Weton Selasa Kliwon

Weton Selasa Kliwon
Weton Selasa Kliwon

Weton Selasa Kliwon – Untuk masyrakat Jawa, hari lahir dalam kalender Jawa atau weton yang masih diperhitungkan dalam menentukan beberapa hal seperti kesamaan pasangan.

Setiap weton terdiri dari hari dan pasarannya memiliki nilai neptu yang sifatnya baku. Nilai teptu hari “dino” dan pasaran ini sudah ada ratusan tahun pada awal kebudayaan Jawa muncul.

Masyrakat Jawa zaman dahulu merangkum semua ramalan weton di dalam buku Primbon Jawa. Dengan weton Kita bisa mengetahui gambaran watak seseorang, rejeki, jodoh dan ramalan kehidupan di masa depannya.

Ramalan weton di turunkan oleh para leluhur masyrakat Jawa dan dituangkan dalam kitab Primbon supaya generasi berikutnya tidak melupakannya.

Ada beberapa jenis weton yang tertulis dalam kitab primbon Jawam salah satunya adalah hari selasakliwon. Jenis weton ini yang akan Kita bahas mulai dari watak, neptu weton, rejeki, jodoh, pekerjaan dan garis hidupnya.

Watak Weton Selasa Kliwon

Dalam buku Primbon Jawa, hari selasakliwon dikatakan memiliki watak seperti Anggoro Kasih atau Tudining.

Yang artinya adalah karakter yang bisa disebut unik karena mempunyai watak yang baik dan mudah mendapatkan keberuntungan dalam berbagai hal dan mudah untuk mendapatkan kesempatan yang bagus dan baik.

Keberuntungan weton ini berasal dari sifat baiknya, cara berpikirnya dan kecerdasannya. Mereka juga tergolong memiliki karakter yang pintar berbicara dan wawasannya luas.

Kelemahan dari weton ini adalah mempunyai beberapa sifat buruk seperti :

  • Mudah cemburu.
  • Wataknya keras.
  • Ambisius
  • Susah untuk dinasehati.
  • Susah untuk diperintah.
  • Mudah marah.

Selain itu kelemahan ini adalah mempunyai satu pendirian. Sehingga ketika ada yang berbeda pemikirannya akan sulit untuk di nasehati dan tidak mudah berubah.

Namun, seiring berjalannya waktu dan semakain bertambah usianya, maka sifat buruknya akan semakin berkurang karena sisi dewasanya.

Neptu Selasa Kliwon

Masing-masing weton mempunyai nilai neptu. Dari jumlah neptu setiap weton ini, Kita akan bisa meramal garis hidupnya di masa depannya.

Garis hidup weton ini bisa berupa kelemahan, rejeki, umur kesuksesan weton atau puncak karirnya. Semua bisa Kita ketahui dan Kita prediksi berdasarkan ramalan weton.

Jumlah weton selasakliwon adalah 11. Angka ini berasal dari nilai neptu hari selasakliwon adalah 3 dan nilai neptu pasaran Jawa adalah 8.

jika mencari jumlah neptu dari weton lain, bisa di cek tabel yang ada di bawah ini :

Tabel Weton
Weton Senin Selasa Rabu Kamis Jum’at Sabtu Minggu
Pahing 13 12 16 17 15 18 14
Pon 11 10 14 15 13 16 12
Wage 8 7 11 12 10 13 9
Legi 9 8 12 13 11 14 10
Kliwon 12 11 15 16 14 17 13

 

Hari Neptu
Minggu 5
Senin 4
Selasa 3
Rabu 7
Kamis 8
Jum’at 6
Sabtu 9

 

Pasaran Neptu
Legi 5
Pahing 9
Pon 7
Wage 4
Kliwon 8

Rejeki Selasa Kliwon

Weton selasakliwon memiliki rejeki yang terbilang cukup kecil dibandingkan dengan weton yang lain. Akan tetapi, dalam keluarga weton ini membawa sebuah keberuntungan besar.

Terutama jika weton ayah “jika anak pertama” atau wetok kakak “jika bukan anak pertama” memiliki jumlah neptu yang kecil dibandingkan neptuselasakliwon.

Ada beberapa neptu weton yang lebih kecil dari neptuselasakliwon adalah meraka yang lahir hari seninwage, seninlegi, selasalegi, selasa pon, selasawage, jum’atwage, minggu wage dan minggu legi.

Dan juga sebaliknya, jika neptu ayahnya “jika anak pertama” atau neptu kakaknya “jika bukan anak pertama” lebih besar dari jumlah weton selasakliwon, maka ekonomi keluarganya akan semakin sulit.

Jadi kelemahan selasakliwon ketika mencari rejeki untuk dirinya sendiri, sedangkan dalam keluarganya jika anak lahir hari selasakliwon, maka ekonomi keluarganya akan meningkat.

Baca Juga : Weton Selasa Pahing

Jodoh Weton Selasa Kliwon

Jodoh selasakliwon akan cocok jika berpasangan dengan seseorang yang memiliki jumlah neptunya8, 13 atau 18. Neptu weton tersebut sangat cocok dengan kelahiran selasakliwon yang memiliki weton berjumlah 11.

Seseoang yang memiliki jumlah neptu di atas adalah orang yang lahirnya di hari :

  • Senin Wage.
  • Senin Pahing.
  • Selasa Legi.
  • Kamis Legi.
  • Jum’at Pon.
  • Sabtu Wage.
  • Sabtu Pahing.
  • Minggu Kliwon.

Jika seseorang lahir selasakliwon akan bertemu dengan pasangan yang lahir pada hari-hari yang ada di atas, maka kehidupannya akan bahagia.

Selasa kliwon dengan salah satu weton di atas akan saling melengkapi kekurangannya dan kelebihan satu sama lain. Sehingga hubungan rumah tangga mereka akan harmonis.

Karena pernikahan hal yang sakral, masyarakat tanah Jawa masih menggunakan hitungan weton untuk meramal kecocokan pasangan.

Dengan adanya perhitungan jodoh, maka diharapkan pernikahan seseorang dengan weton yang tepat akan bisa menghasilkan kebahagiaan serta keharmonisan dalam rumah tangganya.

Pekerjaan Yang Cocok Untuk Weton Selasa Kliwon

Melihat dari wataknya, sifat dan karakter weton ini, mereka akan cocok jika bekerja sebagai pedagang. Jenis weton ini pintar berbicara, sehingga lebih mudah jika berkomunikasi dengan pembeli.

Terlebih weton ini memiliki wawasan yang luas, sehingga dengan bekal ilmu pengetahuan ini akan bisa mempermudah mereka dalam mendapat rejeki di bidang niaga.

Seorang yang lahir selasakliwon cocok menjadi seorang pemimpin. Mereka bisa menjalankan kepemimpinan yang baik jika mendapatkan amanah.

Entah itu dalam hal membuka usaha sendiri atau memimpin pekerjaan dibidang tertentu atau di suatu komunitas.

Watak Wanita Dan Laki Laki Weton Selasa Kliwon

Laki-laki yang lahirnya selasakliwon cenderung mempunyai sifat yang tegar dan pemberani. Mereka juga senang menolong sesama dalam hal berumah tangga dan pandai membangun hubungan yang harmonis dengan pasangannya.

Sedangkan wanita yang lahir hari selasakliwon memiliki watak yang ingin selalu unggul, banyak omong atau ceriwis.

Namun di sisi lain, wanita hari selasakliwon memiliki kepedulian yang tinggi dan pandai memikat hatinya orang lain. Dalam rumah tangganya, wanita dengan weton ini menjadi lebih dominan di bandingkan pasangannya.

Umur Kesuksesan Weton Selasa Kliwon

Untuk mengetahui jatah umur dengan konsep wiraga, hasil dari penjumlahannya akan dikalikan 6 sehingga diperoleh angkah 66.

Sehingga jatah hidup di dunia ini menurut wariga adalah 66 tahun. Jika dilihat peruntungan nasibnya berdasarkan pal Sri Sedana dengan menggunakan jumlah neptu 11, maka diperoleh sebagai berikut :

  • Umur 0 sampai 6 tahun mendapatkan nilai 2 yang artinya adalah penghasilan sedang.
  • Umur 7 sampai 12 mendatkan nilai 4 yang artinya adalah hidup baik sekali.
  • Mendapat nilai satu pada saat umur 13-24 tahun yang artinya adalah penghasilannya sedikit.
  • Pada saat umur 25 sampai 30 tahun mendapatkan nilai 8 yang artinya adalah segalanya berhasil atau sukses.
  • Yakinlah Anda akan sukses dengan usaha yang maksimal.
  • Ketika umur 31 sampai 36 tahun turun drastis menjadi nilai 1 atau penghasilannya sedikit.
  • Turun menjadi 0 pada saat umur 37-42 tahun yang artinya adalah mengalami penderitaan atau kesakitan.
  • Pada saat umur 43 sampai 48 tahun nilainya adalah 1 yang artinya adalah penghasilannya sedikit.
  • Umur 29 sampai 54 tahun nilainya 2 yang artinya adalah pengasilannya sedang.
  • Nilainya turun menjadi 0 pada saat umur 55 sampai 60 tahun berarti pengalami penderitaan dan kesakitan.
  • Umur 61 sampai 66 akan mendapatkan nilai 2 atau penghasilannya sedang.

Itulah jatah umur mereka yang lahir di hari selasakliwon serta peruntungannya. Tidaklah mutlak untuk di percayai karena setiap orang sudah membawa tulisan gidat “nasib” masing-masing dan sumua sudah di atur oleh Allah SWT.

Penutupan

Semua perhitungan yang ada di atas adalah penafsiran manusia yang didasarkan pada buku primbon Jawa menurut neptu wetonnya.

Karena perhitungan manusia, tentunya ada melesetnya dan kadang berbeda dengan realitas kehidupannya.

Percayalah bahwa perhitungan yang paling mutlak dan benar adalah perhitungan Allah SWT. Maka semua yang terjadi di muka bumi ini, sudah sepatutnya Kita sandarkan semuanya kepada Allah SWT.

Semua yang sudah dijelaskan di atas adalah hasil dari tradisi leluhur yang ada di tanah Jawa secara turun temurun di yakini dan dipercayai oleh sebagian besar masyarakat Jawa pada zaman dahulu untuk melihat masa depannya.

Semua yang di sampaikan sebagai-bagian dari informasi atau pengetahuan yang sudah dipercayai dan diwariskan secara turun-temurun oleh semua masyarakat Jawa.

Itulah sekilas atau rangkuman yang bisa Kami sampaikan mengenai ramalan jodoh, watak, rejeki, dan masa depan seseorang yang lahir di hari selasakliwon.

Kita semua boleh percaya ataupun tidak. Anggap saja ini hanya untuk pengetahuan saja. Yang paling mutlak adalah semua Kita sandarkan kepada Allah SWT.

Hallo ! Belajar Terus dan memberikan manfaat bagi orang lain. Seorang pemuda yang hobi menulis tentang pengetahuan.