Pengertian Bakat : Definisi, Arti, Contoh Bakat Lengkap

Pengertian bakat – Assalamualaikum para pembaca semua. Setiap manusia diciptakan sama rata. Mulai dari bayi, makananya pun sama. Manusia sendiri pastinya memiliki bakat yang dipunyai, bakat – bakat tersebut ada sejak lahir maupun dipelajari ketika sudah besar. Namun, tahu tidak sih apa itu bakat ? Dibawah ini adalah penjelasan lengkap tentang bakat yang akan kami sajikan.

Daftar Isi hide

Pengertian Bakat Secara Umum

PENGERTIAN BAKAT
PENGERTIAN BAKAT

Bakat adalah kemampuan yang sudah melekat dan dimiliki oleh setiap orang yang bisa digunakan untuk mempelajari sesuatu hal yang cepat. Beberapa diantaranya adalah bisa mempelajari waktu dengan singkat serta bisa mendapatkan hasil yang sangat baik. Bakat seseorang sudah melekat pada manusia sejak lahir.

Bakat setiap orang berbeda-beda dan bermacam-macam, mulai dari bakat melukis, menari, menyanyi dan lain sebagainya. Ada banyak faktor yang bisa mempengaruhi perkembangan bakat seseorang, baik itu cepat atau lambat. Bakat seseorang bisa berkembang jika :

  • Lingkungan di sekitar sangat mendukung bakatnya.
  • Memiliki motivasi tinggi dan minat belajar yang tinggi.
  • Struktur syaraf motorik yang baik.
  • Seberapa jauh tingkat pendidikannya yang sudah di lalui.

Contoh seseorang yang berbakat seni lukis akan lebih cepat mengerjakan pekerjaan lukisannya dibandingkan seseorang yang kurang berbakat di bidang seni lukis.

Apakah bakat dan minat itu sama ? banyak orang menganggap bakat dan minat adalah sama, padahal bakat dan minat adalah berbeda. Minat merupakan keadaan dimana individu harus memiliki perhatian yang khusus terhadapat sesuatu yang ingin di pelajari. Beda lagi sama bakat, kalau bakat memang sudah melekat pada manusia sejak lahit.

Pengertian Bakat Menurut Para Ahli

PENGERTIAN BAKAT
PENGERTIAN BAKAT

Beberapa ahli juga banyak yang berpendapat mengenai pengertian dari bakat ini. bahkan pendapat yang dikemukankan berasal dari para ahli diseluruh dunia. Berikut ini adalah pengertian bakat menurut para ahli.

1. Kartini kartono pada tahun (1979)

Bakat adalah hal yang mencakup semua faktor yang ada pada diri sendiri yang sudah di miliki sejak lahir dan menumbuhkan suatu perkembangan pada ketrampilan, keahlian, ketrampilan dan kecakapan tertentu. Bakat ini juga memiliki sifat yang laten potensial, sehingga masih harus di tumbuhkan dan di kembangkan supaya lebih dalam lagi.

2. C. Utami Munandar pada tahun (1985)

Bakat adalah kemampuan bawaan dari seseorang yang mana itu merupakan potensi yang harus di kebangkan yang lebih dalam lagi dan harus di latih terus supaya bisa dapat impian yang akan diwujudkan.

3. William B. Michael

Bakat merupakan kapasitas yang ada pada diri seseorang yang mana dalam melakukan tugas serta melakukannya di pengaruhi oleh latihan yang sudah dia jalani.

4. Ngalim Purwanto (di kutip dari buku psikologis pendidikan)

Bakat lebih dekat definisinya dengan aptitude yang memiliki sebuah arti kecakapan pembawaan, yang mana mengenai tentang kesanggupan dan juga potensi tertentu yang di miliki oleh seseorang itu.

5. Crow Dan Crow pada tahun (1989)

Bakat adalah kualitas yang dimiliki oleh setiap orang yang dimana dalam tingkatannya yang sangat beragam satu sama lain.

6. Brigham pada tahun 1995 (Dalam Suryabrata)

Bakat adalah sesuatu yang menjadi salah satu titik berat yang dimiliki setiap manusia yang sudah didapatkan dari latihan tertentu , dari performa ataupun juga dari kinerjanya.

7. Guidford pada tahun 1995 (Dalam Suryabrata)

Bakat adalah sebuah hal yang dimiliki oleh seseorang yang coraknya berbeda, bakat merupakan kemampuan kinerja yang mana mencakup dimensi perseptual, dimensi intelektual serta dimensi psikomotor.

8. Suganda Pubakawatja pada tahun (1982)

Menurut Suganda Pubakawatja, bakat adalah benih yang berasalnya dari suatu sifat yang mana sifat itu baru tampak nyata jika seseorang itu bisa mendapatkan sebuah kesempatan yang besar dan kemungkinannya untuk dapat mengembangkannya dengan baik.

9. Sarwono pada tahun (1986)

Menurut Sarwono, bakat adalah kondisi yang ada pada dalam di seseorang yang mana memungkinkannya dengan latihan yang khusu untuk mencapai pengetahuan, ketrampilan khusus dan kecakapan.

10. Menurut Marquis dan Woodworth

Menurut Marquis dan Woodworth adalah bakat sebuah prestasi yang dapat di tebak atau diramalkan serta bisa di ukur melalui sebuah tes khusus, Bakat bisa dikategorikan sebagai ability atau kemampuan. Ability sebenarnya juga memiliki 3 arti, antara lain adalah:

  • Capacity

Capacity adalah potensial ability yang mana hal itu dapat di ukur dengan cara yang tidak langsung adalah melalui kecakapan yang individu yang mana kecakapan ini bisa juga dapat dikembangkan dengan perpaduan antara dasar dengan cara latihan yang intensif serta pengalaman yang banyak.

  • Aptitude

Aptitude adalah kualitas yang mana hal itu dapat diukur dengan tes-tes yang di tunjukkan untuk tujuan tersebut.

  • Achievement

Achievement adalah actual ability, yang mana dapat di ukur secara langsung dengan menggunakan tes-tes atau alat yang tertentu.

Jenis Jenis Bakat

PENGERTIAN BAKAT
PENGERTIAN BAKAT

Setelah kita mengetahui tentang pengertian dari bakat sekarang kita beranjak ke jenis jenis dari bakat. ada 2 jenis bakat yaitu : Bakat Umum, bakat Khusus. Berikut ini adalah penjelasan dari jenis jenis bakat sebagai berikut :

1. Bakat umum

Bakat umum adalah kemapuan berupa potensi dasar yang sifatnya sudah umum. Bisa diartikan semua orang memilikinya dan sudah menjadi hal yang biasa.

2. Bakat khusus

Bakat khusus adalah kemampuan berupa potensi khusus yang dimiliki oleh seseorang. Bisa diartikan tidak semua orang untuk memilikinya. Misalnya bakat seni, publik speaking, kepemimpinan dan lain-lain.

Bakat khusus terdiri dari beberapa macam diantaranya adalah :

3. Bakat Bahasa

Bakat bahasa merupkan bakat penalaran analisis bahasa (ahli sastra). Contoh bidang yang asalanya dari bakat bahasa adalah hukum, pramuniaga,jurnalistik,editing, penyiaran dan lain-lain.

4. Bakat Mekanik

Bakat mekanik biasanya tentang bentuk prinsip-prinsip umum ipa, alat-alat, tata kerja mesin dan lainnya.

5. Bakat Ketelitian Klerikal

Bakat ini berupa meramu untuk laboratorium, kantor, tulis menulis dan lain-lain.

6. Bakat Relasi Ruang

Bakat relasi digunakan untuk mengamati dan menceritakan pola 2 dimensi atau berfikir 3 dimensi. Bakat ini membuat seseorang memiliki sifat tajam dan peka dalam detail visual. Bakat ini dimiliki seorang artis, pilot, arsitek, fotografer dan profesi lainnya.

7. Bakat Verbal

Bakat verbal adalah bakat yang di tunjukkan dengan konsep dalam bentuk ungkapan atau kata-kata.

8. Bakat Abstrak

Bakat abstrak adalah bakat bukan kata ataupun angka, tetapi lebih ke bentuk rancangan, ukuran, pola dan bentuk serta posisinya.

9. Bakat Skolasi

Bakat skolasi adalah perpaduan antara kata dan angka. Bakat ini meliputi dalam kemampuan berpikir, menalar, menciptakan hipotesis, mengurutkan, pandangan hidup yang sifatnya rasional. Bakat ini di temukan oleh seorang ilmuwan, pemrograman, akuntan dan lain sebagainya.

10. Bakat Numerial

Bakat numerial adalah mengenai konsep dalam bentuk angka maupun matematik.

Pengertian Minat

PENGERTIAN BAKAT
PENGERTIAN BAKAT

Apa itu Minat ? Minat adalah suatu proses yang tetap harus memperhatikan dan menfokuskan diri pada sesuatu yang di inginkannya dengan perasaan yang sangat senang, rasa puas dan tanpa beban.

Minat adalah perangkat mental yang dimiliki seseorang yang terdiri dari suatu campuran dari prasangka, pendirian seseorang, perasaan, harapan, rasa takut kencenderungan lain yang lebih mengarahkan individunya kepada suatu pikiran yang tertentu.

Minat secara umum adalah perhatian yang mengandung unsur-unsur perasaan. Minat merupakan dorongan untuk mempunyai sesuatu keinginan yang tertentu. Misalnya, minat terhadapat pelajaran, olahraga dan hobi. Minat bersifat pribadi, artinya seseorang memiliki minat yang berbeda-beda.

Minat berkaitan erat dengan motivasi seseorang, sesuatu yang harus dipelajari. Serta bisa berubah-ubah tergantung pada pengalaman, kebutuhan, metode yang trend pada saat ini, buka bawaan sejak lahir seseorang. Faktor juga bisa mempengaruhi munculnya minat seseorang tergantung juga pada fisik, emosi, sosial dan pengalaman. Minat harus di awali dengan positif dan senang.

Jadi kesimpulan minat adalah bukanlah sesuatu yang statis atau berhenti, tetapi manis dan bisa mengalami pasang surut. Minat juga bukaan bawaan lahir, tetapi sesuatu hal yang bisa di pelajari. Arinya adalah sesuatu yang sebelumnya belum diminati, bisa berubah menjadi di minati, karena adanya masukan-masukan baru atau wawasan yang baru dan pola pikir seseorang yang baru.

Karakteristik Minat

PENGERTIAN BAKAT
PENGERTIAN BAKAT

Dibawah ini adalah karakteritik dari minat. Penjelesannya sebagai berikut :

  • Minat yang menimbulkan seseorang bersikap yang positif dari suatu objek.
  • Minat mengandung unsur penghargaan, mngandung sesuatu keinginan dan semangat untuk mendapatkan sesuatu yang di inginkan.
  • Minat merupakan sesuatu yang menyenangkan dan timbul dari suatu objek.

Jenis Jenis Minat

PENGERTIAN MINAT
PENGERTIAN MINAT

1. Minat avokasional

adalah minat untuk memperoleh hobi atau kepuasan pada seseorang. Misalkan hiburan, apresiasi, ketelitian, petualan dan lain-lain.

2. Minat Vokalisasi

adalah merujuk pada bidang-bidang pekerjaan.

  • Minat kegiatan mekanik, fisik, kegiatan luar, dan lain-lain.
  • Minat profesional : minat seni, keilmuan, kesejahteraan sosil dan lain-lain.
  • Minat komersial : minat pada kegiatan jual beli, dunia usaha, akutansi, periklanan, kesekretariatan dan lain-lain.

Perbedaan Bakat dan Minat

PENGERTIAN MINAT
PENGERTIAN MINAT

Perlu di hati-hati kawan bahwa bakat tidak identik dengan minat. Bakat tidak disertai dengan minat, maupun minat tidak di sertai dengan bakat niscaya tidak akan berhasil. Jadi bakat harus di sertai dengan minat supaya berhasil dan bisa merasakan keberhasilannya.

Bakat

  • Aspek genetiknya lebih dominan
  • Natural
  • Lepas dari aspek suka mapun tidak suka
  • Inherent
  • Tidak mudah untuk berubah dan permanen

 

Minat

  • Natural
  • Mudah sekali berubai sesui dengan tren yang ada
  • Orientasinya pada hobi untuk kesukaan semata
  • Lingkungan di sekitar

Resiko kalau tidak kenal bakat

  • Rugi biayanya
  • Hilangnya peluang
  • Lelah selalu untuk coba-coba
  • Rugi waktu
  • Aspek lingkungan yang lebih dominan

Tidak ikut tes bakat

  • Ibaratkan Perusahaan tanpa visi dan misi yang jelas
  • Ibaratkan sepeda motor tanpa spedometer
  • Ibaratkan kendaraan tanpa manual book (buku petunjuk perawatan dan pemakain untuk kendaraan motor)
  • Ibaratkan mobil tanpa kontrol isi bensin

Persamaan Bakat dan Minat

PENGERTIAN MINAT
PENGERTIAN MINAT

Persamaan diantara bakat dan minat adalah perlu adanya pengembangan melalui belajar terus menerus agar keinginan dan kemampuan yang ada dapat ingin menjadikan sesuatu yang nyata. Jadi tidak hanya sebatas keinginan dan kemampuan saja. Melainkan adanya kemajuan atau bentuk yang nyata dari apa yang pengen di miliki dan apa yang pengen di nikamti.

Jika hal itu benar-benar diasah, maka akan menjadikan sesuatu yang bermanfaat sekali untuk diri kita maupun di lingkungannya. Namun, apabila tidak diasah sama sekali, maka hanya menjadi bakat dan minat yang terpendam. Tidak akan membuahkan hasil yang lebih dari hanya sekedar keinginan dan kemampuan saja.

Yang perlu di ketahui, bakat harus disertai dengan minat yang tinggi. Kenapa harus begitu ? karena adapun bakat yang diluar biasa yang kita miliki tetapi minat kita sangat minim , maka untuk menjadi perkembangannya akan menjadi sulit.

Sesungguhnya, seseorang itu menyukai tentang hal-hal yang dianggap menarik untuknya dan ia akan mikimati sekali untuk mewujudkan apa yang ingin ia sukai itu.

Contoh : abdul sangat suka melukis. Ia mempunyai bakat dan minat yang sangat besar kearah melukis tersebut. Ia akan berlatih terus dan mencari pengetahuan tentang bagaimana cara melukis dengan baik dan benar. Terbukti dari beberapa karyanya di buat dengan bagus.

Namun abdul mempunyai adik yang sama sepertinya, yaitu suka melukis. Tetapi adiknya sekedar suka. Minat adiknya abdul untuk mengembangkan kemampuan melukisnya tidak terlalu besar. Dan adiknya abdul lebih suka untuk mengembangkan minat yang ia sukai adalah menulis.

Faktor Pendukung Perkembangan Bakat dan Minat

Faktor untuk mendukung perkembangan bakat dan minat ada faktor intern (pribadi) dan juga faktor ekstern (luar). keduanya ini sangat berpengaruh dalam perkembangan bakat dan minat dari anak atau manusia di dunia. Dibawah ini adalah penjelasanya :

1. Fakor Intern

  • Faktor kepribadian

Faktor kepribadian adalah keadaan psikologi seseorang dimana perkembangan potensi anak itu tergantung pada dirinya sendiri dan emosi anak tersebut. Hal ini bisa membantu anak dalam membentuk konsep serta percaya dan optimis dalam mengembangkan bakat dan minatnya.

  • Faktor bawaan

Faktor bawaan adalah faktor yang mendukung perkembangan individu seseorang dalam bakat dan minat sebagai totalitas karasteristik individu yang di wariskan oleh orang tua kepada anak dalam segala potensi melalui psikis atau fisik yang dimiliki individu sebagai pewarisan dari orang tuanya tersebut.

Dari segi biologis, bakat sangat berhubungan dengan fungsi otak seseorang. Bila otak kiri dominan, maka segala tindakan intelektual, sequensial, teratur rapi, lgis dan verbal. Sedangkan untuk otak kanan berhubungan dengan masalah non verbal, artistic, spasial, dan atletis.

2. Faktor Ekstern

  • Faktor lingkungan sosial

Faktor lingkungan yang berhungan dengan kehidupan yang ada di masyarakat setempat. Di lingkungan ini anak akan mengaktualisasikan bakat dan minatnya kepada masyarakat.

  • Faktor lingkungan keluarga

Faktor ini merupakan tempat untuk belajar atau berlatih, tempat untuk anak memperoleh pengalaman, karena faktor lingkungan keluarga merupakan yang pertama dan paling penting bagi anak.

  • Faktor lingkungan sekolah

Faktor lingkungan sekolah adalah faktor yang dapat mempengaruhi proses belajar mengajar yang kondusif dan bersifat formal. Lingkungan sekolah ini sangat berpengaruh bagi pengembangan bakat dan minat anak yang dikembangankan secara intensif.

Cara Mengembangkan Bakat dan Minat

1. Perlu di dukung lingkungan

Lingkungan ini sangat sangat mempunyai arti yang sangat luas, termasuk fasilitas, manusia, biaya, dan kondisi sosial lainnya. Yang berperan juga dalam pengembangan bakat dan minat seseorang.

2. Perlu di dukung oleh latihan

Latihan merupakan kunci sukses dari keberhasilan. Latihan disini bukan dari segi kualitasnya akan tetapi ada juga motivasi yang menggerakkan setiap usaha yang kelihatan secara fisik.

3. Perlu keberanian yang kuat

Keberanian merupakan membuat seseorang mampu menghadapi tantangan atau rintangan yang begiu banyak. Baik yang bersifat psikis dan fisik maupun kendala sosial atau lainnya. Keberanian seseorang akan mampu melihat jalan keluar berhadapan langsung dengan berbagai kendala yang ada, begitu sebaliknya membuat kita takut dan bisa melarikan diri secara tidak bertanggung jawab.

4. Perlu mamahami hambatan pengembangan bakat dan minat dengan cara mengatasinya

Seseorang harus mengidentifikasi dengan baik kendala yang ada, seseorang harus mengategorikan mana yang mudah di atasi dan mana yang sulit di atasi. Kemudian memikirkan jalan keluarnya.

Kesesuaian Antara Bakat dan Cita-cita atau Karir Seseorang

Bakat merupakan sesuatu kemampuan khusus yang dimiliki setiap individu. Bakat juga dapat berkembang dan menonjol, bilamana seseorang melakukannya dengan latihan secara terus menerus. Bakat juga bisa mendukung cita-cita atau karir seseorang, bakat juga bisa menjadi profesi atau jabatan bagi seseorang yang melakukan dengan cara bersungguh-sungguh.

Kesimpulan

Nah itu temen-temen ada beberapa penjelasan pengertian bakat dengan baik secara umum dan menurut beberapa ahli. Dan juga saya berikan beberapa informasi yang lengkap mengenai macam-macam jenis bakat berseta dengan contohnya dengan baik dan benar.

Selain itu juga ada beberapa penjelasan tentang perngertian minat dan beberapa faktor tentang minat. Mudah-mudahan artikel ini bisa bermanfaat buat pembacanya.

Pengertian Bakat dan Minat

Hallo ! Belajar Terus dan memberikan manfaat bagi orang lain. Seorang pemuda yang hobi menulis tentang pengetahuan.