Cara Install Windows 7

Cara Install Windows 7 – Instalasi Windows mungkin terdengar seperti tugas yang menakutkan tetapi sebenarnya sangatlah mudah, terutama jika Kita menginstall system operasi yang lebih baru seperti Windows 7 Ultimate 64-bit dan 32-bit.

Tetapi tidak perlu membawa laptop atau komputer kepada ahli lokal untuk menginstall ulang yang sederhana. Kita bisa menginstall Windows 7 sendiri.

Windows 7 adalah sytem Operasi Windows yang mungkin paling mudah untuk dipasang. Kita hanya ditanya beberapa pertanyaan yang penting selama penginstalan, sebagian besar proses penyiapan secara otomatis.

Seperti versi Windows yang lainnya, metode Clean Install atau Advanced merupakan cara yang paling cerdas untuk menginstall ulang Windows 7 dibandingkan dengan pemasangan upgrade atau pemasangan pararel yang kurang umum.

Seperti yang diketahui bahwa Windows 7 adalah salah satu system operasi Windows yang sangatlah populer. Windows 7 dirilis untuk umum pada Tanggal 22-Bulan Oktober-Tahun 2009.

Meskipun ada versi yang lebih baru yaitu Windows 8 dan Windows 10, Windows 7 masih banyak digemari oleh banyak orang. Dengan tampilan yang sederhana, ringan dan mempunyai navigasi yang mudah membuat Windows 7 masih banyak digemari oleh semua orang.

Pertanyaannya, Bagaimana langkah-langkah Cara Install Windows 7 untuk Pemula ? Maka, Saya akan membuat artikel ini untuk membantu yang belum tahu cara bagaimana cara menginstall windows 7 secara baik dan benar.

Artikel ini Saya tulis sebaik mungkin, supaya bisa memahami betul di setiap langkah yang dijelaskan. Maka bacalah hingga selesai.

Cara Install Windows 7 Dengan Flashdisk

Cara Install Windows 7 Dengan Flashdisk

  1. Yang pertama download software rufus terlebih dahulu.
  2. Setelah sudah di download, masukkan flashdisk dan kemudian buka aplikasi rufus. Maka Device secara otomatis akan terdeksi.
  3. Klik gambar CD Drive untuk memilih lokasi file Iso windows di sebelahnya tulisan FreeDOS, kemudian klik
  4. Secara otomatis rufus akan merubah file system dari FAT32 menjadi Kita juga bisa merubah nama drive pada tulisan New volume label “opsional”. Kemudian klik Start.
  5. Maka akan muncul notifikasi tulisan Warning: ALL DATA ON DEVICE, bahwa semua data yang ada pada drive akan diformat, maka pastikan terlebih dahulu bahwa sudah membacup semua data yang penting. Kemudian klik Ok.
  6. Proses ini akan memakan waktu sekitar 20 menitan. Aplikasi ini sangatlah cepat, tetapi semua tergantung dari berapa besar ukuran system operasi dan kecepatan flashdisk yang digunakan.
  7. Selesai, maka Flashdisknya bisa digunakan untuk mendia instalasi Windows. Kemudian klik

Media instalasi Windows sudah siap. Langkah selanjutnya adalah mengatur BIOS supaya booting pertama masuk di Flashdisk. Hal ini dilakukan supaya device yang pertama kali di baca pada saat awal booting adalah flashdisk.

Setting BIOS Supaya Booting Dari Flashdisk

Setting BIOS Supaya Booting Dari Flashdisk

  • Jangan cabut Flashdisk yang sudah bootable. Biarkan dalam kondisi terpasang pada laptop atau komputer.
  • Restart Laptop atau Komputer,kemudian tekan tombol DEL “Delete” untuk masuk ke menu BIOS. Tombol yang umum di gunakan untuk masuk BIOS adalah DEL, f1, f2 atau fn+f2, tergantung di manufacturer laptop atau motherboard.
  • Kita akan melihat tampilan menu BIOS. Kemudian, pidah ta boot dengan menggunakan

Persiapan Sebelum Install Windows 7

Sebelum melakukan instalasi, persiapkan hal-hal berikut ini :

  • Siapkan DVD Windows 7 terlebih dahulu, karena Kita akan belajar cara menginstall Windows 7 dari DVDROM. Jika tidak punya DVD Instalnya, Kita bisa menggunakan Flashdisk sebagai alternatifnya.
  • Setting BIOS supaya BOOTING dari CD atau DVD.
  • Bacup terlebih dahulu data-data penting. Data-data yang beradadi di Local Disk C : seperti Folder di Document, Pictures, Download dan Video.
  • Usahakan jangan sampai habis jika memakai laptop. Karena bisa berdampak buruk pada laptop. ◄►.
  • Supaya laptop atau komputer melakukan booting pertama kali dari flashdisk, maka perlu menempatkan Removable Devices yang berada di urutan teratas. Caranya dengan memilik Removable Devices, kemudian geser dengan menggunakan tombol “+ atau –“ sampai berada di urutan yang teratas.
  • Kemudian tekan f10 untuk menyimpan hasil setting dan keluar dari menu BIOS.
  • Tekan enter atau yang lain tombol jika muncul tampilan hitam yang bertuliskan Press any key to boot from CD or DVD….
  • Kita akan dihadapkan pada tampilan awal instalasi Windows 7. Maka silahkan lalukan dengan benar.

Baca Juga : Cara Aktivasi Windows 10

Langkah-Langkah Install Windows 7

Langkah-Langkah Install Windows 7

  1. Langkah yang pertama, kalau ada tulisan Press any key to boot from CD or DVD….tekan tombol Enter atau yang lain untuk memulai instalasi.
  2. Silahkan pilih Indonesia di Time and currency format. Untuk Language to install dan Keyboard or input method biarkan default. Kemudian tekan
  3. Untuk memulai instalasi Windows 7. Pilih Install now.
  4. Centang tulisan I accept the lincense terms.
  5. Saya anggap Kita saat ini sedang belajar menginstall system operasi Windows 7 untuk yang pertama kalinya. Maka, silahkan pilih Custom (advance).
  6. Jika ingin melakukan install ulang, downgrade atau upgrade sytem operasi windows sekaligus ingin data-data partisi yang lain tidak hilang, maka delet di Disk 0 Partition 2 “partisi C:” dan Disk 0 Partition 1 : System Reserved, yang nantinya akan otomatis kedua partisi yang di delet menjadi Unallocated Space.
  7. Silahkan buat partisi baru lagi, secara otomatis partisi tersebut menjadi Disk 0 Partition 2 dan jadikan Disk 0 Partition 2 sebagai lokasi instalasi Windows 7, kemudian klik Next.
  8. Untuk harddisk yang masih baru, berikut ini ada langkah-langkahnya untuk partisi harddisk:
  • pilih drive Option “Advanced” > Kemudian tentukan ukuran partisi atau driv tersebut. Kemudian klik Apply jika sudah selesai.
  • Pilih Ok untuk pembuatan system file Windows atau yang biasanya disebut dengan system reserved partition saja.
  • Silahkan buat 2 partisi dengan cara yang sama, tapi tergantung dengan seleranya masing-masing. Pada tutorial ini, membuat 2 partisi saja.
  • Silahkan pilih Disk 0 Partition 2 sebagai lokasi instalasi windows. Kemudian pilih next. Sebenarnya, bisa memilih lokasi instalasi dimana saja, tetapi di sarankan diletakkan di Disk 0 Partition 2.

 Baca Juga : Cara Install Windows 10

  1. Proses instalasi Windows 7 berlangsung. Proses ini memakan waktu kurang lebih 20 menit. Selama proses berlangsungnya, komputer akan restart atau reboot dengan sendirinya beberapa kali.
  2. Jangan tekan tombol apapun pada keyboard. Hal ini akan bisa mengulangi proses instalasi dari awal. Hingga 100%
  3. Kemudian muncul Windows 7 dan memasukkan nama pengguna dan nama komputer. Kemudian pilih
  4. Langkah selanjutnya adalah membuat password untuk akun Windows. Kalau ingin mengisi password silahkan isi dengan password yang kuat dengan kombinasi angka dan simbol. Sedangkan untuk password hint, isikan kata atau kalimat yang membantu mengingat password yang lupa tadi. Jika tidak ingin menambahkan password, biarkan saja kosong. Kemudian pilih Next.
  5. Kemudian ada tampilan produk key, maka silahkan masukkan product key windows 7, kemudian pilih Next. Jika tidak memiliki produck key, bisa melewati langkah berikut ini tanpa memasukkan produk key. Tanpa adanya aktivasi produk key, hanya bisa menggunakan Windows 7 selama masa trial 30 hari. Selanjutnya pilih Next.
  6. Untuk windows update, maka klik Ask me later.
  7. Untuk Time zone atau zona waktu. Pilih (UTC+07:00) Bangkok, Hanoi, Jakarta.
  8. Langkah berikutnya adalah menentukan lokasi jaringan. Maka silahkan pilih Public Network.
  9. Jika tadi menambahkan password di akun. Maka harus memasukkan password terlebih dahulu untuk masuk ke layar dekstop. Kemudian tekan tombol
  10. Proses instalasi sudah selesai. Maka bisa digunakan.

3 Alasan Instalasi Windows Di Flashdisk Lebih Disukai

Ada beberapa alasan kenapa instalasi Windows dengan flashdisk lebih digemari oleh pengguna, diantaranya adalah :

  • Lebih Simpel

Alasan yang pertama, kenapa penggunaan flashdisk lebih disukai untuk melakukan instalasi windows karena penggunaannya lebih simpel. Pada zaman dahulu melakukan instalasi windows harus menggunakan cd atau dvd yang sangat terbatas pada satu system operasi saja.

Bahkan penggunaan cd dan dvd lebih rawan yang namanya kerusakan. Sehingga dengan perkembangan zaman, muncullah sebuah teknolgi baru yaitu dengan adanya flashdisk yang bisa digunakan untuk melakukan proses instalasi secara mudah dan simpel.

Dan bisa dilakukan dimana saja tanpa takut mengalami kerusakan. Alasan flashdisk yang dikatakan lebih simpel, karena tidak harus membeli cd atau dvd.

Jadi hanya dengan menggunakan flashdisk dan aplikasi penghubung, sudah bisa melalukan instalasi windows secara simpel dan cepat.

  • Proses Instalasi Lebih Cepat

Orang lebih menyukai menggunakan flashdisk saat melakukan instalasi prosesnya yang lebih cepat dibandingkan menggunakan CD atau DVD.

Karena flashdisk mempunyai kemampuan untuk membaca dan menulis dengan cepat sehingga proses instalasi menjadi lebih cepat dan lebih praktis. Maka dari itu, untuk saat ini flashdisk yang paling disukai untuk melakukan instalasi Windows 7.

  • Harganya Cukup Murah

Alasan yang ketiga, orang lebih menyukai flashdisk karena harganya yang murah. Dahulu kebanyakan orang melakukan instalasi Windows atau instalasi system apapun pasti menggunakan yang nmanya cd atau dvd drive.

Sebelum itu mereka juga harus membeli kepingan cd atau dvd terlebih dahulu, maka akan mengeluarkan biaya yang tidak sedikit. Belum lagi jika lapatop atau pc yang tidak ada cd atau dvd internal yang ada di dalamnya.

Atau bisa saja dvd internal mengalami kerusakan, tidak masalah jika laptop atau pc mereka sudah tersedia cd atau dvd internal.

Namun jika tidak ada, maka mereka halus membeli cd atau dvd drive eksternal. Maka harus mengeluarkan biaya lagi untuk membeli dvd, yang harganya tidak murah.

Maka dari itu. Sekarang banyak menggunakan flashdisk supaya lebih menghemat pengeluaran dibandingkan menggunakan cd atau dvd drive.

Hanya menggunakan flashdisk dan aplikasi penghubung saja, sudah bisa melakukan instalasi windows. Selain rufus, ada banyak alternatif lain yang bisa di coba seperti WinToBootic, WiToFlash, Unetbootin dan masih banyak yang lainnya.

5 Alasan Kenapa Masih Banyak Menggunakan Windowss 7

  • Kompatibel Dengan Banyak Software

Windows 7 mempunyai alasan yang kuat untuk tetap digunakan hingga saat ini. Windows 7 menyediakan dukungan untuk beberapa software grafis yang sangatlah populer, seperti photoshop, corel draw dan lain-lain.

  • Tampilan User Interface Yang Nyaman

System windows 7 mempunyai tampilan user interface yang sederhana, sehingga bisa memudahkan mengoperasikan laptop atau komputer. Desain yang menarik dengan warna biru sebagai warna yang dominan, sehingga memberikan efek yang santai dan tenang.

Banyak sekali yang merasa sangat nyaman pada saat menggunakan Windows ini. Berbagai menu yang ada di windows ini sangat mudah untuk dicari dan digunakan.

Bagi yang ingin belajar menggunakan komputer, maka system operasi windows ini sangat cocok sebagai teman yang menyenangkan untuk menemani belajar laptop atau komputer.

  • Harga Yang Murah

Alasan yang lain, kenapa masih banyak orang yuang suka menggunakan Windows 7 adalah harganya yang murah. Harga lisensi Windows 7 saat ini lebih murah, karena pihak dari Microsoft sudah todak menyediakan dukungan pembaruan windows 7 lagi.

  • Tidak Terlalu Banyak Memakan Memori

Didalam Windows 7 kebutuhan kartu pengolah grafis tidak terlalu besar, hanya membutuhkan memori pengolah grafis sebanyak 125 mb, sehingga menjadikan sebagai yang paling baik.

Windows ini adalah versi windows yang tidak terlalu memakan banyak sumber daya hardwarenya, sehingga berhasil menarik perhatian dari banyak para penggunanya.

  • Windows Media Center

Fitur pada Windows Media Center yang dimiliki Windows ini bisa memudahkan para penggunanya untuk mengakses berbagai file seperti video, foto dan musik. Bisa memutarkannya secara langsung tanpa harus mencari melalui Hard Drive terlebih dahulu.

Begitu juga dengan User Interface yang dimiliki oleh Windows Media Center, User Interface yang dimilikinya sangat menarik sehingga banyak pengguna yang menggunakan untuk memutar file ini.

Windows Media Center bisa dimanfaatkan untuk melakukan streaming layanan Tv, misalan seperti Netflix.

Mudah-mudahan artikel ini bisa bermanfaat bagi kita semua, apabila ada kesalahan kata mohon untuk di maafkan.

Leave a Reply