PETA KOREA SELATAN : Sejarah, Geografis, Iklim, Adat, Sumber Daya

Peta Korea Selatan – Korea Selatan merupakan salah satu negera maju yang terdapat di Daratan Benua Asia, lebih tepatnya di kawasan Asia Timur.

Korea Selatan berkembang serta tumbuh jadi negera maju sebagai salah satu penguasa ekonomi di kawasan Asia, bersaing dengan negera Jepang, serta Cina.

Ibu kota Korea Selatan sekaligus kota terbesarnya ialah kota Seoul. Korea selatan mempunyai luas wilayah kurang lebih 100, 363 km2 dengan keseluruhan jumlah penduduk lebih dari 51 juta jiwa.

GAMBAR PETA KOREA SELATAN

PETA KOREA SELATAN
PETA KOREA SELATAN

PETA KOREA SELATAN LENGKAP

PETA KOREA SELATAN
PETA KOREA SELATAN

PETA BUTA KOREA SELATAN

PETA KOREA SELATAN
PETA KOREA SELATAN

UNIVERSITAS TERBAIK KOREA SELATAN

UNIVERSITAS TERBAIK KOREA SELATAN
UNIVERSITAS TERBAIK KOREA SELATAN

Memiliki rencana kuliah di Korea Selatan? Berikut adalah beberapa universitas terbaik yang ada di Korsel yang bisa menjadi referensi untuk anda.

Antara lain seperi Seoul National University, Korea Advanced Institute of Science and Technology( KAIST), Sungkyunkwan University( SKKU), Pohang University of Science and Technology( POSTECH), Korea University, serta Yonsei University( Seoul campus).

BANK

BANK KOREA SELATAN
BANK KOREA SELATAN

Berikut merupakan daftar bank terbesar yang terdapat di Korea Selatan antara lain meliputi Shinhan Financial Group, KB Financial Group, NongHyup Financial Group, Hana Financial Group, Korea Development Bank, Industrial Bank of Korea, Woori Financial Group, BNK Financial Group, dan juga DGB Financial Group.

BATAS WILAYAH KOREA SELATAN

PETA KOREA SELATAN
PETA KOREA SELATAN
  • Sisi Utara: Berbatasan dengan negera Korea Utara
  • Sisi Timur – Selatan: Dibatasi oleh Laut Jepang dan Selat Korea
  • Sisi Barat: Dibatasi oleh Laut Kuning serta Negara China

KOTA PENTING

KOTA PENTING KOREA SELATAN
KOTA PENTING KOREA SELATAN

beberapa kota berarti serta besar yang ada di Korea Selatan antara lain adalah kota Seoul, Andong, Chech’ on, Wonju, Yeosu, Ch’ onan, Kyongju, Ch’ ungju, Daejeon( Taejon), Sogwip’ o, Anyang, Busan, Ch’ ongju, Kwangju, Suwon, Tonghae.

Eumseong, Gaegu, Ch’ unch’ on, Yongwol, Gimhae, Hallim, Jinju, Kaesong, Kanggyong, Hongch’ on, Iksan, Incheon( Incheon), Jeju( Cheju), Munsan, Naju, Osan, Pohang, Pusan, Jeonju, Kangjon, Samch’ ok, Kangnung, Kimhae, Kimje, Kongju, Kosong,

Kumi, Kunsan, Masan, Miryang, Mosulp’ o, Gunsan, Gwangju, Haenam, P’ yongt’ aek, Sokch’ o, Sunch’ on, Uijongbu, Namwon, Nonsan, Yongju, Uisong, Ulsan, Chinhae, Chinju, Choch’ iwon, Yesan, Chongup, Chonju serta Yosu.

Baca Juga : Peta Asia Tenggara

SUMBER DAYA ALAM

SUMBER DAYA ALAM KOREA SELATAN
SUMBER DAYA ALAM KOREA SELATAN

Berikut merupakan sumber daya utama yang ada di Korea Selatan yang bisa dieksploitasi diantaranya meliputi sumber bahan bakar seperti batubara serta tenaga air.

Selain itu sumber daya mineral atau logam juga bisa ditemukan di negera ini, diantaranya yaitu tungsten, molibdenum, grafit, dan timbal.

LETAK GEOGRAFIS

GEOGRAFIS KOREA SELATAN
GEOGRAFIS KOREA SELATAN

Korea Selatan atau Republik Korea berada di Asia Timur persisnya di bagian selatan Semenanjung Korea yang menjorok dari ujung timur daratan Asia menuju ke Laut Kuning.

Batasan Korea Selatan di bagian utara ditandai dengan Alam Demiliterisasi sejauh 238 kilometer yang juga merupakan pemisah dengan saudaranya yakni Korea Utara. Ibukota Korea Selatan yaitu Seoul.

Dikelilingi oleh 3 wilayah perairan, Korea Selatan mempunyai 2. 413 kilometer garis pantai. Laut Kuning di sisi barat, Laut Cina Timur di selatan serta Laut Jepang di arah timur. Korea Selatan mempunyai laus 98. 480 kilometer persegi dengan 290 kilometer persegi danau serta sungai.

Korea Selatan menjadi rute penyambung alami antara Jepang dan Cina. Berbagai invasi langsung positif dari bangsa Cina, Mongol serta Jepang kemudian terjalin sejak zaman dahulu akan tetapi Korea Selatan berhasil melindungi integritas mereka sebagai suatu bangsa.

MOROLOGI SERTA BATAS

PETA KOREA SELATAN
PETA KOREA SELATAN

Semenanjung Korea menyebar ke kawasan selatan dari bagian timur laut daratan Asia. Pulau- pulau Jepang seperti Honshu dan Kyushu berada kurang lebih 200 kilometer ke arah tenggara melewati Selat Korea. Semenanjung Shandong di Cina terdapat 190 kilometer ke arah barat.

Di sepanjang pantai barat, Teluk Korea di sisi utara serta Laut Kuning di selatan sedangkan Laut Jepang terletak di tepi laut timur. Jika digabung Korsel serta Korut mempunyai 8. 640 kilometer garis pantai dengan kurang lebih 3. 579 pualu- pulau berdiri di lepas pantai bagian selatan serta barat.

Korea Utara membuat batasan dengan Korea Selatan berlandaskan gencatan senjata pada tahun 1953 yang memberhentikan masa Perang Korea. Seluruh semenanjung Korea mempunyai besar 220. 847 kilometer persegi yang dibagi mnejadi 44, 6% milik Korea Selatan dan lebihnya milik Korea Utara.

Pulau terbesar di Korea ialah Jeju merupakan milik dari Korea Selatan. berada di barat daya semenanjung dengan besar tanah 1. 825 kilometer persegi. Pulau berarti yang lain ialah Ulleung di Laut Jepang serta Ganghwa di muara Sunai Han.

Pantai selatan dan barat semenanjung Korea memiliki topografi bergerigi serta tidak beraturan sedangkan pantai timur berlekuk.

SEJARAH BUDAYA

PETA KOREA SELATAN
PETA KOREA SELATAN

Karena kondisi lahan yang sempit serta rintangan laut yang terletak di 3 bagian wilayahnya, Korea Selatan sudah menjadi jembatan budaya antara Cina dan Jepang. Korea memberikan kontribusi yang besar kepada kemajuan Jepang dengan menyebarkan budaya, adat serta seni budaya Konghucu, Budha serta budaya Cina.

BAJU ADAT KOREA SELATAN

BAJU ADAT KOREA SELATAN
BAJU ADAT KOREA SELATAN

Di saat serupa, letak geografi Korea di semenanjung berfungsi sebagai jalan antara Jepang dan Cina membawa penderitaan untuk masyarakat Korea. Pasukan tentara Cina serta Mongol sudah menyerang Jepang lewat Korea serta sebaliknya Cina juga di serang Jepang lewat Korea.

Pada Akhirnya kehancuran melanda masyarakat Korea secara berkala ribuan tahun. Korea menjadi ajang politik antara tiga Negara yakni Cina, Rusia serta Jepang.

Dengan pegunungan yang menghampar luas serta cuma 30% luasr tanah pertanian yang produktif maka para masyarakat petani Korea sudah banyak melakukan eksperimen pertanian yang intensif.

Disaat ini pembaharuan besar- besar sudah menghasilkan lapagan kerja industri serta handal di kota. Saat ini Korea jadi salah satu raksasa industry dunia dengan bermacam produknya semacam Samsung, LG, Kia, Hyundai serta yang lain.

Memancing telah memainkan peran berarti dalam ekonomi Korea. Hampir setiap sajian hidangan Korea merupakan hidangan makanan laut. Ikan menjadi sumber protein tinggi dalam makanan Korea. Manfaatn kesehatan dari santapan laut telah membantu masyarakat Korea jadi lebih sehat.

Namun anehnya, walaupun semenanjung yang terikat laut tetapi orang Korea secara tradisional tidaklah pelaut ulung atau ahli.

Dan kini budaya Korea telah mengalami suatu modernisasi yang begitu melesat. Drama korea, music K-pop telah menjadi lahan ekspansi bisnis dari Negara ini. Budaya operasi plastic juga kian menjamur di kalangan para pemuda yang ingin tampil lebih menawan.

KONDISI IKLIM

IKLIM KOREA SELATAN
IKLIM KOREA SELATAN

Korea Selatan memiliki iklim bertipe sedang dengan 4 musim. Pergerakan massa udara dari daratan Asi memberikan akibat lebih besar untuk cuaca Korsel dari gerakan udara dari Samudera Pasifik.

Musim dingin umumnya panjang, dingin serta kering sedangkan musim panas pendek, panas dan lembab. Musim gugur serta semi menyenangkan tetapi singkat.

Korsel biasanya memiliki curah hujan cukup untuk kegiatan pertanian. Jarang curah hujan kurang dari 75 cm per tahun. Beberapa besar curah hujannya lebih dari 100 cm per tahun.

Kekeringan serius berlangsung kurang lebih sekali dalam 8 tahun terutama di kawasan pembuatan paadi di barat daya. Sekitar 2 pertiga curah hujan tahunan terjadi antara bulan Juni serta September.

DESTINASI WISATA

WISATA KOREA SELATAN
WISATA KOREA SELATAN

Negara Korea Selatan telah menjadi salah satu destinasi wisata yang popular di Dunia. Negara ini sangat kaya akan budaya, teknologi, sejarah, dan juga kuliner.

Kota Seoul merupakan tujuan utama bagi para pelancong, termasuk juga wisata popular lainnya yang ada di luar kota Seoul. Nah berikut adalah beberapa destinasi wisata yang bisa menjadi referensi yang bisa untuk dikunjungi

1. Seoul

Seoul merupakan ibukota dari Korea Selatan. Kota ini terdiri dari bangunan modern serta arsitektur kuno. Seoul mempunyai banyak sejarah seni serta adat dan budaya.

Wilayah Seoul kota metropolitan berisi 4 situs peninggalan dunia UNESCO, antara lain Istana Changdeok, Jongmyo Shrine, Royal Thombs dari dinasti Joseon, dan juga Benteng Hwaseong.

Kota Seoul juga merupakan rumah untuk para pedagang makanan jalanan serta kehidupan malam yang sangat gemerlap. Sebagian simbol modern di Seoul yang besar termasuk gedung keuangan Korea, World Trade Center N Seoul Tpwer, serta 7 bangunan pencakar langit residence Tower Palace.

2. N Seoul Tower

N Seoul Tower merupakan tower komunikasi serta obsevasi yang terdapat di gunung Namsan, Seoui. Tower setinggi 236, 7 m ini jadi landmark kota Seoul serta sebagai titik paling tinggi di kota ini.

Salah satu yang jadi daya tarik N Seoul Menara ini adalah ribuan gembok cinta berwarna warni berbagai macam rupa yang terdapat dipohon dan di pagar dibagian dasar tower.

Tidak hanya itu, di pucuk menara ada 4 dek observasi dimana wisatawan dapat memandang pemandangan kota Seoul dari ketinggian.

Satu dek observasinya ialah restoran berputar yang memungkinkan kita menikmati hidangan lezat sekaligus panorama alam 360 o, tidak hanya itu terdapat 2 lagi restoran lain di lantai dasar, toko souvenir, serta ada juga museum tedy bear.

Untuk dapat mencapai n Seoul menara sendiri yang terdapat di pucuk gunung, terdapat banyak alternatif yang dapat di tempuh, dan masing – masing menawarkan pengalaman serta panorama alam yang berbeda.

3 antara lain yang dapat kamu pilih diantaranya adalah naik cable car, menaiki tangga ataupun menelusuri jalur raya.

3. Istana Kerajaan Korea

Hal lain yang identik dengan Negara korea selatan ialah Istana kerajaan korea pada zaman dahulu yang kerap muncul di drama- drama kolossal korea.

Terdapat 5 Istana ( grand palace) yang dibangun pada era dinasti joseon, ialah istana Gyeongbokgung, Changgyeonggung, Changdeokgung, Deoksugung, dan juga Gyeonghuigung.

Istana- istana yang indah serta khas Negara korea ini sangat terkenal serta jadi salah satu objek wisata yang harus dikunjungi di kota Seoul, Korea selatan.

Selain menyuguhkan panorama alam komplek istana yang indah, kita juga dapat melihat lebih dekat arsitektur, adat istiadat, interior, dan juga barang- barang aset peninggalan dinasti joseon.

Pada tiap harinya dibeberapa istana ini juga diadakan pementasan peragaan ulang dari ritual, adat- istiadat, dan kegiatan- kegiatan yang terjadi pada masa kerajaan di zaman dinasti Joseon.

Melihatnya dengan cara langsung akan membuat anda merasakan suasana seperti masuk dalam drama- drama kolosal korea atau bahkan semacam terbang dengan mesin waktu dan kembali ke masa lalu disaat dinasti joseon masih berjaya di korea selatan.

4. Hanok Village

Hanok village merupakan sebuah kampung – kampung masyarakat dengan rumah tradisional korea yang khas, dan rumah- rumah ini masih dapat kita lihat sampai saat ini.

Untuk kalian yang ingin memahami adat korea ataupun penggemar adat atau budaya korea, anda tentu ingin datang serta melihat langsung desa- desa masyarakat ini bila berkunjung ke korea selatan.

5. Pusat Perbelanjaan Di Seouli, Korea Selatan

Melancong atau berwisata ke suatu negera, tidak lengkap rasanya jika tidak mendatangi pusat perbelanjaan. Ini juga berlaku di korea selatan khususnya di kota Seoul, yang juga menjadi salah satu kiblat fashion di dunia.

Serta di pusat perbelanjaan inilah kita dapat memperoleh produk – produk fashion serta kosmetik andalan di korea. Berbicara mengenai kawasan pusat perbelanjaan, korea selatan memiliki beberapa destinasi wisata berbelanja populer.

Dinataranya yaitu, Myeongdong, Dongdaemun, Insadong, Namdaemun. 4 tempat ini memiliki spesialis masing – masing, ada yang spesialis di butik- butik fashion serta kosmetik dengan banyak rastaurant dan tempat hiburan.

Terdapat juga yang spesialis di toko – toko fashion grosir, terdapat yang spesial cenderamata khas korea, serta terdapat pula yang menjadi pusatnya makanan serta jajanan khas korea.

Oleh sebab itu, tempat- tempat ini tidak cuma jadi tujuan para penggemar fashion saja, namun juga para pemburu oleh – oleh, penggemar kuliner, dan juga pengunjung yang ingin melihat pusat keramaian serta kehidupan anak muda di korea.

6. Jinhae

Jinhae ataupun Jinhae- gu merupakan suatu kawasan di kota Changwon- si di provinsi Gyeongsangnam- do Korea Selatan, perjalanan sekitar 1 jam dari kota Busan. Tempat ini kerap jadi lokasi syuting drama Korea serta identic dengan bunga cherry atau sakura.

Tempat ini memang mempunyai banyak pohon sakura. Tiap menjelang musim semi lebih dari 1 juta orang, baik masyarakat lokal Korea ataupun wisatawan mancanegara , membanjiri kota Jinhae untuk melihat keindahan bunga- bunga sakura yang bermekaran.

Pada musim semi, Jinhae juga populer dengan pergelaran atau festival sakuranya( Jinhae Gunhangje Festival ataupun Jinhae Cherry Blossom Festival) yang diadakan satu tahun sekali.

Pada pergelaran ini para wisatawan juga dapat menikmati berbagai macam kuliner distand makanan serta juga permainan dan pementasan live. Serta juga dapat melihat parade militer sebagai bagian dari Naval Festival yang diselenggarakan secara bersamaan.

7. Pulau Nami

Pulau nami ataupun Namiseom merupakan pulau kecil nan indah berbentuk menyerupai bulan setengah yang terletak di wilayah Chuncheon- si di provinsi Gangwon- do Korea Selatan, perjalanan sekitar 63 km dari kota Seoul.

Pulau Nami populer karena mempunyai panorama alam yang bagus serta juga jalan romantis dengan barisan pepohonan di kedua sisinya. Pulau ini menyuguhkan kecantikan serta romantisme yang berbeda pada tiap musimnya. Yakni , pada musim gugur, musim dingin, musim semi serta musim panas.

Tidak hanya itu, pulau Nami juga menjadi pusat kebudayaan serta seni di Korea Selatan yang diadakan nyaris tiap minggunya.

Pulau ini juga mempunyai kebun binatang, perahu wisata, kebun botani, ayunan luncur mengarah ke pulau, museum serta galeri seni, pentas indoor serta outdoor dan pondok hotel serta penginapan komplit dengan fasilitas seminar dan workshop.

Pulau Nami pula mempunyai karakteristik tersendiri, seperti menyatakan diri sebagai‘ Republik Naminara’ serta mempunyai kelengkapan administrasi seperti halnya suatu negera independent. Serta masih banyak lagi adat- istiadat unik yang lain di pulau ini.

8. Pulau Jeju

Pulau Jeju ataupun Jejudo merupakan pulau terbesar sekaligus sebuah provinsi terkecil di Korea Selatan yang berada di selat Korea, 130 km jauhnya dari pantai selatan Korea.

Pulau ini kerap di anggap sebagai Bali atau Hawai- nya Korea Selatan serta merupakan salah satu tujuan wisata honeymoon paling bagus di dunia. Pulau Jeju juga terdaftar sebagai situs warisan dunia UNESCO dan tercantum 1 dari 7 keajaiban alam versi terbaru.

Pulau yang dinamai‘ Island of the Gods’ ini mempunyai banyak alam terbuka serta mempunyai pemandangan alam yang bermacam- macam meliputi gunung, air terjun, tebing, tepi laut, padang rumput dan padang bunga liar yang sangat indah.

Tidak hanya keelokan alamnya pulau ini juga menawarkan banyak objek wisata lain seperti kebun botani, museum Teddy Bear, taman dewasa Love Land, Theme Park, taman teka teki Maze, festival dan juga berbagai macam aktivitas seperti menyelam, menunggang kuda, dan hiking.

Untuk anda yang tertarik untuk mengenali kehidupan serta kultur asli masyarakat lokal, dapat berkunjung ke desa- desa tradisional masyarakat asli Jeju. Dapat juga melihat lewat 2 museum desa rakyat yang terdapat di pulau ini.

Di pulau ini juga banyak terdapat toko – toko souvenir, oleh – oleh, kerajinan tangan dan kuliner khas Pulau Jeju.

9. Taman Hiburan

Korea Selatan memiliki 2 andalan taman hiburan yaitu, Lotte World di Seoul dan juga Everland di kota Yongin. Keduanya menawarkan suasana serta atraksi hiburan yang berbeda.

Lotte World populer dengan theme park indoornya yang kerap digunakan untuk lokasi syuting film. Sedangkan Everland populer dengan taman bunganya dan bangunan- bangunannya yang sangat indah semacam di negari dongeng.

Lotte World terdiri dari theme park indoor, taman hiburan outdoor, museum rakyat korea, bioskop, mall, ssebuah hotel mewah dan sarana olah badan.

Sedangkan Everland mempunyai theme park, arena balap, kebun binatang, dan berbagai macam aneka wahana serta petualangan outdoor yang dibagi dalam lima zona yang berbeda.

Yaitu Zoo- topia, Magic Land, European Adventure, American Adventure serta Roller Coasters. Keduanya mempunyai keistimewaaan serta keunggulan tersendiri.

10. Cheonggyecheon Stream

Cheonggyecheon Stream merupakan sungai sepanjang 8, 4 km yang mengalir ditengah kawasan pusat bidang usaha kota Seoul, Korea Selatan. sungai ini mempunyai tempat bagi pejalan kaki dikedua sisinya, seperti sungai Seine di Paris.

Serta dihiasi dengan karya seni, patung, jembatan, taman, air terjun dan pertunjukan sinar laser yang dapat dinikmati di malam hari.

Cheonggyecheon Stream merupakan salah satu primadona wisata baru di kota Seoul, serta jadi tempat kesukaan masyarakat Seoul untuk duduk- duduk, bersantai, dan jalan- jalan. tempat ini juga lumayan terkenal kalangan wisatawan mancanegara sebab sering muncul dalam drama Korea.

Terlebih tempat ini juga merupakan tempat diadakannya Lantern Seoul Festival, yaitu festival lampion yang di gelar satu tahun sekali dan menjadi suatu acara yang sangat ditunggu- tunggu di Korea Selatan.

Peta Korea Selatan

Hallo ! Belajar Terus dan memberikan manfaat bagi orang lain. Seorang pemuda yang hobi menulis tentang pengetahuan.