5+ Cara Membuat Barcode Menggunakan Exel, Android Terlengkap

Cara membuat barcode

Cara Membuat Barcode – Teknologi sekarang yang semakin berkembang tentu sangat mengubah pola kehidupan manusia. Selain itu kemudahan dalam bidang apapun juga bisa dirasakan.  Salah satunya dengan hadirnya barcode. 

Barcode sendiri hadir dibawa oleh Walence Flint pada tahun 1932 yang membuat sistem untuk perusahaan  ritel saja. Namun  akhirnya semakin kesini barcode di pakai oleh perusahaan lain. Perjalanan barcode dari waktu ke waktu hingga terbentuk system yang otomatis.

Barcode sendiri berfungsi untuk melacak barang atau apapun itu hingga sekarang barcode sering kita lihat barcode di supermarket disekeliling kita.

Namun sebenarnya bagaimana sih cara membuat barcode ? apakah bisa dibuat oleh siapa saja ? simak pembahasan berikut ini.

Pengertian Barcode

Sebelum membahas terlalu jauh, alangkah baiknya untuk mengetahui terlebih dahulu apa itu barcode.

Barcode adalah susunan garis yang mempunyai warnah hitam putih dengan ketebalan setiap garisnya berbeda – beda yang mempunyai kegunaan menyimpan data – data spesifik seperti kode produksi, harga dan lain sebagainya.

Manfaat jika menggunakan barcode sendiri juga bisa dirasakan oleh kebanyakan orang, seperti proses Input Data bisa lebih cepat, tepat dan akurat.

Perbedaan Barcode & QR Code

Sebenarnya antara barcode dan qr code tidak mempunyai banyak perbedaan. Namun yang paling menonjol adalah dari segi bentuk dan  kegunaanya.

Untuk barcode biasanya dipakai untuk mengurutkan sebuah produk dan agar mengetahui harga dari produk tersebut.

Sedangkan untuk QR Code, adalah sebuah temuan baru yang berfungsi untuk memuat lebih banyak informasi dari pada barcode. Selain itu QR Code lebih mudah untuk dibaca dengan perangkat pintar seperti hanya dengan menggunakan android saja.

Cara Membuat Barcode Dengan Exel

Pertama, untuk membuat barcode kamu bisa menggunakan exel. Selain buatnya mudah, kamu bisa langsung dicetak dan ditempel di produk atau barang kamu.

Bagaimana caranya ?

Simak dibawah ini :

  • Untuk membuat di exel tidak semuanya menggunakan fitur didalamnya. Namun kamu harus masuk ke website idautomation.com lalu cari menu font tools.
  • Klik tombol Download
  • Simpan file yang didwnload di computer kamu. Buka file dengan nama Barcodefunctios.zip kemudian extract .
  • Setelah di extract kamu bisa buka exel apapun versinya. Kemudian pilih menu tools
  • Cari menu macro kemudian pilih Visual Basic Editor
  • Kemudian import file yang sudah di extract tadi dengan cara klik menu file > Import file
  • Cari file makro yang sudah kamu download tadi biasanya bernama IDautomation.bas kemudian buka di browser kamu.
  • Kemudian file akan diimport ke exel tepatnya di folder Modules
  • Jika sudah, keluar dari Editor Visual Basic lalu masuk ke workbook baru. Kemudian uji coba barcode yang kamu buat tadi dengan cara ketik nomor di Sel A1 dan Sel sebelahnya. Ketik fungsi barcode
  • Ketik =Code128(A1) pada sel B2 kemudian enter
  • Pilih sel B2 kemudian masuk ke pilihan font cari ID Otomatisasi pilih salah satu
  • Kemudian barcode secara otomatis akan ditampilkan di Sel B2 pada exel yang kamu buat.

Cara Membuat Barcode Dengan Mudah

Selain menggunakan exel, kamu sebenarnya bisa membuat secara online yang tentu akan memudahkan kamu untuk membuatnya.

Barcode sendiri sangat berfungsi untuk digunakan sebagai identitas bisnis yang dijalankan.

Berikut adalah cara memuat dengan online.

  • Buat angka identifikasi UPC/ISBN untuk produk yang kamu punya.
  • Masuk ke SINI untuk mendapatkan UPC kamu.
  • Setelah itu masukan data selengkapnya. Jika sudah selesai UPC akan diberikan yang mempunyai sertifikat resmi sebagai mitra membuat barcode digital.
  • Jika sudah, kamu bisa masuk ke ISBN.org untuk request ISBN.

Selain untuk bisnis, kamu juga bisa loh membuat barcode untuk produk pribadi kamu. Berikut adalah caranya :

  • Masuk ke website berikut CreateBarcdes.com
  • Ikuti wizard yang ditampilkan pada dashboard website tersebut.
  • Kemudian berikan dan nama seri untuk barang di situs tersebut.
  • Barcode sudah jadi.

Baca Juga : Cara Membuat Google Form

Cara Membuat Barcode Dengan Handphone ( Android dan iOS )

Ada cara yang lebih mudah kamu lakukan untuk membuat barcode. Jika kamu merasa kalau menggunakan exel atau yang online ribet, kamu bisa menggunakan aplikasi yang disediakan di playstore dan apstore.

Aplikasi Barcode Android


  1.   Barcode Generator Free

Sesuai dengan namanya, barcode generator free kamu bisa peroleh dengan gratis. Kamu juga bisa membuat barcode lokasi dengan cara yang tentu mudah. Karena kamu bisa hanya menggunakan handphone saja.


  1.   Barcode Generator

Selanjutnya kamu bisa menggunakan aplikasi yang satu ini.

Untuk aplikasi yang satu ini, setidaknya ada 11 jenis kode barcode yang bisa kamu pilih sesuai dengan keperluan dan yang kamu inginkan.

Para pengguna aplikasi ini memberikan review yang bagus. Tentu kamu bisa mencoba untuk membuat barcode menggunakan aplikasi ini.


  1.   Barcode Architect

Selanjutnya aplikassi yang bisa kamu gunakan di hp kamu adalah barcode architect.

Aplikasi ini mudah di gunakan, dan untuk mendapatkannya kamu hanya cukup download dan install di playstore.

Aplikasi ini tidak ada watermark didalamnya sehingga kamu bisa lebih leluasa menggunakanya.


  1.   Barcode Generator and Scanner – Offline

Jika kamu tidak suka aplikasi yang harus online, pilihan yang satu ini bisa kamu gunakan dengan offline. Artinya, kamu bisa menggunakan dan membuat barcode dimanapun dan kapanpun kamu tanpa harus konek internet.


  1.   Code 39

Aplikasi ini adalah membuat barcode dengan tipe kode 39. Dalam aplikasi ini, kamu bisa lansung print loh. Atau kamu juga bisa kalau hanya ingin menyimpannya saja.

  1. Advance Barcode Generator

Aplikasi yang satu ini sebetulnya tidak bereda jauh dengan aplikasi yang sudah kami jelaskan diatas. Namun dengan menggunakan aplikasi ini kamu bisa membuat dengan berbagai bentuk barcode salah satunya merubah warnanya.


  1.   Barcode tm

Terakhir aplikasi yang bisa kamu pakai adalah Barcode tm. Aplikasi yang satu ini masih sepi penguna. Namun bukan berarti jelek loh ya. Karena kurang erekspos saja mungkin.

Aplikasi yang satu ini tidak kalah dengan yang lain, secara kegunaan dan fitur hampir sama dengan lainya.

Hanya saja kamu juga bisa membaca barcode produk – produk.

Aplikasi Barcode iOS

Jika kamu pengguna iOS, jangan khawatir tidak bisa membuat barcode. Karena iOS juga mempunyai aplikasi yang bisa kamu gunakan untuk membuat barcode.

Aplikasi yang bisa kamu gunakan adalah Qrafter . aplikasi ini tidak berbeda dengan aplikasi android yang sudah dijelaskan diatas. Karena menawarkan fitur untuk membuat barcode atau sejenis barcode lainya.

Untuk menggunakannya, kamu hanya perlu mengunduh di appstore. Selain itu kamu juga bisa scan barcode menggunakan aplikasi ini.

Penutup

Kehadiaran barcode tentu membuat perubahan besar dalam kemudahan pendataan serta pemindaian berbagai macam produk. Apalagi jika produk yang ingin didata jumlahnya begitu banyak, tentu menggunakan barcode akan sangat memudahkan.

Mudah – mudahan pembahasan mengenai cara membuat barcode baik dengan menggunakan PC, Online, android & iOS bisa bermanfaat untuk kamu. Jangan lupa subscribe dan nikmati berita serta ilmu mengenai teknologi terbaru.

Leave a Reply