Contoh Latar Belakang

Contoh Latar Belakang

Contoh Latar Belakang – Latar belakang merupakan penjelasan mengenai arti penting sebuah makalah, karya tulis, atau laporan itu dibuat. Anda dapat menjumpai latar belakang di bagian pendahuluan. Berikut ini akan disajikan beberapa contoh dengan topik yang berbeda-beda.

Dalam menyusun latar belakang diawali dengan membuat pernyataan umum yang berhubungan dengan topik yang ditulis. Lalu, mengemukakan masalah yang ingin diangkat. Selanjutnya, membahas masalah secara spesifik dan terakhir Anda beri paragraf penutup yang berisi tujuan penelitian.

Tips Membuat Latar Belakang

Tips Membuat Latar Belakang

 

Berikut ini adalah tips untuk memudahkan dalam membuatnya secara benar dan mudah :

  • Observasi Masalah

Dalam membuat latar belakang hendaknya Kita terlebih dahulu melihat di sekeliling Kita dan menemukan apa saja keresahan-keresahan yang ada di dalam topik karya tulis.

  • Identifikasi Masalah

Sesudah menemukan sebuah masalah yang ada, langkah selanjutnya adalah mengidentifikasi malasah.

Maksudnya dari identifikasi adalah mengenal dengan jelas masalah yang dihadapi mulai dari individu ataupun kelompok yang terdampak, wilayah atau daerah, bahkan hal-hal lainnya yang berkaitan dengan masalah itu.

  • Analisis Masalah

Langkah selanjutnya adalah menganalisis masalah. Masalah yang sudah diketahui asal-usulnya kemudian dikaji lebih medalam untuk menemukan solusi dari permasalah itu.

  • Menyimpulkan Solusi

Setelah menganalisis masalah yang sudah ada, kemudian ditarik sebuah kesimpulan mengenai cara untuk mengatasi masalah tersebut. Solusi kemudian dijabarkan secara singkat dan hasil yang diharapkan dalam menerapkan solusi itu.

Contoh Latar Belakang Makalah Agama

Contoh Latar Belakang Makalah Agama

Berikut ini merupakan contoh latar belakang mengenai makalah agama yang membahas arti penting mendidik anak agar senang melaksanakan sholat sejak usia dini. Makalah ini sangat penting untuk dikaji karena sholat merupakan rukun islam kedua di dalam agama Islam.

Sholat merupakan tiang agama sehingga ibadah ini tingkatannya paling penting dibandingkan ibadah lainnya. Hal ini dikarenakan amal yang pertama kali akan dihisab di akhirat adalah amal ibadah sholat. Dengan demikian, Anda harus mengajari dan melatih anak untuk sholat sejak dini.

Namun, banyak orang tua yang belum mengerti tentang arti penting mengajari anak untuk sholat sejak usia dini. Sebagian besar orang tua mengandalkan pembelajaran sholat anak di sekolahnya. Padahal, alangkah baiknya jika sebelum memasuki bangku sekolah anak telah diajari tata cara sholat yang baik dan benar.

Hal ini dikarenakan pemberian mata pelajaran agama di sekolah sangat terbatas. Apabila orang tua hanya mengandalkan pelajaran di sekolah maka ilmu yang diterima anak tidak maksimal. Memang, yang bertanggung jawab mengajari anak untuk menyukai sholat tidak hanya orang tua saja melainkan guru dan masyarakat juga turut andil di dalamnya.

Banyak upaya yang dapat dilakukan untuk membuat anak suka sholat. Salah satunya adalah dengan membuat anak menyukai suasana di masjid. Selain itu, orang tua juga harus mampu membimbing anaknya untuk sholat dengan sabar.

Anda akan menuai banyak manfaat dengan mengajari anak untuk sholat. Hal ini dikarenakan sholat dapat merubah karakter anak sehingga perilakunya menjadi lebih baik. Oleh karena itu, pentingnya orang tua, guru dan masyarakat untuk mengetahui bagaimana cara membuat anak agar suka untuk melaksanakan ibadah sholat.

Baca Juga : Contoh Cover

Contoh Latar Belakang Karya Ilmiah

Contoh Latar Contoh Latar Belakang Karya Ilmiah

Berikut ini merupakan contoh latar belakang suatu karya ilmiah dengan judul “Solusi Terbaik untuk Mengatasi Limbah yang Mencemari Lingkungan”. Adanya karya ilmiah tersebut dapat menambah wawasan masyarakat tentang bagaimana cara mengatasi limbah dengan tepat.

Limbah merupakan zat sisa yang dibuang karena sudah tidak memiliki nilai guna. Banyak jenis limbah yang dapat dijumpai di sekeliling Anda. Contohnya adalah limbah pabrik, limbah rumah tangga, limbah rumah sakit dan lain-lain.

Limbah bentuknya bermacam-macam, antara lain adalah limbah padat, limbah cair dan limbah berbentuk gas. Keberadaan limbah membuat lingkungan menjadi kotor. Limbah padat bisa mencemari jalan maupun pemukiman warga. Limbah cair mencemari sungai, kolam dan laut. Sedangkan, limbah gas dapat menimbulkan pencemaran udara di lingkungan.

Pencemaran memiliki dampak buruk bagi lingkungan. Misalnya membuat lingkungan semakin tidak nyaman, menyebabkan lapisan ozon menipis dan lain-lain. Apabila kondisi ini dibiarkan maka dapat merusak lingkungan. Banyak masalah yang timbul di lingkungan karena limbah.

Contohnya adalah limbah pabrik menyebabkan ikan di sungai banyak yang mati. Limbah gas menyebabkan pencemaran udara sehingga banyak warga di sekitarnya yang menderita asma dan sesak napas.

Banyak kerugian yang muncul akibat pencemaran limbah. Oleh karena itu, dibutuhkan solusi yang tepat untuk mengatasi limbah agar tidak mencemari lingkungan. Apabila permasalahan ini dibiarkan maka dapat menyebabkan kerusakan di bumi.

Hal ini dikarenakan sumber utama limbah adalah dari kegiatan manusia. Saat ini jumlah manusia semakin hari semakin bertambah sehingga pencemaran limbah pun pasti akan meningkat. Oleh karena itu, dibutuhkan solusi untuk mengatasi limbah padat, cair maupun gas sehingga dapat meminimalisir terjadinya pencemaran lingkungan.

Contoh Latar Belakang Proposal Kegiatan

Contoh Latar Belakang Proposal Kegiatan

Berikut ini merupakan contoh latar belakang sebuah proposal kegiatan yang dibuat dalam rangka menyambut hari kemerdekaan Republik Indonesia di Desa Makmur Sejahtera. Tujuan dibuatnya kegiatan tersebut adalah untuk memupuk rasa cinta terhadap tanah air.

17 Agustus merupakan hari yang ditunggu-tunggu oleh warga Desa Makmur Sejahtera. Hal ini dikarenakan warga desa tersebut memperingati hari kemerdekaan Indonesia. Sebagai warga Indonesia, sudah seharusnya merasa gembira menyambut perayaan tersebut.

Perayaan hari kemerdaan diselenggarakan dengan tujuan untuk meningkatkan rasa cinta terhadap tanah air. Selain itu, untuk memupuk jiwa nasionalisme warga masyarakat khususnya di Desa Makmur Sejahtera.

Perayaan tersebut juga bertujuan untuk mengenang jasa para pahlawan bangsa yang telah gugur memperjuangkan kemerdekaan sehingga masyarakat tidak akan pernah lupa dengan kerja keras dan pengorbanan para pahlawan. Dengan demikian, diharapkan masyarakat bisa merasa bersyukur karena kini Indonesia telah merdeka.

Salah satu bentuk perayaan yang dilakukan oleh warga Desa Makmur Sejahtera adalah dengan menyelenggarakan acara tujuh belasan. Acara tersebut digelar dengan tujuan untuk mempererat tali persaudaraan antar warga.

Upaya masyarakat bergotong royong mensukseskan acara tujuh belasan menjadi salah satu bentuk pengamalan pancasila. Penerapan pancasila di dalam kehidupan masyarakat menjadi salah satu bentuk kemajuan bangsa.

Banyak manfaat yang dapat dirasakan dengan diselenggarakannya acara tujuh belasan ini. Oleh karena itu, dibutuhkan partisipasi dari seluruh warga Desa Makmur Sejahtera demi lancarnya acara tersebut. Adanya kontribusi masyarakat menjadi salah satu bukti rasa cinta warga masyarakat terhadap tanah air.

Contoh Latar Belakang Tugas Akhir Manajemen

Contoh Latar Belakang Tugas Akhir Manajemen

 

Berikut ini merupakan contoh latar belakang mengenai tugas akhir manajemen dengan judul “Analisis terhadap Sistem Manajemen Bisnis Online yang Dilakukan Pelaku UKM”. Kini, semakin berkembanganya teknologi maka sistem bisnis online semakin sukses memajukan berbagai jenis usaha.

Bisnis online merupakan bisnis yang dijalankan menggunakan internet. Anda dapat menjumpai banyak jenis bisnis online di masyarakat. Misalnya adalah bisnis online yang dilakukan oleh UKM (Usaha Kecil dan Menengah).

Sistem online dimanfaatkan oleh UKM untuk menjual produk yang dihasilkan. Sistem tersebut memberikan banyak kontribusi terhadap pemasaran produk UKM. Pelaku UKM menyadari pentingnya sistem bisnis online dalam membantu memajukan usahanya. Apalagi, kini persaingan bisnis semakin ketat sehingga pelaku UKM harus kreatif agar bisa bertahan.

Pemasaran produk secara online menjadi solusi terbaik untuk menjangkau konsumen hingga ke seluruh penjuru dunia. Dengan demikian, pelaku UKM dapat memperluas pasar. Tak heran jika saat ini hampir sebagian besar UKM telah menerapkan sistem online.

Sistem online yang diterapkan oleh UKM masih sederhana. Hal ini dikarenakan sebagian besar pelaku UKM adalah masyarakat golongan menengah. Sukses tidaknya pemasaran suatu produk ditentukan oleh baik buruknya sistem manajemen bisnis online. Oleh karena itu, dibutuhkan manajemen bisnis yang bagus dan teratur.

Manajemen bisnis yang kurang bagus berpengaruh terhadap sistem pemasaran. Bahkan, tidak sedikit sistem manajemen yang buruk menyebabkan suatu bisnis mengalami gulung tikar. Oleh karena itu, penting bagi pelaku UKM untuk menganalisis sistem manajemen bisnis online yang dijalankan.

Hal ini dikarenakan UKM berperan penting dalam meningkatkan perekonomian rakyat. Kesuksesan UKM dapat memperlancar roda perekonomian rakyat. Dengan demikian, dapat memberikan keuntungan bagi seluruh masyarakat.

Baca Juga : Contoh Kata Penutup

Contoh Latar Belakang Observasi Sekolah

Contoh Latar Belakang Observasi Sekolah

 

Berikut ini merupakan contoh latar belakang mengenai observasi di sekolah dengan judul “Hasil Observasi Sekolah Ke Sekolah Jaya Pintar”. Adanya observasi di sekolah memberikan gambaran bagi seorang guru untuk memahami kegiatan di sekolah.

Kualitas pendidikan adalah faktor terpenting yang harus diperhatikan di suatu negara. Di dunia pendidikan, kualitas guru menjadi prioritas utama yang harus diperhatikan. Hal ini dikarenakan guru menjadi faktor yang mempengaruhi baik buruknya kualitas pendidikan yang diperoleh oleh siswa. Oleh karena itu, banyak upaya yang dilakukan guna meningkatkan kualitas guru di sekolah.

Apabila kualitas guru semakin bagus maka cara mengajar guru tersebut juga semakin bagus. Kualitas mengajar guru yang bagus berpengaruh terhadap kemajuan pendidikan. Hal ini sangat penting untuk mendukung kemajuan suatu negara.

Kualitas mengajar guru yang bagus dapat membuat siswa merasa senang. Selain itu, siswa menjadi semakin mudah dalam memahami pelajaran karena guru mampu menyampaikan pelajaran dengan metode yang mudah untuk dinalar siswa.

Banyak usaha yang bisa diupayakan guna memajukan kualitas guru. Salah satunya adalah dengan membuat program observasi ke sekolah lain. Observasi merupakan penelitian atau pun pengamatan pada suatu objek atau tempat.

Observasi sekolah merupakan kegiatan untuk mengamati sebuah sekolah. Biasanya, kegiatan tersebut dilakukan oleh guru senior maupun calon guru yang masih mengenyam pendidikan. Ada pun jenis pengamatan yang dilakukan antara lain adalah kegiatan jalannya belajar mengajar di kelas, interaksi yang terjadi antara guru dengan siswa dan lain-lain.

Berdasarkan hasil observasi sekolah yang dilakukan maka calon guru dapat memahami apa saja kegiatan yang terjadi di sekolah. Dengan demikian, guru yang ikut serta dalam kegiatan observasi dapat membuat penilaian.

Baca Juga : Contoh Kata Penutup

Contoh Latar Belakang Laporan Magang

Contoh Latar Belakang Laporan Magang

Berikut ini merupakan contoh latar belakangtentang laporan magang yang dilakukan oleh mahasiswa jurusan teknik sipil. Magang memberikan banyak pengalaman bagi mahasiswa. Dengan mengikuti magang, mahasiswa akan mengenal dunia kerja dan memperoleh ketrampilan baru yang dapat dijadikan sebagai modal untuk bekerja.

Kuliah tidak hanya bertujuan untuk untuk memperoleh gelar atau mengumpulkan teori dari berbagai ilmuan di dunia. Tujuan utama kuliah adalah untuk memperoleh ketrampilan yang bermanfaat. Nantinya, ketrampilan tersebut dapat dimanfaatkan oleh mahasiswa sebagai modal untuk bekerja setelah lulus.

Tanpa memiliki sebuah ketrampilan maka kegiatan kuliah hanya biasa-biasa saja dan tidak ada yang istimewa. Ketrampilan tidak hanya diperoleh dari kegiatan belajar di kelas atau perpustakaan. Namun, Anda juga dapat mendapatkannya dengan mengikuti praktek langsung di lapangan.

Artinya, mahasiswa diwajibkan terjun langsung ke lapangan agar dapat belajar ketrampilan dalam bekerja. Salah contoh kegiatan yang dapat memfasilitasi mahasiswa agar memperoleh ketrampilan kerja adalah dengan mengikuti magang. Kegiatan magang dapat memberikan pengalaman dan membekali mahasiswa dengan ketrampilan baru yang dapat dijadikan sebagai modal untuk bekerja.

Magang memiliki arti penting bagi seluruh mahasiswa termasuk mahasiswa jurusan teknik sipil. Dengan mengikuti magang, mahasiswa mempunyai kecakapan untuk menghadapi dunia kerja. Hal ini dikarenakan kondisi di dunia kerja dengan di kelas berbeda. Di kelas, mahasiswa tidak mendapatkan tekanan kerja, sedangkan saat di lapangan banyak tekanan kerja yang harus dihadapi mahasiswa.

Oleh karena itu, diharapkan setelah mengikuti magang mahasiswa tidak kaget saat terjun langsung ke dunia kerja. Dengan demikian, mahasiswa lebih siap untuk bekerja sesuai bidang keahliannya masing-masing. Hal ini dikarenakan mahasiswa tidak hanya menguasai teori saja melainkan juga memiliki ketrampilan dan pengalaman yang menjadi modal dasar mengusai pekerjaan di lapangan.

Contoh Latar Belakang Proposal Usaha Makanan

Contoh Latar Belakang Proposal Usaha Makanan

Berikut ini merupakan contoh latar belakangmengenai proposal usaha makanan jasuke (jagung susu keju) yang dijalankan di lingkungan kampus. Kampus menjadi sasaran bisnis makanan karena mahasiswa membutuhkan banyak makanan sebagai sumber energi untuk belajar dan beraktivitas.

Makanan merupakan kebutuhan pokok yang diperlukan manusia untuk melangsungkan kehidupan. Tak heran jika produk makanan laris terjual di pasaran. Ibarat pepatah mengatakan manusia mampu bertahan hidup tanpa gadget, namun tanpa makanan manusia tidak mampu untuk bertahan hidup.

Hal inilah yang mendorong banyak orang untuk menjalankan bisnis makanan. Alasannya adalah kerugian yang harus ditanggung lebih kecil mengingat makanan diperlukan oleh semua orang. Apalagi di kawasan kampus, Anda tentu banyak menjumpai mahasiswa yang merasa lapar setelah sibuk beraktivitas.

Hasil riset menunjukkan bahwa belajar dan beraktivitas dapat menguras energi sangat besar. Tak heran jika mahasiswa membutuhkan banyak energi untuk belajar. Salah satu cara untuk mengisi energi adalah dengan makan.

Tentu mahasiswa membutuhkan makanan yang dapat mengembalikan energinya dengan cepat. Solusinya adalah dengan mengkonsumsi jasuke atau jagung susu keju. Jasuke dibuat dengan mencampurkan jagung rebus dengan susu dan keju parut.

Jasuke rasanya sangat enak dengan ciri khasnya yang gurih dan manis. Biasanya jasuke dikonsumsi bersama dengan saus buah seperti saus blueberry atau saus strawberi. Tak heran jika jasuke menjadi makanan kesukaan para mahasiswa. Hal ini dikarenakan makanan tersebut selain rasanya enak juga bergizi tinggi.

Jagung merupakan sumber energi karena di dalamnya mengandung banyak karbohidrat. Susu mengandung banyak protein. Sedangkan, keju juga mengandung banyak protein hewani. Adanya kandungan gizi yang tinggi pada jasuke membuat banyak mahasiswa tidak ragu lagi untuk membelinya.

Mahasiswa cerdas dalam memilih makanan. Terbukti, mahasiswa mampu memilih mana makanan yang sehat dan tidak sehat. Dengan demikian, bisnis jasuke di kampus dapat menghasilkan omset yang besar. Hal ini dikarenakan penjualan jasuke memiliki target pasar yang tepat. Bisnis jasuke di lingkungan kampus merupakan peluang bisnis yang menjanjikan.

Jasuke merupakan makanan sehat yang dapat mengatasi rasa lapar mahasiswa saat tidak memiliki banyak waktu untuk makan berat. Jasuke disajikan dalam porsi sedang sehingga cocok untuk mengganjal perut yang kosong.

Bisnis jasuke ini sama-sama menguntungkan baik bagi pelaku bisnis maupun mahasiswa di lingkungan kampus. Proses pembuatan jasuke sangatlah mudah. Bahan baku pembuatan juga gampang untuk didapatkan. Selain itu, harga jualnya pun cukup murah namun memberi banyak keuntungan.

Anda juga tidak memerlukan banyak peralatan. Cara penyajiannya pun cepat dan siapa saja bisa melakukannya. Dengan demikian, bisnis jasuke di lingkungan kampus ini dapat memberikan banyak keuntungan karena jasuke laris terjual.

Contoh Latar Belakang Analisis Penerapan Metode Belajar

Contoh Latar Belakang Analisis Penerapan Metode Belajar

Berikut ini merupakan contoh latar belakang mengenai analisis metode belajar menggunakan video yang diterapkan untuk siswa SD. Metode tersebut dianggap efektif untuk diterapkan karena membuat proses belajar menjadi lebih menyenangkan bagi siswa SD.

Belajar merupakan proses menyerap ilmu pengetahuan baik dengan mencari sendiri maupun dibimbing oleh guru. Di Indonesia, proses belajar diawali sejak tingkat SD (Sekolah Dasar). Pada tingkat ini, siswa diberikan ketrampilan dasar seperti menulis dan membaca. Dengan demikian, SD menjadi tingkat paling penting sebagai awal penanaman ilmu pengetahuan.

Ada banyak metode pembelajaran yang efektif untuk diterapkan di tingkat SD, yaitu metode menjelaskan dan mencatat. Kedua metode tersebut sangat bagus, akan tetapi siswa SD masih berada pada usia di mana susah untuk fokus. Akibatnya, guru kesulitan untuk mengajak siswanya fokus belajar.

Ada metode pembelajaran yang tepat untuk digunakan mengajar siswa SD, yaitu metode pembelajaran visual dengan bantuan video. Adanya video edukatif mempermudah siswa dalam belajar. Video tersebut dilengkapi dengan musik dan warna yang disenangi siswa.

Siswa SD merupakan anak-anak dengan usia antara 7 sampai 13 tahun. Pada usia tersebut, aktivitas yang disukai anak adalah menonton. Hal ini terbukti dengan anak-anak lebih suka menonton acara favoritnya di TV. Acara di TV merupakan video yang diputar oleh stasiun TV.

Penerapan metode pembelajaran dengan video dapat menjadi solusi terbaik untuk diterapkan di kelas. Dengan demikian, bisa menciptakan suasana yang hidup di kelas.. Video tersebut dikemas menarik sehingga tidak membosankan.

Salah satu contohnya adalah siswa belajar berhitung angka dengan menonton video kambing melompat. Keberadaan video tersebut dapat membantu meningkatkan fokus siswa saat belajar. Oleh karena itu, perlu dilakukan penelitian guna mengetahui efektifitas pembelajaran menggunakan video edukatif bagi siswa SD.

Baca Juga : Contoh Saran

Contoh Latar Belakang Laporan Study Tour

Contoh Latar Belakang Laporan Study Tour

Berikut ini merupakan contoh latar belakang laporan study tour ke Pulau Bali. Bali merupakan pulau yang memiliki banyak obyek wisata menarik. Tak heran jika banyak wisatawan baik domestik maupun manca negara yang berlibur ke sana.

Bali merupakan salah satu pulau dan provinsi yang terletak di Indonesia bagian tengah. Pulau tersebut terkenal dengan alamnya yang cantik dan budayanya yang beragam. Bali menjadi satu-satunya tempat di Indonesia yang sebagian besar masyarakatnya beragama Hindu.

Banyak proses pembelajaran yang bisa didapatkan di Bali. Hal ini dikarenakan Bali kaya akan pengetahuan kebudayaan, keindahan alam dan pengetahuan mengenai keragaman masyarakat. Alasan tersebut yang mendasari dipilihnya Bali sebagai tempat untuk study tour siswa SMA Bunda Kasih.

Banyak obyek yang bisa dikunjungi siswa. Aktivitas yang dilakukan di sana pun bervariasi. Hal ini tentu memiliki banyak manfaat bagi siswa maupun guru yang ikut serta dalam study tour sehingga siswa dapat memperoleh pelajaran penting selama berkunjung di Bali.

Obyek wisata yang dikunjungi siswa adalah Pura Tanah Loh dan Pantai Kuta. Di tempat tersebut siswa mengenal kondisi dan kebudayaan masyarakat di Bali sehingga wawasan siswa menjadi semakin bertambah.

Kegiatan seperti study tour ini harus terus dilakukan sebagai media pembelajaran bagi siswa. Hal ini dikarenakan kebudayaan di Indonesia sangat luas terbentang dari Sabang sampai Merauke. Dengan memahami kebudayaan yang beragam maka dapat meningkatkan jiwa nasionalisme siswa.

Contoh Latar Belakang Makalah Pendidikan

Contoh Latar Belakang Makalah Pendidikan

 

Berikut ini merupakan contoh latar belakang makalah pendidikan yang membahas bagaimana pengaruh perpustakaan terhadap kualitas pendidikan di suatu sekolah”. Hal ini dikarenakan perpustakaan menyediakan berbagai macam buku yang penting untuk mendukung proses belajar mengajar di sekolah.

Ilmu pengetahuan semakin berkembang seiring dengan kemajuan zaman dan cara berpikir manusia. Salah satu cara yang dapat dilakukan untuk memajukan Indonesia adalah dengan meningkatkan kualitas sumber daya manusia. Dengan demikian, dapat tercipta sistem pendidikan yang berkualitas bagus.

Sistem pendidikan yang bagus membuat Anda dapat berpikir secara produktif, kreatif dan kritis. Di dalam UUD 1945 tercantum tujuan bangsa Indonesia untuk mencerdaskan seluruh warga negara. Agar keinginan tersebut dapat terwujud maka perlu dibentuk masyarakat belajar.

Masyarakat belajar dapat terwujud apabila mempunyai ketrampilan dalam hal mendengar dan mempunyai minat baca yang tinggi. Saat kebiasan dan budaya membaca telah melekat di dalam diri masyarakat maka buku menjadi kebutuhan pokok dan tidak bisa dipisahkan dari kehidupan masyarakat.

Di dunia pendidikan, buku bermanfaat sebagai sarana mengajar dan alat komunikasi. Oleh karena itu, dibutuhkan pengembangan perpustakaan dan pelayanan di dalamnya agar tujuan bangsa untuk mencerdaskan masyarakat dapat terwujud.

Contoh Latar Belakang Penelitian

Contoh Latar Belakang Penelitian

Berikut ini akan disajikan contohlatar belakang penelitian pada tanaman jagung. Pada penelitian tersebut dilakukan analisis bioreaktor menggunakan pendekatan hidrodinamika. Media tanam yang dipakai adalah campuran antara tanah, kompos dan mineral zinc.

Di bidang pertanian, meningkatnya produksi hasil pertanian merupakan hal penting yang harus diperhatikan. Banyak upaya yang bisa dilakukan agar hasil pertanian meningkat. Upaya tersebut antara lain adalah menambahkan nutrient, mengaplikasikan media tanam yang baru, menerapkan rekayasa genetik dan lain-lain guna memenuhi kebutuhan manusia.

Salah satu metode yang efektif untuk meningkatkan produk hasil pertanian adalah metode SRI (System of Rice Intensification). Pada mulanya metode tersebut hanya dipakai untuk meningkatkan hasil padi. Namun, konsep metode tersebut diterapkan untuk semua jenis tanaman. Dalam metode tersebut, penggunaan pupuk disubstitusi dengan pemberian kompos.

Noltze (2012) mengungkapkan bahwa tanpa pemberian nutrien hasil produksi bisa meningkat 20 hingga 40 persen. Dengan demikian, pemberian kompos akan memberikan pengaruh yang besar terhadap meningkatnya produktivitas tanaman.

Di dalam kompos terdapat bahan organik yang berasal dari sisa tanaman maupun sisa hewan. Bahan organik tersebut dapat membantu memperbaiki sifat fisik tanah sehingga produktivitas tanaman meningkat. Selain itu, juga berfungsi untuk menahan air di dalam tanah agar kondisi kelembaban tanah bisa tetap terjaga.

Proses ini mempengaruhi pertumbuhan tanaman dan mikroorganisme, menjaga pH tetap netral serta mencegah air bergerak ke atas. Selain itu, mencegah unsur mikro di bawah tanah agar tidak naik ke permukaan atas. Biasanya, jenis nutrien yang sering ditambahkan untuk meningkatkan pertumbuhan tanaman adalah nitrat, kalium dan fosfat

Ada pun berbagai jenis mineral yang sering ditambahkan adalah tembaga, kalsium, magnesium dan lain-lain. Nutrien di dalam media tanam biasanya berupa ion atau pun elektrolit. Adanya senyawa lain seperti elektrolit dengan jumlah yang sangat besar di air dapat berpengaruh terhadap viskositas, densitas dan tegangan permukaan.

Apabila terjadi perubahan pada ketiga nilai tersebut maka dapat berpengaruh terhadap besarnya permeabilitas air pada media. Oleh karena itu, penelitian ini penting dilakukan agar dapat mengetahui karakteristik hidrodinamika pada bioreaktor tanaman jagung.

Contoh Latar Belakang PKL

Contoh Latar Belakang PKL

Berikut ini adalah contoh dari latar belakang laporan PKL, sangat cocok untuk yang laging magang untuk mempersiapkan nantinya pas disuruh membuat laporan. Berikut ini adalah contohnya.

INSTALASI WINDOWS 8 MELALUI DIGITAL VERSATILE DISC DI KANTOR KELURAHAN KREMBUNG

Latar Belakang

Pelayanan surat menyurat dikantor Kelurahan Krembung sangat banyak sedangkan personal komputer yang ada di Kelurahan Krembung kurang menunjang kinerja dan fungsinya dalam melayani kebutuhan masyarakat akan surat menyurat dan persyaratan administrasi.

Personal komputer yang menggunakan system operasi Windows 8 bisa menunjang akan kebutuhan surat menyurat di Kantor Kelurahan Krembung dikarenakan fitur-fitur tambahannya yang membuat lebih unggul daripada Windows 7. Berikut ini adalah keunggulan Windows 8 :

  1. Windows 8 lebih ringan daripada Windows 7, Windows 8 akan terasa lebih ringan, karena sytem memang sudah di ubah oleh pihak Microsoft.
  2. Waktu booting yang sangatlah singkat.
  3. Tampilan Task Manager lebih efisien.
  4. Membuka aplikasi yang lebih praktis.

Instalasi Windows 8 sebenarnya sangatlah mudah akan tetapi kebanyakan orang terlalu takut untuk menggunakan dikarenakan belum bisa. Padahal windows 8 memiliki fitur yang sangatlah lengkap dan canggih bila dibandingkan dengan windows 7.

Saya dari kelompok berkah pada pendidikan system Ganda akan membuat laporan yang berjudul (Menginstall Windows 8 melalui Digital Vertasile Disc). Saya memilih judul tersebut karena saya pernah melaksanakan selama PKL berlangsung.

Contoh Latar Belakang Proposal Skripsi

Contoh Latar Belakang Proposal Skripsi

Judul skripsi : Penerapan Metode Percepatan Belajar untuk meningkatkan motivasi siswa pada Mata Pelajaran Matematika Kelas 4 SDN Wonomlati.

Proses pendidikan yang ada di Indonesia mewajibkan seorang anak menjalani wajib belajar selama 9 tahun. Seseorang dikatakan berhasil lulus dari suatu jenjang jika sudah mempunyai ijazah sebagai tanda bukti kelulusannya.

Wajib belajar 9 tahun mencakup pendidikan di jenjang Sekolah Dasar sampai Sekolah Menengah Pertama. Selama menempuh studi, siswa akan mempelajari beragam mata pelajaran.

Bagi siswa yang masih Sekolah Dasar, maka mata pelajaran yang wajib ditempuh adalah Bahasa Indonesia, Matematika, IPS, IPA dan Agama.

Setiap mata pelajaran mempunyai karakteristik dan tingkat kesulitan yang berbeda-beda. Berdasarkan hasil survey yang dilakukan pada Bulan Maret Tahun 2020 di SD Wonomlati, data menunjukkan kelas 4 kesulitan memahami pelajaran Matematika.

Padahal, mata pelajaran tersebuh diujikan di Ujian Nasional. Oleh karena itu, diperlukannya metode pembelajaran yang tepat unruk siswa-siswi SDN Wonomlati.

Penelitian Buhungo “1990” menyebutkan bahwa siswa bisa belajar lebih cepat jika diberikan materi yang sesuai dengan gaya belajarnya. Pemberian materi berdasarkan gayanya masing-masing siswa tersebut dinamakan dengan percepatan belajar.

Selain itu, siswa yang sudah termotivasi belajar yang akan lebih mudah memahami materi yang diberikannya. Penelitian ini membahas tentang metode percepatan belajar untuk meningkatkan motivasi siswa-siswi.

Penelitian ini berharap adanya motivasi yang diimbangi dengan pemberian metode belajar yang tepat untuk membuat siswa senang belajar Matematika.

Contoh latar belakang di atas dapat Anda jadikan sebagai sumber referensi untuk membuat latar belakang yang baik dan benar. Dengan demikian, Anda dapat membuat sebuah makalah, proposal penelitian, proposal usaha maupun laporanpraktek kerja lapangan yang menarik bagi pembaca.

Mudah-mudahan artikel ini bisa bermanfaat bagi Kita semuanya, apabila ada kesalahan kata atau tulisan mohon untuk di maafkan.

Hallo ! Belajar Terus dan memberikan manfaat bagi orang lain. Seorang pemuda yang hobi menulis tentang pengetahuan.