Contoh Metodologi Penelitian

contoh metodelogi penilitan
contoh metodelogi penilitan

Contoh Metodologi Penelitian – Pengertian dari metodologi penelitian ialah, prinsip dasar yang erat hubungannya dengan metode riset. Contoh metodologi penelitian memang dikatakan berbeda pada jenis metode. Akan tetapi untuk kedua dari istilah tersebut berbeda.

Namun beberapa peneliti juga menggunakannya secar bergantian. Metodologi adalah prinsip dasar dan untuk metode merupakan teknik penerapannya.

Secara etimologi, metodologi diartikan sebagai ilmu yang berhubungan mengenai metode dan peneliti akan menguasai metodologi penelitian. Khususnya pada bagian paling fundamental yang terdapat pada proses penelitian.

Teknik yang digunakan pada metodologi penelitian juga memiliki arti sebagai metode. Dalam hal ini maka istilah dari metode hampir sama dengan teknik.

Contoh Metodologi Penelitian Berdasarkan Jenisnya

Di dalam sebuah penelitian, secara ilmiah untuk faktor metodologi memang memiliki peran yang sangat penting untuk bisa memperoleh data secara objektif dan valid. Data tersebut nantinya digunakan untuk memecahkan permasalahan yang sudah dirumuskan.

Sementara untuk metode itu sendiri menjadi cara yang seringkali digunakan pada saat mencapai tujuan menggunakan teknik tertentu.

Teknik tersebut digunakan untuk mendapatkan suatu keberhasilan yang ada di dalam penelitian. Oleh sebab itu, peneliti harus menggunakan metode analogi yang tepat dan istimewa.

Pengadaan penelitian tentunya berdasarkan pada fakta-fakta yang ada supaya bisa melakukan pengujian. Khususnyya pada kebenaran pada sesuatu yang dilakukan secara ilmiah.

Jenis metodologi penelitian dan contoh yang bisa Anda ketahui, diantaranya:

  • Penelitian Survey

Jenis penelitian survey ini akan menggunakan kuesioner atau angket yang dijadikan sebagai instrumen di dalam penelitian agar memperoleh data primer.

Desain dari kuesioner yang sudah dirancang tersebut akan ditunjukkan kepada orang yang menjadi responden atau orang yang menjadi subjek pengisi angket.

Secara umum, penelitian menggunakan kuesioner ini dilakukan pada jenis penelitian kuantitatif. Bagian sampel penelitian adalah responden yang terlibat selama penelitian dilakukan.

Populasi dan sampel tentunya berbeda karena untuk populasi merupakan keseluruhan penduduk. Sementara sampel adalah orang yang mewakili di dalam penelitian.

Dalam menentukan sampel tentunya harus menggunakan teknik yang sesuai supaya sampel yang didapatkan bersifat lebih representative.

Supaya dapat memperoleh sampel, peneliti dapat menerapkan teknik sampling secara relevan supaya sampel representatif bisa didapatkan.

Contoh yang bisa diambil melalui penelitian survey yaitu dengan melakukan penelitian terhadap permasalahan atau kendala yang dialami para pengajar atau guru yang sudah menerapkan pembelajaran pada kurikulum 2020.

Di dalam angket terdiri dari beberapa desain yang memuat pertanyaan dan nantinya pertanyaan tersebut ditujukan pada guru untuk dijadikan sebagai sampel penelitian.

  • Metode Deskriptif

Jenis penelitian metode penelitian deskriptif dapat dipilih berdasarkan pada kebutuhan dari peneliti supaya dapat menarasikan setiap perilaku sosial secara spesifik dan hal yang terjadi di dalam konteks sosial tertentu.

Untuk metode deskriptif juga disebut sebagai metode naratif dan untuk data yang didapatkannya berupa narasi secara mendetail yang menjelaskan mengenai objek penelitian.

Pihak peneliti yang menggunakan metode penelitian berupa deskripsi yang harus berupaya untuk mengidentifikasi dan mendeskripsikan mengenai “Mengapa, apa dan juga bagaimana” mengenai fenomena sosial dapat terjadi. Sebagai contoh dari metode penelitian deskriptif ini, pada biasanya mengadopsi metode observasi.

Hal ini dikarenakan untuk deskripsi yang berhubungan mengenai fenomena sosial akan didapatkan melalui observasi. Tetapi hal ini tidak hanya sebatas observasi saja, karena untuk metode studi kasus maupun survei juga dapat digunakan sebagai penghasil data deskriptif.

  • Penelitian Eksperimental

Metode penelitian ini membuat pihak peneliti akan melaksanakan eksperimen melalui hipotesis dan berdasarkan pada tujuan yang jelas. Sebagai contoh, peneliti bisa melihat dari pengaruh yang ada pada metode pembelajaran melalui eksperimen dan dari ceramah pada hasil belajar siswa.

Supaya memperoleh data yang sesuai tujuan, maka membutuhkan objek penelitian dengan cara membaginya menjadi dua kelompok. Pada bagian kelompok satu bisa digunakan untuk target eksperimen. Sementara bagian kelompok satunya menjadi kontrol. Kelompok kontrol yang ada di dalam penelitian berperan sebagai pembanding pada kelompok target.

Kedua kelompok tersebut akan diperbandingkan dan untuk hasilnya dijadikan sebagai data penelitian. Contoh metodologi penelitian yang bisa dilihat dari penelitian eksperimental ini yaitu misalnya saja “Pengaruh Ruang Hijau Terbuka Terhadap Tingkat Penurunan Agresivitas Para Warga Kota Bandung”.

  • Penelitian Longitudinal

Metode penelitian yang sengaja di desain secara khusus untuk melakukan pengukuran pada perkembangan fenomena dan perubahan pada periode waktu yang panjang. Pengertian ini disebut sebagai penelitian longitudinal. Pada biasanya, untuk penelitian jenis longitudinal ini akan menerapkan survei supaya memperoleh data yang didapatkan dari sampel penelitian.

Selain itu, bagi peneliti yang menggunakan jenis penelitian ini tentunya membutuhkan waktu yang tergolong lebih panjang. Hal ini dikarenakan bagian sampel penelitian harus didatangi minimal sekali supaya melakukan survei.

  • Metode Observasi

Jenis metode observasi ini secara umum dilakukan dengan cara melakukan pengamatan menggunakan panca indra terhadap adanya fenomena sosial di luar diri dari peneliti. Pada biasanya di dalam penelitian untuk observasi dilakukan dengan cara melibatkan peran peneliti secara aktif. Peran peneliti secara aktif tersebut melakukan pengamatan yang jauh lebih relevan.

Untuk observasi ini memang dapat dilakukan secara terbuka, namun juga bisa dilakukan secara tertutup. Untuk observasi secara terbuka ini berarti identitas dari peneliti maupun penelitian dilakukan berdasarkan pada sepengetahuan komunitas atau grup yang sedang diteliti.

Sementara untuk jenis observasi tertutup memiliki arti, bahwa komunitas yang sedang diteliti tidak mengetahui bahwa dirinya berada dalam pengamatan penelitian dan dijadikan sebagai objek penelitian.

  • Metode Etnografi

Jenis metode penelitian yang menggunakan etnografi ini, penelitian dilakukan secara mendalam mengenai cara hidup sekelompok orang yang sedang diteliti pada setting sosial dan dilakukan senatural mungkin. Pihak peneliti akan melibatkan penyatuan kultural, yaitu antara subyek yang sedang diteliti dengan peneliti.

Secara umum, penelitian etnografis ini akan berlangsung dalam waktu yang cukup lama. Hal ini disebabkan karena penerapan kultur yang ada pada masyarat yang saat itu sedang di teliti. Kebanyakan dari peneliti akan menggunakan metodeobservasi partisipatoris.

Metode tersebut digunakan supaya bisa mendapatkan data lebih banyak. Kegiatan yang seringkali dilakukan yaitu melakukan wawancara dan pemeriksaan dokumen.Di dalam keseharian, pihak peneliti akan melakukan pencatatan secara mendetail mengenai tujuan dari peneliti di dalam buku harian yang nantinya dapat dijadikan sebagai sumber dari data primer.

Baca Juga : Contoh Resume

Contoh Metode Penelitian Makalah

Metode penelitian tidak hanya bisa ditemukan pada skripsi saja. Akan tetapi juga ditemukan pada makalah. Bagi kalangan mahasiswa tentunya tidak akan merasa asing lagi dengan pembuatan makalah.

Makalah itu sendiri menjadi tugas sehari-hari yang diberikan dosen kepada para mahasiswanya. Bahkan pembuatan makalah sering kali diadakan kompetensi pembuatannya sampai pada tingkat nasional.

Di dalam pembuatan makalah tentunya juga tidak akan merasa asing lagi dengan penerapan metode penelitian. Kualitas dari karya ilmiah tergantung bagaimana isi dari penelitian yang sudah dilakukan tersebut. Dengan hal ini, maka Anda dapat menciptakan karya yang baik sesuai kaidah yang berlaku.

Sebenarnya, metode penelitian yang digunakan pada makalah dan pada karya ilmiah secara umum sama. Metode penelitian yang digunakan bisa berupa pendekatan kuantitatif atau bisa juga dengan pendekatan kualitatif.

Akan tetapi untuk mayoritas dari makalah akan menggunakan metode kualitatif. Selain kedua pendekatan di atas masih ada juga pendekatan umum yang seringkali digunakan.

Misalnya saja seperti metode penelitian eksperimen, metode penelitian deskriptif dan yang lainnya. Apabila penelitian diambil berdasarkan pada fenomena sosial, maka dapat memilih metode penelitian sosial. Pada dasarnya untuk pemilihan metode penelitian ini bisa berdasarkan pada kebutuhan masing-masing peneliti.

  1. Metode Studi Kasus

Jenis metode penelitian yang menggunakan metode studi kasus pada biasanya akan mendapatkan data sesuai yang dibutuhkan melalui beberapa cara. Misalnya seperti melalui observasi, wawancara, bahkan sampai melakukan pemeriksaan dokumen.

Letak perbedaan antara metode studi kasus dengan metodologi yang lainnya yaitu lingkungan penelitian yang jauh lebih terbatas. Sehingga hal ini memungkinkan pihak peneliti harus melakukan penelitiannya lebih mendalam. Untuk data yang sudah didapatkan tersebut akan diolah, kemudian dianalisis.

Akan tetapi untuk sebelumnya, pihak peneliti harus melakukan coding, yaitu merangkai variabel-variabel yang berkaitan, setelah itu dianalisis. Untuk proses analisis tersebut baik secara cara manual atau bisa juga dengan bantuan perangkat lunak dari pengolahan data.

Sebagai contoh penelitian akan melakukan penelitian pada “Pengaruh Pengajaran Kecerdasan Emosi Yang Ada Di Sekolah Terhadap Tindakan Bullying” yang saat ini sedang banyak terjadi di kalangan remaja. Namun sayangnya untuk jenis penelitian ini mempunyai lingkup yang spesifik dan terbatas.

  1. Metode Penelitian sosial

Penelitian sosial memang sangat perlu dilakukan karena saat ini banyak sekali fenomena sosial yang sedang terjadi. Akan tetapi untuk penelitian yang dilakukan tentunya tidak sembarangan karena metode yang digunakan secara khusus. Metode yang digunakan tersebut tentunya tidak akan terlepas dari yang namanya metode pendekatan kuantitatif maupun kualitatif

Hal terpenting yang tidak boleh diabaikan yaitu perihal tahap-tahapan dalam melakukan penelitian yang harus dilakukan dengan tepat. Untuk langkah-langkah yang harus dilakukan pada metode penelitian ini yaitu seperti berikut:

  • Cara pertama diawali dengan adanya perumusan isu yang ada di dalam penelitian kemudian dilanjutkan ke bagian perumusan masalah.
  • Jika sudah, maka peneliti bisa secara langsung melakukan pemilihan studi jenis apa yang hendak digunakan. Hal ini bisa disesuaikan pada keinginan yang dianggap paling menarik.
  • Setelah itu pengukuran data dapat mulai dilakukan.
  • Apabila pengukuran data sudah dilakukan, maka langkah selanjutnya yaitu dengan melanjutkan pada teknik pengumpulan data. Untuk teknik pengumpulan data ini sebagai sumber penelitian yang hendak dilakukan.
  • Jika sekiranya semua data telah terkumpul, maka langkah selanjutnya Anda bisa melakukan analisa data untuk menentukan hasil dari penelitian.
  • Setelah itu barulah Anda dapat melakukan penyusunan laporan sebagai hasil dari penelitian yang sudah dilakukan.

Contoh Metode Penelitian

Membuat karya ilmiah memang tidak semudah yang dibayangkan, karena isi yang ada di dalam karya ilmiah tersebut berdasarkan pada fakta atau kenyataan yang ada di lingkungan. Untuk itu, bagi Anda yang belum pernah membuat karya ilmiah dan masih bingung mengenai metode penelitiannya, berikut ini contoh metode penelitian yang bisa dijadikan sebagai bahan pertimbangan:

  1. Waktu Penelitian

Untuk waktu penelitian ini pada biasanya berlangsung selama maksimal 3 bulan dan waktu penelitian harus dituliskan di dalam karya ilmiah yang sedang Anda buat. Untuk contoh penulisan waktu penelitian yaitu “penelitian ini telah dilaksanakan dari tanggal 10 Februari 2020 sampai tanggal l12 april 2020”.

  1. Tempat Penelitian

Untuk tempat penelitian sudah pasti dituliskan berdasarkan dimana Anda melakukan penelitian tersebut. Untuk contoh penulisan pada tempat penelitian di dalam karya ilmiah yaitu “penelitian ini telah dilaksanakan di Balai Latihan kerja Surakarta yang mempunyai letak strategis, yaitu terletak di tengah kota di sebelah timur stasiun kereta Purwosari”.

  1. Subyek Penelitian

Contoh penulisan subjek penelitian yaitu “subjek penelitian ini merupakan karyawan di Balai Latihan Kerja berjumlah 20 orang”. Objek penelitian kebanyakan berasal dari Pegawai Negeri Sipil yang secara umum harus melakukan tahap seleksi untuk bisa menjadi pegawai di Balai Latihan Kerja.

  1. Sumber Data

Bagian sumber data ini memiliki kaitan yang erat pada subjek penelitian yaitu karyawan yang ada di Balai Latihan Kerja Surakarta. Untuk sumber data yang didapatkan tentu kegiatan atau kinerja dari para karyawan tersebut.

  1. Teknik Pengumpulan Data

Di dalam penelitian, karya ilmiah tentunya ada beberapa teknik pengumpulan data yang wajib dilalui oleh setiap peneliti. Untuk teknik yang digunakan tersebut memiliki tujuan supaya data yang didapatkan tersebut benar-benar valid. Berikut ini ada beberapa teknik pengumpulan data beserta contohnya.

  • Observasi

Di dalam penelitian observasi dilakukan oleh pihak pengamat dan peneliti secara langsung. Tindakan observasi tersebut dilakukan dengan mengamati dan melihat secara langsung di lingkungan sekitar. Setelah itu peneliti dapat melakukan pencatatan kejadian maupun perilaku yang terjadi sesuai keadaan yang sesungguhnya.

Teknik observasi ini menjadi instrumen yang banyak dijumpai di dalam penelitian. Melalui panca indra penglihatan, maka peneliti bisa mendapatkan berbagai informasi sesuai dengan penelitian yang dilakukannya. Pusat penelitian berupa observasi ini dianggap jauh lebih efektif apabila informasi yang diambilnya berupa fakta alami.

Bisa juga berdasarkan pasa kondisi seperti tingkah laku, maupun hasil dari kerja responden pada situasi alami. Akan tetapi untuk tindakan observasi ini memiliki keterbatasan ketika diri seseorang ingin menggali informasi berupa persepsi maupun pendapat pada subjek yang sedang diteliti.

  • Wawancara

Teknik berupa wawancara dilakukan dengan melakukan interview yang tidak terstruktur karena pihak peneliti akan memandang model ini sebagai cara yang paling luas. Hal ini dikarenakan pihak peneliti mempunyai kebebasan dalam bertanya. Selain itu pihak subjektif juga mempunyai kebebasan dalam menguraikan jawabannya.

Pihak subjektif juga bisa mengungkapkan beberapa pandangannya sesuai kondisi. Melalui teknik wawancara atau interview ini, maka pihak peneliti bisa memperoleh data yang berhubungan dengan penelitian yang sedang dilakukannya. Misalnya saja melakukan penelitian mengenai kinerja pegawai di Balai Latihan Kerja Surakarta.

Pihak peneliti bisa menanyakan secara langsung bagaimana kinerja para pegawainya selama ini dan apa saja yang mempengaruhi dari motivasi para pekerja.

Di dalam sebuah penelitian, kehadiran metodologi memang sangat penting. Hal ini dikarenakan peran dari metodologi penelitian sangat mempengaruhi berhasil atau tidaknya penelitian maupun riset yang sudah dilakukan.

Selain itu, metodologi juga menjadi gambaran cara penelitian yang dilaksanakan secara sistematis dan tertata. Sehingga pembuatan metodologi harus disesuaikan pada aturan yang berlaku.

Contoh Metodologi Penelitian Proposal

METODE PENELITIAN

  1. Waktu Dan Tempat Penelitian

Tempat Penelitian Dilaksanakan di tambang batubara yang memang sudah banyk dikenal oleh semua masyarakat Indonesia.

  1. Fokus Penelitian

Pada proposal penelitian ini berfokus untuk memaparkan sebuah konsep ekowisata di lingkungan tambang batubara sehingga bisa meningkatkan nilai ekonomis dari perusahaan.

  1. Sumber Data

Data yang digunakan adalah data sekunder dari penelitian-penelitian di sebelumnya, yaitu penelitian terdahulu yang dilengkapi dengan landasan teori atas hasil dari kajiannya.

  1. Ruang Lingkup Penelitian Dan Metodologi Penelitian

Adapun untuk ruang lingkup penelitian dan metodologi penelitian yang akan dipergunakan sebagai berikut :

  • Ruang Lingkup Penelitian

Metode yang digunakan dalam proposal penelitian ini merupakan modifikasi pengolahan air asam tambang yang dibuat menjadi ramah lingkungan sehingga bisa meningkatkan nilai tambahan dari pengolahan air asam tambang dan mengedukasi masyarakat supaya mengetahui pengelolaan limbah tambang yang sifatnya green mining.

  • Metodologi Penelitian

Adapun metodologi yang akan dipergunakan dalam proposal penelitian sebagai berikut :

  • Teori
  1. Kondisi limbah air asalm tambang.
  2. Pengolahan dengan menggunakan anoxin limestone drainage.
  3. Pengolahan menggunakan anaerobic pond yang dimodifikasi wetland.
  4. Pembuatan kawasan ekowisata lingkungan tambang.
  • Rancang Bangun
  1. Menerapkan sytem pengolahan air asam tambang batubara.
  2. Menerapkan kawasan ekowisata di sekeliling lingkungan tambang batubara.
  3. Meningkatkan nilai lebih dari pengelolaan limba air asam tambang batubara.

Di dalam sebuah penelitian, kehadiran metodologi memang sangat penting. Hal ini dikarenakan peran dari metodologi penelitian sangat mempengaruhi berhasil atau tidaknya penelitian maupun riset yang sudah dilakukan.

Selain itu, metodologi juga menjadi gambaran cara penelitian yang dilaksanakan secara sistematis dan tertata. Sehingga pembuatan metodologi harus disesuaikan pada aturan yang berlaku.

Mudah-mudahan artikel Contoh Metodologi Penelitian ini bisa bermanfaat bagi Kita semuanya, apabila ada kesalahan kata mohon untuk di maafkannya.

Hallo ! Belajar Terus dan memberikan manfaat bagi orang lain. Seorang pemuda yang hobi menulis tentang pengetahuan.