanan berbasis clodu. Kamu akan lebih mudah memantau usahamu dengan aplikasi yang satu ini.

Aplikasi yang satu ini mempunyai keunggulan yang berbeda dari aplikasi lainnya. Karena didalamnya terdapat fitur scanner barcode.

Jadi kamu tidak perlu khawatir untuk mengeluarkan uang lebih membeli scanner.

10. VendHQ

Program aplikasi kasir rekomendasi selanjutnya yang tidak boleh terlewatkan adalah VendHQ.

Aplikasi ini hanya bisa digunakan dengan menggunkan Komputer saja. Jika kamu mempunyai bisnis kecil namun barangnya terlalu banyak maka aplikasi ini menjadi rekomendasinya.

Fitur yang disediakan cukup lengkap untuk mempermudah dan mempercepat kinerja kamu.

11. Pawoon

aplikasi kasir pawon

Selanjutnya yang bisa kamu gunakan untuk mempermudah pencatatan dan transaksi adalah Pawoon.

Aplikasi ini mempunyai tampilan yang sederhana sehingga mempermudah penggunanya.

Aplikasi ini sangat cocok digunakan untuk sektro bisnis seperti restoran, café, waralaba dan retail.

Bahkan jika kamu mempunyai cabang banyak, dengan menggunakan aplikasi ini kamu bisa memantau secara realtime, karena aplikasi ini menggunakan system cloud yang bisa dipakai baik secara online maupun offline.

Kamu juga akan menemukan fitur yang berbeda dari aplikasi lainnya.

12. Pazool POS

Selanjutnya aplikasi yang tidak boleh Elen lewatkan adalah Pazool POS ( Point Of Sale ). Aplikasi yang sangat cocok digunakan untuk usaha seperti restoran dan café ini mempunyai berbagai macam fitur yang mudah digunakan.

Bahkan, kamu aplikasi ini bisa mendukung pembayaran menggunakan kartu credit loh. Namun jika kamu ingin mendapatkan fitur yang lengkap, maka harus mengeluarkan dana untuk mendapatkan yang versi pro.

13. Cazh POS

Aplikasi ini mempunyai tampilan yang cukup sederhana dengan tujuan untuk mempermudah pengguna dalam memaksimalkan fitur yang disediakan.

Sama seperti halnya aplikasi yang sudah Elen jelaskan diatas. Kamu bisa mendapatkan baik yang versi gratis maupun yang pro.

Namun jika kamu menggunakan versi gratis, fitur didalamnya tidak begitu lengkap. Jadi jika usahamu sudah berkembang pesat, maka Elen sarankan untuk mengupgrade ke versi pro.

14. Smartlink

Daftar rekomendasi aplikasi kasir terakhir adalah Smartlink. Aplikasi yang satu ini sangat pas untuk digunakan jika kamu mempunyai usaha Loundry.

Fitur didalamnya cukup lengkap dan mempermudah kamu memanage bisnis laundry kamu seperti POS kasir, manajemen kurir dan lain sebagainya.

Fitur transaksi pada aplikasi ini cukup berbeda dengan yang lain, kamu bisa memilih beberapa pilihan transaksi seperti deposit, regular, e-money dan lain sebagainya.

Penutup

Itu tadi beberapa rekomendasi tentang daftar aplikasi kasir yang bisa kamu gunakan. Tentu dengan bantuan teknologi yang semakin berkembang, usaha yang sedang kamu jalani sekarang akan lebih mudah dilakukan.

Terlebih jika kamu sedang merintis sebuah bisnis. Pencatatan dan layanan kepada pelanggan harus dioptimalkan agar usahamu semakin besar dan berkembang.

Mudah – mudahan bermanfaat. Cari artikel lain di UmBelen

Abdul Roqib
Hallo ! Saya SEO Specialist dan seorang Mahsiswa jurusan Teknik Informatika