Contoh Kata Penutup

Contoh Kata Penutup

Contoh Kata Penutup – Setiap karya pasti terdiri dari pembuka, isi, dan penutup sebagai kerangka dari struktur penulisan.

Penutup menjadi salah satu bagian yang penting karena di dalamnya terdapat inti dari pembahasan yang telah disebutkan pada bagian diatasnya.

Setiap jenis karya tulis pasti memiliki struktur kepenulisan yang berbeda satu sama lain, khususnya pada bagian penutupnya.

Penutup karya tulis yang baik akan memberikan kejelasan bagi pembahasan yang telah disebutkan sebelumnya. Selain itu, penutup yang baik dan benar akan memberikan nilai bagus pada karya tulis yang telah Anda buat.

Contoh kata penutup dari berbagai karya tulis di bawah ini dapat menjadi referensi untuk tugas Anda lho! Ingin tahu lebih lengkap? Simak contohnya di bawah ini yuk!

Contoh Kata Penutup Artikel

Contoh Kata Penutup Artikel

 

Artikel menjadi salah satu jenis tulisan yang juga membutuhkan penutup agar dapat memberikan kesan yang bagus pada tulisannya.

Penutup yang bagus pada artikel pada dasarnya berisi singkat, padat, dan jelas. Sehingga pembaca dapat mengambil inti dari pembahasan yang telah dijelaskan pada bagian isi diatasnya.

Bagian penutup pada artikel dapat dibuat sesuai keinginan penulis, misalkan ingin memberikan penutup yang terdiri dari pesan singkat, inti dari pembahasan, mengajak, memberi saran, dan lain sebagainya.

Berikut ini terdapat berbagai contoh kata penutup yang dapat digunakan sebagai referensi Anda ketika menulis artikel dengan berbagai tema.

Contoh 1

Pemberdayaan yang dilakukan oleh berbagai instansi di Indonesia tentu memberikan berbagai tujuan dan fungsi bagi kesejahteraan masyarakat.

Berbagai program yang dilaksanakan baik dari segi akademik maupun non akademik dijalankan demi mewujudkan masyarakat yang sejahtera.

Dengan adanya berbagai program melalui pemberdayaan, instansi akan mewujudkan pembangunan di Indonesia.

Contoh 2

Mahasiswa sebagai kelompok yang paling dekat dengan masyarakat berperan sebagai agen of change. Dalam perjuangannya, mahasiswa tidak perlu secara eksklusif menjalankan berbagai tindakan yang dilakukan sendiri.

Dalam hal ini perlu adanya sinergi antara mahasiswa dan masyarakat untuk mewujudkan tuntutan yang nantinya berakhir dengan kebijakan yang lebih baik.

Contoh 3

Berbagai penjelasan tentang kehidupan diatas menjadi salah satu renungan bagi Anda untuk menjalankan kehidupan yang lebih baik.

Pada dasarnya kita hidup di dunia tanpa membawa apapun, dan kelak ketika meninggalkan dunia pun kita tidak akan membawa apapun.

Oleh karena itu menjalankan kehidupan dengan tujuan akhirat adalah lebih utama dibanding mengerjakan sesuatu yang fana.

Contoh 4

Sebagai penutup, marilah merenungkan kembali bahwa kesuksesan tidak diperoleh secara instan, melainkan dengan perjuangan yang diselingi dengan doa.

Berbagai tujuan yang dibuktikan dengan perilaku dapat mewujudkan impian yang selama ini diinginkan.

Oleh karena itu dibutuhkan upaya maksimal disertai dengan doa sebagai penunjang menuju kesuksesan. Selamat berjuang!

Contoh 5

Berbagai penjelasan diatas dapat memberikan kesimpulan bahwa investasi sangat penting dilakukan dalam kehidupan.

Selain menjadi dana emergency jika dibutuhkan sewaktu-waktu, Anda juga dapat menjadikan dana investasi sebagai pasif income pribadi.

Berbagai jenis investasi diatas dapat dipilih sesuai budget dan keinginan untuk mendapatkan keuntungan dari dana yang telah disimpan.

Contoh 6

Dari penjelasan diatas dapat disimpulkan bahwa cara mencegah penularan virus Covid-19 adalah dengan menjaga kesehatan dan melakukan social distancing.

Menjaga kesehatan dapat dilakukan dengan mengkonsumsi makanan yang sehat serta melakukan pola hidup yang sehat.

Sedangkan social distancing dilakukan dengan berdiam diri dirumah dan melakukan berbagai aktivitas dari rumah.

Baca Juga : Contoh Pendahuluan

Contoh Kata Penutup Makalah

Contoh Kata Penutup Makalah

 

Makalah sebagai salah satu jenis karya tulis yang lebih ringan namun tetap memiliki penjelasan serta analisis yang objektif dan logis.

Makalah tentu memiliki struktur penulisan, salah satunya yaitu penutup. Penutup dalam makalah biasanya diletakkan dalam bab paling akhir yang berisi kesimpulan khusus beserta saran yang digunakan selanjutnya.

Penutup yang disampaikan pada makalah pada dasarnya memiliki struktur yang sama satu dengan yang lain.

Hal yang membedakan yaitu setiap tema yang disampaikan pada masing-masing makalah tentu berbeda. Selain itu, penjelasan terkait kesimpulan juga berbeda tergantung ide pokok dari dibuatnya makalah tersebut.

Oleh karena itu contoh penutup makalah akan dijelaskan sebagai berikut.

Contoh 1

BAB III
PENUTUP
3.1. Kesimpulan

Kesimpulan yang dapat diperoleh dari penjelasan yang telah disampaikan diatas adalah internet memiliki dampak positif dan negatif. Dalam penggunaannya, internet dapat memberikan berbagai fungsi yang dapat diperoleh dari segi positif maupun negatif, tergantung dari penggunanya. Oleh karena itu penggunaan internet pada anak-anak perlu diawasi, terutama jika mengakses menggunakan handphone.

Sebagian besar orang tua menggunakan handphone yang terkoneksi dengan internet sebagai alat untuk menghentikan berbagai aktivitas yang dapat menghambat pekerjaan. Namun jika penggunaan internet dengan handphone tersebut tidak diiringi dengan pengawasan, maka akan menimbulkan berbagai aktivitas negatif yang dapat dilakukan oleh anak-anak.

Berdasarkan informasi yang telah diperoleh, adanya internet dapat menjadi sumber informasi dalam berbagai hal. Adanya kekerasan dan kejahatan juga dapat diperoleh melalui internet. Oleh karena itu berbagai aktivitas yang dilakukan anak menggunakan internet harus diawasi sebagai upaya pencegahan dalam melakukan tindakan yang negatif.

Tidak hanya berupa pengawasan, tindakan pencegahan yang dapat dilakukan adalah dengan menggunakan fasilitas yang telah diberikan oleh orang tua, seperti penggunaan email, aplikasi chatting, history situs, game, dan lain sebagainya menggunakan akses langsung dengan milik orang tua. Sehingga jenis aplikasi yang digunakan telah diketahui sebelumnya oleh orang tua.

3.2. Saran

Berdasarkan kesimpulan yang diperoleh diatas menghasilkan beberapa saran, pertama yaitu orang tua harus memperbanyak waktu bersama dengan anak. Hal ini dapat menjadi salah satu cara yang dapat memberikan kedekatan baik psikis maupun fisik kepada anak, sehingga dapat meningkatkan kedekatan satu sama lain tanpa harus menggunakan media apapun.

Saran yang kedua yaitu jika anak-anak sedang rewel sebaiknya tidak menggunakan handphone sebagai alat untuk mendiamkan mereka. Salah satu cara yang dapat digunakan adalah dengan meningkatkan kualitas bersama dengan anak. Terdapat banyak aktivitas yang dapat Anda lakukan dengan anak-anak. Dalam hal ini sinergi antara orang tua dan anak perlu dibentuk untuk menghindari penggunaan internet.

Baca Juga : Contoh Cover

Contoh 2

BAB III

PENUTUP

3.1. Kesimpulan

Perkembangan motorik pada anak adalah proses belajar individu dalam menggerakkan tubuh dengan menggunakan perilaku dan kemampuan gerak. Dalam proses ini terjadi perubahan perilaku yang dilakukan ketika seorang anak belajar dan kemudian menjalankan berbagai aktivitas dalam pengembangan kemampuan geraknya.

Dapat disimpulkan bahwa perkembangan motorik terdiri dari 4, yaitu gerakan refleks, gerak dasar fundamental, kemampuan perseptual, dan kemampuan fisik. Dalam perkembangannya, kemampuan motorik terdiri dari 2, yaitu kemampuan motorik halus dan kasar. Keduanya berhubungan dengan koordinasi fungsional yang dilakukan antara otot dan saraf.

Berbagai aktivitas yang dapat dilakukan untuk mengembangkan kemampuan motorik halus dan kasar dibedakan berdasarkan usia. Pertama yaitu usia 4 sampai 6 tahun, disarankan untuk melakukan gerakan bebas seperti berlari, menaiki tangga, merayap, menangkan bola, melompat, menggambar, menggunting pola, mengekspresikan diri dengan gerakan, dan lain sebagainya.

3.2. Saran

Setelah mengetahui kesimpulan dari perkembangan motorik anak, tentu terdapat saran yang harus dipertimbangkan dalam menjalankannya. Berikut ini merupakan saran yang disampaikan kepada beberapa pihak yang terkait dalam perkembangan motorik anak.

  1. Orang tua

Seorang anak akan lebih banyak menjalankan aktivitas di dalam rumah, oleh karena itu peran orang tua dalam perkembangan motorik anak sangat besar. Dalam hal ini orang tua harus selalu memberikan tugas kepada anak guna meningkatkan kemampuan motoriknya melalui bermain bola, menjalankan aktivitas sehari-hari secara mandiri, dan lain sebagainya.

  1. Masyarakat

Sebaiknya masyarakat sebagai kelompok yang berhubungan langsung dengan perkembangan individu juga berperan dalam perkembangan motorik anak. Ketika bertemu dalam suatu pertemuan, pastikan untuk menanyakan kemampuan yang telah dimiliki oleh anak agar dapat mengasah kemampuan motorik yang telah dimiliki.

  1. Pemerintah

Pemerintah sebagai salah satu lembaga tertinggi dalam suatu negara seharusnya memberikan fasilitas berupa media untuk mengasah kemampuan motorik. Berbagai aktivitas motorik tentu membutuhkan berbagai media untuk menjalankan aktivitas. Oleh karena itu peran pemerintah dalam hal ini memberikan fasilitas berupa media belajar pada setiap PAUD.

Contoh 3

BAB III

PENUTUP

  • Kesimpulan

Penggunaan sampah plastik dalam kehidupan sehari-hari bukanlah sesuatu yang harus dijadikan pembenaran. Pasalnya, penggunaan sampah plastic kian merugikan lingkungan. Plastic terbuat dari penyulingan gas, batu bara, dan gas yang dapat memberikan dampak negatif bagi lingkungan sekitar.

Dampak sampah plastic dapat mencemari air tanah, tanah, bahkan makhluk yang berada di dalam tanah. Kandungan yang terdapat pada sampah plastic dapat menjadi racun berantai yang dapat membunuh hewan pengurai, salah satunya cacing. Berbagai dampak negatif dari adanya sampah plastic berpengaruh terhadap pelestarian lingkungan.

Oleh karena itu pembangunan berkelanjutan yang dilakukan oleh dunia yang kemudian dilakukan oleh Pemerintah Indonesia saat ini adalah pengurangan sampah plastic. Pengurangan penggunaan sampah plastic ini juga dilakukan oleh beberapa perusahaan dan tempat perbelanjaan yang memberikan tariff pada setiap kantong plastic yang digunakan.

Berbagai upaya yang dilakukan untuk mengurangi penggunaan plastic kini kian bervariasi, salah satu yang dapat dilakukan adalah dengan 3R, yaitu reuse, reduce, dan recycle. Ketiganya menjadi salah satu cara ampuh dalam menanggulangi sampah plastic yang dapat berpengaruh pada pelestarian lingkungan.

  • Saran

Saran pelaksanaan 3R yang telah dijelaskan diatas seharusnya dilakukan oleh berbagai pihak, mulai dari rumah tangga, sekolah, masyarakat, dan Pemerintah. 3R tersebut seharusnya dilakukan di berbagai lini kehidupan sehingga dapat memberikan dampak yang nyata terhadap pelestarian lingkungan.

Adanya sinergi yang dilakukan antara berbagai bidang serta lini kehidupan tentu dapat memberikan pemanfaatan sampah plastic sehingga dapat mengurangi dampak negatif yang ditimbulkan. Sebaiknya program 3R dilakukan di setiap bagian masyarakat agar dapat memaksimalkan tujuan dari pelestarian lingkungan.

Contoh Kata Penutup Karya Ilmiah

Contoh Kata Penutup Karya Ilmiah

Karya ilmiah sebagai salah satu karya dalam bidang akademik menjadi alat untuk mengembangkan kemampuan analisa berbagai tema. Karya ilmiah ini terdiri dari berbagai analisa, penemuan, dan lain sebagainya yang berhubungan dengan kehidupan nyata. Adanya karya ilmiah ini dapat memberikan wadah bagi siswa untuk mengasah kemampuan tulisan sekaligus mengembangkan pola pikir.

Salah satu struktur yang harus melekat pada karya ilmiah adalah penutup. Pada dasarnya pembahasan yang disampaikan pada penutup disesuaikan dengan ide pokok yang disampaikan dalam karya ilmiah tersebut. Ingin tahu lebih lengkap tentang contoh penutup karya tulis ilmiah? Simak penjelasan di bawah ini yuk!

Contoh 1

BAB III

PENUTUP

  • Kesimpulan

Ubi memang menjadi salah satu tanaman menjalar yang kaya akan kandungan dan nutrisinya. Tidak hanya digunakan sebagai pengganti nasi, ubi juga dapat diolah menjadi berbagai jenis makanan mulai dari jenis makanan manis maupun yang gurih.

Burger sebagai salah satu makanan luar negeri kini juga dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia. Mulai dari berbagai jenis tempat seperti KFC, McD, dan lain sebagainya menyediakan burger sebagai salah satu makanan ringan yang juga dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia. Salah satu bagian yang paling istimewa dari burger adalah dagingnya.

Oleh karena itu pembuatan daging menggunakan bahan dasar ubi dapat menjadi salah satu alternatif makanan yang dapat dikonsumsi dengan burger. Olahan daging menggunakan ubi ini memiliki keunikan yang dapat menjadi daya tarik apabila menggunakannya dari segi kuliner dan bisnis.

  • Saran

Burger sebagai salah satu makanan luar negeri yang sering dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia saat ini dapat diolah sesuai dengan lidah masyarakat Indonesia. Kurangnya pemanfaatan ubi sebagai salah satu tanaman yang kaya akan nutrisi dapat diolah menjadi daging burger yang menambah alternatif kuliner.

Saran untuk pengusaha dalam ciptaan kuliner yang khas ini dapat dijadikan salah satu jenis makanan yang dapat menambah penghasilan. Dalam hal ini saran bagi pemerintah adalah memberikan izin bagi para pengusaha yang ingin membuka bisnis burger dengan daging yang terbuat dari ubi agar dapat menjadi sumber penghasilan bagi masyarakat.

Contoh 2

BAB III

PENUTUP

3.1. Kesimpulan

Ikan buntal terkenal menjadi salah satu jenis ikan yang memiliki berbagai racun dalam tubuhnya. Selain sebagai pelindung diri ketika menghadapi musuh, racun yang terdapat pada ikan buntal juga dapat berbahaya ketika dikonsumsi meskipun dalam kondisi ikan mati. Meski memiliki racun dalam tubuh, kandungan dan nutrisi pada ikan buntal juga sangat banyak sehingga dapat dimanfaatkan.

Salah satu cara yang dapat digunakan untuk pemanfaatan ikan buntal adalah dengan menghilangkan racun pada tubuh ikan buntal tersebut. Setelah itu bagian daging pada tubuh ikan buntal dapat dimanfaatkan menjadi berbagai bahan olahan makanan sehari-hari. Dalam karya tulis ilmiah ini menciptakan Ekado sebagai makanan khas Jepang yang terbuat dari daging ikan buntal.

Selama ini ikan buntal dianggap sebagai ikan yang beracun dan tidak dapat dikonsumsi melihat berbahayanya racun yang terdapat dalam tubuh ikan buntal. Namun dengan pengelolaan yang benar serta menghilangkan racun dalam tubuh ikan buntal tersebut, maka dagingnya dapat dikonsumsi menjadi Ekado dalam hal ini makanan khas Jepang yang nikmat untuk dikonsumsi.

  • Saran

Penggunaan daging ikan buntal yang mendapat stigma buruk dari masyarakat dapat menjadi salah satu hal unik untuk menarik konsumen. Adanya inovasi penggunaan ikan buntal sebagai salah satu bahan dasar dari pembuatan makanan Ekado dapat menjadi salah satu alternatif kuliner yang dapat bermanfaat dalam berbagai pihak.

Saran yang dapat ditujukan bagi Pemerintah dalam hal ini memberikan kesempatan bagi nelayan untuk memperoleh ikan buntal sebagai salah satu hasil pada saat memperoleh mata pencaharian. Adanya fasilitas yang diberikan Pemerintah kepada nelayan dapat memaksimalkan perolehan hasil laut yang dapat bermanfaat bagi pangan di Indonesia.

Baca Juga : Contoh Kata Pendahuluan

Contoh 3

BAB III

PENUTUP

3.1. Kesimpulan

Bayam sebagai salah satu jenis sayur tidak hanya dapat digunakan sebagai makanan pokok saja, seiring berjalannya waktu, bayam juga dapat diolah menjadi berbagai jenis makanan. Salah satu makanan yang unik dan dapat diolah menggunakan bahan utama yaitu bayam adalah nugget. Sebagai salah satu makanan khas barat, nugget juga dapat dibuat dari bahan bayam sebagai sayuran.

Keberadaan bayam di Indonesia terbilang sangat banyak, tersebar di seluruh nusantara. Meskipun memiliki harga yang murah, namun bayam juga dapat diolah hingga memperoleh harga jual yang tinggi. Salah satu olahan bayam yang dapat memberikan kontribusi bagi pangan di Indonesia adalah pembuatan nugget ini.

Nugget sebagai salah satu jenis makanan yang identik dengan daging kini dapat diolah menggunakan bahan dasar bayam, sehingga dapat menghasilkan makanan yang sehat dan memiliki nutrisi yang tinggi. Hal ini dapat menjadi solusi bagi anak yang tidak ingin mengkonsumsi sayur dalam bentuk masakan karena dapat mengkonsumsi nugget yang berbahan dasar sayur.

Adanya olahan nugget yang berbahan dasar bayam ini dapat memberikan nutrisi yang sama kepada anak-anak. Adanya inovasi olahan bayam menjadi nugget ini juga dapat digunakan sebagai salah satu cara agar anak-anak dapat mengkonsumsi sayuran.

  • Saran

Saran yang dibutuhkan terkait pemanfaatan bayam yang diolah menjadi nugget sebagai salah satu makanan khas barat ini adalah pendistribusiannya. Pengenalan bayam sebagai salah satu jenis sayur menjadi nugget yang biasanya terbuat dari daging sangatlah minim. Oleh karena itu sosialisasi terkait olahan bayam menjadi nugget dapat dilakukan oleh Pemerintah sebagai lembaga tertinggi di Indonesia.

Contoh Kata Penutup Proposal

Contoh Kata Penutup Proposal

Proposal digunakan sebagai bukti fisik ketika akan mengajukan kegiatan atau program yang dilakukan baik dalam lingkup pemerintah maupun lembaga non pemerintah.

Adanya pengerjaan proposal ini dapat menjadi salah satu bukti dijalankannya mekanisme dalam pelaksanaan berbagai program baik internal maupun eksternal.

Salah satu bagian yang penting dalam memberikan penjelasan akhir dalam ide yang disampaikan dalam proposal adalah penutup.

Seperti penutup pada umumnya, isi yang disampaikan didalamnya berhubungan dengan jenis pembahasan. Oleh karena itu contoh kata penutup akan dijabarkan di bawah ini sebagai salah satu bahan rujukan dalam pembuatan proposal.

Contoh 1

Demikian proposal kegiatan Gajayana Muslim Mounth (GMM) ini, kami berharap doa dan partisipasi saudara dalam kegiatan yang akan diselenggarakan dapat berjalan lancar dan diridhai oleh Allah SWT. Semoga amal ibadah kita di bulan penuh berkah ini dicatat olehNya sebagai amal shalih yang mampu menolong kita di akhirat kelak. Aamin.

Contoh 2

Demikian proposal kegiatan Jalan Sehat yang bertujuan untuk meningkatkan solidaritas sekaligus menjaga kesehatan antar warga ini. Semoga dapat berjalan dengan lancar dan mendapat antusias yang tinggi dari masyarakat dan warga pada khususnya. Atas perhatian dan partisipasi berupa materi dan non materi, kami ucapkan terima kasih.

Contoh 3

Sebagai penutup, kami menyampaikan bahwa pada dasarnya perayaan Hari Kemerdekaan Indonesia tidak perlu dirayakan secara mewah. Hanya dengan tasyakuran dan kegiatan bersama yang khidmat dilakukan antar warga dapat menjadi peringatan yang sangat istimewa. Oleh karena itu proposal ini dibuat agar kegiatan perayaan Ulang Tahun Kemerdekaan Indonesia dapat dilaksanakan dengan baik.

Contoh Penutup Laporan

Laporan sebagai salah satu bukti fisik dari dijalankannya kegiatan yang telah berlangsung menjadi bukti dari pelaksanaan suatu program lembaga. Laporan memiliki berbagai struktur yang penting bagi hasil pelaksanaan kegiatan, salah satunya bagian penutupnya.

Penutup laporan yang baik akan memberikan inti dari kegiatan yang telah dilakukan pada saat proses pelaksanaan kegiatan. Setiap penutup laporan pasti disesuaikan dengan tema pelaksanaan kegiatan sehingga menghasilkan kesimpulan yang baik. Ingin tahu lebih lengkap? Simak penjelasan tentang contoh penutup laporan di bawah ini yuk!

Contoh 1

“Dan hendaklah ada di antara kamu segolongan umat yang menyeru kepada kebajikan, menyuruh kepada yang ma’ruf dan mencegah dari yang mungkar; mereka adalah orang-orang yang beruntung. “(QS. 3 : 104)

“Barang siapa yang mengerjakan amal saleh, baik laki-laki maupun perempuan dalam keadaan beriman, maka sesungguhnya akan Kami berikan kepadanya kehidupan yang baik dan sesungguhnya akan Kami berikan balasan kepada mereka dengan pahala yang lebih baik dari apa yang telah mereka kerjakan.” (QS. 16 : 97)

Kami sadar, bahwa apa yang kami lakukan jauh dari sempurna. Oleh karena itu, kami mengharapkan kerjasama dari berbagai pihak untuk mensukseskan acara ini. Dengan tetap mengharap pertolongan dan Keridhoan Allah SWT.

Semoga apa yang kami harapkan dapat terwujud, sehingga kami dapat menunaikan apa yang kami lakukan saat ini. Sehingga melalui acara ini diperoleh banyak generasi penerus kami di organisasi yang tangguh dan memiliki kapabilitas baik dalam masalah akademis maupun dalam pengamalan Islam. Sehingga ISSC semakin kokoh dan mandiri serta memiliki kinerja organisasi yang optimal. Aamiin.

Contoh 2

Dari Ummul Mu`minin ‘Aisyah radhiallahu ‘anha berkata, bahwa Rasulullah shalallahu ‘alaihi wasallam bersabda :

(( الَّذِي يَقْرَأُ القُرْآنَ وَهُوَ مَاهِرٌ بِهِ مَعَ السَّفَرَةِ الكِرَامِ البَرَرَةِ، وَالَّذِي يَقْرَأُ الْقُرْآنَ وَيَتَتَعْتَعُ فِيهِ وَهُوَ عَلَيْهِ شَاقٌّ لَهُ أجْرَانِ )) متفقٌ عَلَيْهِ

“Yang membaca Al-Qur`an dan dia mahir membacanya, dia bersama para malaikat yang mulia. Sedangkan yang membaca Al-Qur`an namun dia tidak tepat dalam membacanya dan mengalami kesulitan, maka baginya dua pahala.” [Al-Bukhari 4937, Muslim 244]

Dari Hadis diatas dapat disimpulkan bahwasanya membaca Alqur’an akan mendapatkan satu pahala dan bahkan mereka yang masih kesulitan membacanya akan mendapat dua pahala. Sehingga dengan adanya kegiatan Mengaji ini, dapat memberikan ilmu pengetahuan beserta praktik yang akan memberikan manfaat bagi pesertanya.

Setiap orang memiliki cara dan karakteristik tersendiri pada saat membaca Qur’an. Dengan adanya kegiatan mengaji ini maka individu yang masih terbata ketika membaca Al-Qur’an secara perlahan akan mendapatkan kelancaran pada saat membaca Qur’an. Hal ini berpedoman pada sebuah kalimat “sebaik-baiknya ilmu adalah ilmu yang diajarkan pada yang lainnya”.

Contoh 3

Demikian laporan pelaksanaan kegiatan ANDALUSIA (Andil bersama Urusan Islam dan Agama) 2014 sebagai salah satu program kerja divisi PSDM FISIP UB. Kami berterimakasih atas materi, doa dan bimbingan Bapak/Ibu yang telah diberikan kepada kami sehingga kegiatan kami ini berjalan dengan baik dan lancar.

Semoga dengan diselenggarakannya kegiatan ini memberi manfaat kebaikan kepada sesama umat Muslim khususnya peserta pelaksanaan yang ada di FISIP UB, aamiin. Terima kasih. Wassalammualaykum warohmatullahi wabarokatuh.

Baca Juga : Contoh Latar Belakang

Contoh Kata Penutup Pidato

Contoh Kata Penutup Pidato

Ada berbagai macam pidato yang bisa disampaikan di berbagai acara. Pidato tersebut menyesuaikan juga dengan acara dan tema yang dilaksanakannya. Misalkan pada saat hari bumi, maka pidato tersebut bertemakan lingkungan hidup.

Atau di sekolah, biasanya pidato perpisahan dan lain-lain. Berikut ini ada beberapa contoh penutup pidato yang bisa dijadikan referensi :

  • Contoh Penutup Pidato Hari Bumi

Biasanya pada hari bumi akan diperingati oleh semua warga dunia. Di hari bumi juga akan diadakan berbagai macam kegiatan yang positif guna untuk mengingatkan semua manusia untuk melestarikan bumi yang semakin tua ini.

Dengan ditetapkannya hari bumi pada tanggal 22 April menjadikan pengingat kepada semua manusia yang tinggal di bumi ini untuk melestarikan alam dan menjaganya dengan baik.

Pidato yang disampaikan pun berisi tentang berbagai macam cara dan himbauhan guna untuk mengajak semua warga untuk peduli kepada bumi. Berikut ini adalah contoh dari pidato penutup hari bumi :

Bumi semakin menua, banyak pemanasan global dan berbagai masalah sampah mendorong Kita untuk lebih memperhatikan serta menjaga bumi ini. Dengan adanya peringatan hari bumi ini, marika Kita semakin bergandengan tangan untuk memujudkan bumi yang lebih hijau, lestari dan menjadikan bumi sebuah tempat untuk diwarikan ke anak cucunya nanti.

Jagalah bumi dengan cara peduli di lingkungan sekitar, jagalah bumi dengan berperan aktif dalam mengurangi pemanasan global dan kriris sampah. Ayo Kita jaga bersama bumi kita sebisa mungkin.

Akhir kata jika ada kesalahan dalam penyampaian mohon untuk di maafkan, terima kasih atas segala perhatiannya.

Wassalamualaikum. Wr. Wb.

  • Contoh Kata Penutup Pidato Di Sekolah

Di sekolah sering diadakan upacara bendera setiap hari senin supaya menanamkan rasa patriosme kepada siswa. Maka Kepala Sekolah atau Guru akan memberikan pidato di sela upacara. Pada saat itulah isi pidato yang akan didengar oleh semua siswa yang isinya tentang himbauan kegiatan sekolah ataupun ajakan tentang program dan hal penting yang lainnya.

Bagaimana informasi dan pengumuman di sekolah bisa disampaikan dengan baik kepada siswanya. Berikut ini contoh dari pidato penutup yang biasanya disampaikan di sekolahan :

Semua warga sekolah selalu bekerja sama untuk mewujudkan sekolah yang berprestasi. Oleh karena itu, mari kita semua untuk selalu giat dalam belajar, giat berkegiatan sehingga bisa memberikan sekolah ini yang terbaik.

Prestasi sekolah ini akan terwujud jika semua siswa mempunyai semangat yang tinggi dan para guru yang selalu membimbing masa depan siswanya. Railah semua mimpi setinggi langit dengan cara mengukir prestasi dimanapun adanya nanti.

Mohon maaf jika ada kata yang kurang berkenan dihati, terimakasih atas perhatian semua warga sekolah yang baik budi.

Wassalamualaikum Wr. Wb.

Contoh Penutup Surat Lamaran Pekerjaan

Contoh Penutup Surat Lamaran Pekerjaan

 

Contoh 1

Demikian surat permohonan kerja ini saya buat dengan sebenar-benarnya, besar harapan saya Bapak/Ibu bisa menerima saya bekerja di perusahaan yang Bapak/Ibu pimpinan. Atas perhatian Bapak/Ibu sebelum dan sesudahnya saya ucapkan banyak terima kasih.

Contoh 2

Demikian permohonan ini disampaikan, besar harapan saya kirianya Bapak/Ibu bisa mempertimbangkannya, sebelum dan sesudahnya diucapkan terima kasih.

Contoh 3

Demikian surat lamaran kerja ini saya buat, atas perhatian dari Bapak/Ibu saya ucapkan banyak terima kasih.

Contoh 4

Besar harapan saya untuk bisa mendapatkan kesempatan wawancara sehingga bisa menjelaskan potensi yang ada di dalam diri saya. Demikian surat pengajuan kerja ini saya buat. Atas perhatian dari Bapak/Ibu disampaikan terima kasih.

Contoh 5

Demikian surat lamaran kerja ini saya perbuat, atas perhatian dari Bapak/Ibu saya ucapkan banyak terima kasih.

Contoh Penutup Ceramah

Contoh Penutup Ceramah

Contoh 1

Hal yang terpenting dari apa yang saya sampaikan diacara ini adalah kata penutup Closing statment, yaitu (Kalimat indah apapun, hasil dari capaian apapaun, kalimat berharga apapun itu jika baik semua data dari Allah SWT dan jika kurang berkenan buruknya datang dari saya pribadi) kesempurnaan hanyalah milik Allah. Terima kasih. Wassalamualaikum Wr. Wb.

Contoh 2

Segala bentuk perhatian para hadirin sekalian dalam mendengarkan sambutan saya adalah sebuah penghargaan dan saya ucapkan banyak terima kasih, mungkin dari saya rasa cukup apa yang saya sampaikan kurang lebihnya mohon maaf Billahi Taufik Walhidayah, Wassalamualaikum Wr. Wb.

Contoh 3

Demikian pemeran yang saya sampaikan pada kesempatan yang berbahagia kali ini, terima kasih atas perhatiannya mohon maaf jika ada kesalahan kata, saya hanya manusia bisa yang tidak luput dari dosa dan kesalahan, sekian dari saya Wallahul Muafiq Ilaa Aqwamit Thoriq Summa Salaamu’alaikum Wr. Wb.

Contoh 4

Tidak mengurangi sedikit pun rasa hormat saya kepada para hadirin semuanya yang saya hadir disini, saya ras cukup sekian yang bisa saya sampaikan di kesempatan kali ini dan yang mulia ini, semoga semua menja nilai ibadah untuk Kia semua. Aamiin Yaa Robbal ‘Alamiin. Sekilan dan Wasaalamualaikum Wr.Wb.

Penjelasan tentang contoh kata penutup dari berbagai karya tulis ilmiah diatas dapat menjadi referensi yang dapat digunakan untuk berbagai tema.

Pada dasarnya penutup di masing-masing karya memiliki tipe dan karakteristik tersendiri, hal ini tergantung dari penulis ingin memberikan tipe penulisan penutup seperti apa. Oleh karena itu berbagai contoh diatas dapat menjadi referensi bagi Anda. Selamat mencoba!

Mudah-mudahan artikel ini bisa bermanfaat bagi Kita semua, apabila ada kesalahan kata mohon untuk dimaafkannya.

Hallo ! Belajar Terus dan memberikan manfaat bagi orang lain. Seorang pemuda yang hobi menulis tentang pengetahuan.