5+ Cara Membuat Google Docs Menggunakan HP & Laptop

cara membuat google docs

Cara Membuat Google Docs – Google Docs adalah menjadi salah satu tools yang penting digunakan untuk pekerjaan di kantoran. Namun, masih ada beberapa orang yang belum mengerti tentang bagaimana cara membuat Google Docs.

Ada beberapa dari Kamu pasti sudah tidak asing lagi dengan tools yang ini. Keberadaan Google Docs sangat membantu Kita dalam menyusun documen yang berbasis kata-kata.

Dikutip dari Hubspot, Google Docs bisa digunakan secara gratis dan bisa digunakan secara online maupun offline.

Mengapa Google Docs menjadi salah satu tools yang andalan bagi pekerja orang kantoran ?. karena dengan adanya Google Docs orang lain bisa melakukan perbaikan documen tanpa harus melalui proses pengiriman seperti melalui email.

Kamu hanya perlu mengirimkan Urlnya saja. kemudian berikan izin kepada orang lain untuk mengedit documen tersebut. Lalu bagaimana cara membuatnya ? Tenang saja teman-teman, Kita akan menjelaskan kepada kalian semua.

Apa Itu Google Docs

Google Docs yaitu layanan pengolahan kata, presentasi, lembar sebar, formulis dan penyimpanan data yang berbasis Wes secara gratis dari Google.

Pertama kali diluncurakn pada tanggal 10 Oktober 2006 sebagai gabungan dua layanan yaitu Spreadsheet dan Writely.

Layanan presentasi pada tanggal 17 September 2007, sedangkan layanan penyimpanan data untuk berkas apapun “sampai maksimum ukuran 1gb per berkas” diluncurkan pada tanggal 13 Januari 2010.

Google Docs sangat memungkinkan dalam hal mengedit dan membagikan file docs secara online dan berkelompok sehingga cocok digunakan untuk berkolaborasi dengan orang lain yang secara real time.

Apa Kegunaan Google Docs

Ada 5 layanan dokumen yang bisa Kita buatkan yaitu seperti Ms Word, Slides seperti MS Power Point. Spreadsheet seperti form excel.

Form kuesioner online di dalam pilihan Google Form, layanan penyimpanan data di semua jenis berkas.

Google Docs tersedia sebagai aplikasi Web, aplikasi handphone untuk Android, Windows, iOS, dan sebagai aplikasi dekstop di Google Chrome OS. Aplikasi ini kompatibel dengan format berkas Microsoft Office.

Keuntungan yang lainnya adalah penyimpanan otomatis selama Kita mengetik, kompatibel dengan word, bisa melakukan penelusuran secara langsung di dalam dokumen yang dibuatnya.

Google ini bisa dibagikan ke siapapun melalui beberapa cara tautan, email dan Web.

Cara Membuat Google Docs Di Laptop

Cara yang pertama adalah Kita harus membuat akun terlebih dahulu di Google. Selain gratis, dengan mendaftar Kita langsung tersambung di akses layanan lain seperti Youtube, Driver, Gmail dan Maps.

Pada halaman pendaftaran, masukkan nama, alamat E-mail, dan tanggal lahir. Kemudian klik langkah berikutnya atau klik next.

Lanjutkan untuk membaca Kebijakan Privasi dan Ketentuan Layanan. Jika sudah, maka klik Agree. Kemudian masukkan ke halaman Google Docs.

  • Pertama silahkan buka di web browser di komputer atau laptop baik itu di Google Chrome ataupun Mozilla Firefox. Buka situs di google dan pastikan untuk login terlebih dahulu.
  • Berikutnya adalah klik ikon “tambah” untuk membuat dokumen yang baru.

Cara Membuat Google Docs Di Laptop

  • Selain menggunakan dokumen yang kosong, kalian juga bisa menggunakan template tersedia oleh Google Docs, seperti resume, surat, proposal proyek, brosur dan sebagainya.
  • Setelah dokumen kosong sudah terbuka, kemudian berikan nama pada berkas pada bagian kiri atas Untitled Document
  • Ketikkan isi dokumen Google Docs sama seperti MS Word, Kalian juga bisa menyunting dokumen mulai dari membuat tabel, memasukkan gambar, menyesuaikan jarak, memasukkan link, menyesuaikan ukuran, memeriksa ejaan, jenis font dan warna.
  • Kemudian juga bisa membagikan dokumen kepada orang lain atau kelompok kerja dengan klik Share pada pojok kanan atas halaman.
  • Kemudian masukkan email tujuan di kolom yang sudah tersedia.
  • Kalian juga bisa mengatur izin untuk orang di bagikan, silahkan klik ikon pensil di sisi kanan kotak.

Keterangan :

  1. Bisa mengedit berarti penggunanya bisa menyunting dokumen.
  2. Bisa komentar berarti pengguna di izinkan untuk memberikan sebuah komentar.
  3. Bisa melihat berarti penggunanya hanya bisa melihat dokumen.
  • Untuk membagikan dokumen dengan menggunakan link, kemudian klik ikon link di pojok kanan atas. Tetapi jiak ingin melakukan hal yang lebih, seperti membagikan tautan ke teman yang tidak memiliki email, klik menu
  • di jendela popup akan muncul tautan yang bisa disalin dan dibagikan. Tetapi sebelum dibagikan, ubalah terlebih dahulu privasinya. Kemudian klik menu
  • Kemudian pilih opsi aktif-publik di web, jika ingin diterbitkan di Web atau aktif-siapa saja yang memiliki link jiak ingin membagikan tautan ini ke platfrom apa saja. misalkan email chat, SMS, forum dan media sosial.
  • Klik kirim untuk mengirim berkas dokumen tersebut.
  • Kemudian untuk menutup dokumen dan kembali ke daftar dokumen, silahkan klik di ikon selembar kertas yang berwana biru di pojok kiri atas halaman.

Cara Membuat Google Docs di Hp

Cara Membuat Google Docs di Hp

Cara membuat Google Dosc berikutnya adalah bisa dilakukan menggunakan smartphone, baik itu menggunakan Iphone atau iPad dan Android. Berikut ini adalah langkah-langkahnya :

  • Yang pertama adalah pasang aplikasinya pada ponsel atau tablet. Jika menggunakan Ipad atau iPhone bisa mendownload aplikasi di App Store. Jika perangkatnya androdi bisa mendownload di Play Store.
  • Setelah sudah di download aplikasinya, kemudian buka aplikasinya yang ditandai oleh icon selembar kertas yang berwarna biru berlabel Docs yang biasanya ditemukan di Home Screen untuk Iphone atau iPad dan aplikasi Android.
  • Klik tombol + di dalam lingkaran di pojok kanan bawah layar.
  • Kemudian klik New Document untuk membuat dokumen baru. Jika menggunakan perangkat Android, maka opsi ini berfungsi untuk membuat dokumen kosong. Apabila menggunakan iPad atau iPhone, masukkan judul dna klik tombol
  • Jika ingin menggunakan template, klik Choose Template untuk membuka jendela penelusuran template, kemudian pilihlah opsi template yang diinginkan mulai dari resme, esai, surat, laporan, prososal, catatan dan brosur.
  • Selama perangkat terhubung dengan internet, Google Docs akan menyimpan pekerjaan secara otomatis ketika sedang mengetik teks. Ada beberapa pilihan menu di atas teks.

Keterangan

  1. Bold adalah untuk mempertebal teks.
  2. Size font adalah untuk mengatur ukuran teks.
  3. Undeline adalah untuk memberikan tugas garis bawah pada teks.
  4. Italic adalah untuk memiringkan teks.
  5. Text Highlight Color adalah untuk memberikan warna pada highlight teks.
  6. Font Color adalah untuk memberikan warna pada font.
  7. Bullet adalah untuk memberikan jenis bullet.
  8. Paragraph adalah untuk memilih jenis paragraf.
  9. Number List adalah untuk memberikan jenis list dengan nomor atau huruf.
  10. Membentuk paragraf menjorok ke kiri atau keluar.
  11. Membentuk paragraf yang menjorok ke dalam.
  • Klik icon tiga titik di pojok kanan atas di halaman untuk membuat pengaturan lanjutan.
  • Pada umumnya menggunakan 3 standar pengaturan. Print layout digunakan untuk melihay hasil tulisan sebelum di cetak dengan cara menggeser gambar lingkaran Print layout ke posisi aktif “on”.
  • Word Count untuk melihat jumlah kalimat, huruf serta jumlah huruf dengan spasi.
  • Share & Export untuk membagikan dan mengekspor file.
  • Jika ingin menjadikan dokumen nuntuk pekerjaan kolaboratif dengan orang lain secara berkelompok klik tombol share “icon manusia dengan simbol +” di bagian atas jendela untuk menampilkan halaman “share”.
  • Ketik alamat email penggunakan yang ingin di share dokumen di kolom
  • Klik icon pensil di sisi kanan kolom people untuk memilih opsi pengguna “Can View” hanya sebatas melihat dokumen saja. “Can Edit” supaya bisa menyunting dokumen dan “Can Comment” untuk mengizinkan mengunggah sebuah komentar.
  • Jika sudah selesai tinggal klik icon Send “gambar pesawat kertas” di pojok kanan atas halaman untuk mengirim dokumennya.

Baca Juga : Cara Membuat Google Classroom

Cara Membuat Google Docs Dengan Voice Typing

Aplikasi ini menyediakan fitur layananan mengetik otomatis hanya dengan cara menggunakan suara yang dinamakan Voice Typing.

Fitur yang satu ini tersedia dalam berbagai bahasa, termasuk bahasa Indonesia sehingga bisa memberikan kemudahan penggunanya pada saat malas mengetik tulisan yang panjang. Berikut ini adalah cara membuat Google Docs dengan menggunakan Voice Typing :

  • Pertama, buka di Google Docs, kemudian pilih di menu Tools dan klik Voice Typing. Setelah itu akan keluar panel voice typing berbentuk seperti microphone.

Cara Membuat Google Docs Dengan Voice Typing

  • Aktifkan microphone terlebih dahulu dengan izinkan di Google Docs untuk bisa mengakses microphone ke kalian. Biasanya, akan muncul tanda notifikasi meninta izin mengakses mic. Jika tidak muncul, klik panel yang bergambar kamera di kolom situs.
  • Selanjutnya adalah pastikan bahasa yang digunakan sudah sesuai. Tersedia banyak pilihan bahasa termasuk Bahasa Indonesia. Sesuaikan bahasa pada saat berbicara.
  • Setelah semuanya selesai, coba fitur dengan mengucakpkan beberapa kata. Jika kata tersebut keluar tidak sesuai. Maka pastikan microphonenya menyala dan berfungsi dengan baik, guna earphone dilengkapi dengan mic atau menggunakan mic eksternal.

Cara Membuat Daftar Isi Secara Otomatis Dengan Google Docs

Cara Membuat Daftar Isi Secara Otomatis Dengan Google Docs

Membuat daftar isi otomatis ternyata tidak hanya bisa di buat di Microsoft Word saja, melainkan bisa juga di Google Docs. Bahkan membuat daftar isi otomatis di Google ini jauh lebih mudah lagi.

Bagaimana bisa dikatan mudah sekali ? Jika susunan babnya sudah benar, Kita cukup menekan dua menu untuk membuat daftar isisnya dan dengan nomor halaman yang diperbarui secara otomatis. Supaya lebih jelasnya lagi, langsung saja simak caranya sebagai berikut :

  • Buka browser di Pc atau Laptop, kemudian buka di halaman google docs. Buatlah dokumen baru, kemudian pindahkan semua isi dokumen word ke dokumen tersebut.
  • Jika dokumen masih dalam format mentahan, belum ada heading 1, 2, 3 dan seterusnya. Langkah yang pertama adalah tentukan dulu heading untuk masing-masing bab. Contoh Nama Sekolah sebagai judul 1 atau heading 1.
  • Setelah itu, tentukan heading 2 “judul yang ke 2”. Contoh disini menggunakan ringkasan sebagai judul 2.
  • Ulangi langkah penentuan heading tersebut ke bab-bab berikutnya sesuai dengan kebutuhannya.
  • Setelah selesai, sekarang baru langkah pembyatan daftar isi secara otomatis. Posisikan di mana daftar isi akan dibuat, setelah irtu bualha judul besarannya. Kemudian klik Sisipkan atau Insert, klik daftar isi “table of content” kemudian pilih satu dari dua jenis yang ditawarkannya.
  • Selain daftar isi sudah dibuat. Maka setiap perubahan yang dibuat dalam tulisan, jangan lupa selalu menekan ikon refresh pada kotak untuk memperbarui daftar isi yang terbaru.

Tips Membuat Dokumen Baru di Google Docs

Google baru saja meluncurkan trik menghemat waktu untuk membuat file baru secara instan sehingga bisa mempermudah para pengguna Spreadsheet, Google Docs, Form dan Sildes dengan memperkenalkan domain “new” yang bisa digunakan di salah satu layanan.

Bagaimana caranya teman-teman ? cuku ketik saja “docs.new”  di addres bar pada browser yang digunakan untuk membuat “dokumen kosong baru”.

Google mendaftarkan banyak variasi di domain yang satu ini, sehingga jika di ketik doc.new atau documents.new juga akan berfungsi.

Format yang sama berlaku di semua aplikasi produktivitas Google, artinya adalah Kalian juga bisa mengetik sheet.new, spreadsheet.new dan lain-lain.

Cara Menggunakan Google Docs Secara Offline

Kita bisa melakukan pengeditan, membuat dokumen, menyimpan dokumen dengan keadaan offline.

Situasi ini tentunya memungkinkan Kita memakai Google Docs pada saat berpergian dan tidak ada koneksi internet. Namun ada beberapa hal yang harus diperhatikan untuk melakukan secara offline, diantaranya adalah :

  1. Klik Pengaturan

Di dashboard awal Google Docs, kemudian klik pengatutan dengan cara mengklik tiga garis yang berada di pojok kiri halaman.

  1. Aktifkan Fitur Offline

Setelah meng-klik pengaturan, Kamu tinggal aktifkan fitur offline yang sudah tersedia di Google Docs.

Cara Membagikan File Google Docs Kepada Orang Lain

Seperti yang sudah dijelaskan yang ada di atas, Kita bisa membagikan file di Google Docs hasil dari pekerjaan kepada orang lain yang dikehendaki tanpa perlu mengirim file ke Email orang yang Kamu tuju.

Berikut ini adalah langkah-langkahnya :

  1. Klik Share

Ketika sudah menyelesaikan file di Google Docs dan ingin membaginya kepada orang lain, Kamu tinggal klik tombol yang bertulis share yang berada di pojok kanan atas.

  1. Ketik Email Penerimanya

Setelah Kamu meng-klik tombol share, Kamu akan diminta untuk mengetikkan Email orang yang Kamu kirim filenya.

Jangan lupa untuk memilih orang yang Kamu kirim harus melakukan pengeditan, menambahkan sebuah komentar, atau hanya melihat filenya saja.

Pilih can edit jika Kamu ingin orang yang Kamu kirim filenya juga bisa melakukan pengeditan terhadap file-mu. Kemudian pilih can comment jika hanya menambahkan komentar dan can view jika hanya melihat saja.

  1. Klik Done

Setelah semua selesai. Klik done untuk mengirim file kepada orang yang dituju. Jangan lupa untuk memberi tanda centang apabila Kamu ingin memberikan notifikasi kepada orang tersebut.

Kesimpulan

Semakin kesini hampir tidak jarang orang yang menggunakan fitur dari google ini untuk urusan pekerjaan. Disamping mudah digunakan, cara membuat google docs juga bisa dipakai kapanpun dan dimanapun dengan hanya menggunakan handphone saja.

Terimakasih, semoga pembahasan mengenai cara membuat google docs lengkap dengan pengertian, fungsi dan lainya bisa bermanfaat.

Jangan lupa untuk subscribe dengan mengisi email dibawah ini. Nantikan kabar dan informasi terbaru mengenai teknologi lainya.

Leave a Reply