Pengertian Organisasi : Definisi, Tujuan, Unsur, Bentuk, Manfaat !!

Pengertian Organisasi – Organisasi pada dasarnya sudah ada sejak dari zaman dahulu. Contoh saja organisasi yang menjadi tonggak awal kemerdekaan Indonesia yaitu Organisasi Boedi Oetomo yang didirikian pada tahun 1908.

Organisasi memiliki pengaruh yang sangat besar dalam suatu lembaga, baik dalam lingkup pemerintahan, masyarakat umum, dan bahkan dalam lingkup sekolah juga dapat kita temukan banyak organisasi.

Pada saat ini organisasi sudah menjalar keseluruh masyarakat di permukaan bumi, mulai dalam lingkup daerah, nasional, bahkan sampai internasional. Pada zaman kemerdekan Indonesia contoh dari organisasi yang bersifat daerah yaitu seperti Jong Java atau Pemuda Jawa, Jong Celebes atau Pemuda Sulawesi, Jong Minahasa atau Pemuda Minahasa, dan yang lain sebagainya.

Sedangkan untuk organisasi yang bersifat Nasional yaitu salah satu contohnya yaitu Organisasi Budi Utomo, Sarekat Islam, Indische Partij, dan lain sebagainya. Kemudian organisasi yang bersifat Internasional antara lain yaitu, Association of South East Asian Nations (ASEAN) yang merupakan suatu organisasi untuk negara yang berwilayah di Asia Tenggara, atau Food and Agricultural Organization (FAO) sebuah organisasi iternasional yang bergerak di bidang pertanian dan pangan.
Berikut akan kami ulas beberapa hal yang berkaitan dengan organisasi.

Pengertian Organisasi Secara Umum

pengertian organisasi
pengertian organisasi

Organisasi memiliki pengertian yaitu suatu wadah ataupun perkumpulan bagi sekelompok orang untuk menjalin kerja sama, dan dilakukan secara terkendali serta terpimpin untuk mencapai suatu tujuan tertentu.

Pada umumnya organisasi selalu memanfaatkan suatu sumber daya tertentu misalkan saja seperti lingkungan, metode atau cara, material, mesin, dan uang, serta masih banyak sumber daya lain untuk mewujudkan agar mencapai tujuan dari organisasi tersebut.

Orang – orang yang berkumpul didalam suatu organisasi pasti telah sepakat untuk mencapai tujuan tertentu dengan perantara sumber daya yang telah tersusun secara sistematis dan rasional yang juga telah terkendali dan sudah ditunjuk salah satu pemimpin dari organisasi tersebut yang dimana pemimpin tersebut yang akan memimpin jalannya operasional organisasi dengan terencana.

Pengertian Organisasi Menurut Beberapa Ahli

pengertian organisasi
pengertian organisasi

1. Dahlan Al Barry

Dahlan Al Barry sepakat bahwa Organisasi merupakan suatu pengaturan dan penyusunan dari bagian – bagian tertentu sehingga terbentuk menjadi satu kesatuan, aturan atau susunan dari berbagai bagian yang kemudian menjadi satu kesatuan yang teorganisir dan dari gabungan kerja sama untuk mencapai suatu tujuan tertentu.

2. Chester I. Bernard

Chester I. Bernand berpendapat bahwa Organisasi merupakan suatu sistem aktivitas kerja sama yang dilakukan oleh dua pihak ataupun lebih guna melakukan suatu kegiatan yang didalamnya membutuhkan interaksi dengan suatu pencapaian yaitu tujuan bersama. Barnard juga menekankan peranan pada setiap individu anggotanya yang wajib diberikan informasi serta motivasi dan juga sebagian dari anggota lainnya yang harus membuat keputusan.

3. Stone

Pengertian menurut stone organisasi adalah suatu hubungan antara bawahan dan atasan yang mana bawahan di arahkan oleh atasan untuk mencapai tujuan yang sama.

4. Stephen P. Robbins

Pengertian organisasi menurut Stephen P. Robbins adalah bentuk perserikatan manusia dengan tujuan yang sama untuk mewujudkan.

5. Chester I. Bernard

Menurut Chester I. Bernard organisasi adalah sebuah kerangka yang terstruktur di mana didalamnya terdapat suatu wewenang serta tanggung jawab dan juga pembagian kerja untuk menjalankan sebuah fungsi dan untuk mencapai tujuan bersama.

6. Prof. Dr. Sondang P. Siagian

Menurut beliau organisasi adalah bentuk dari persekutuan antar dua orang atau lebih yang didalamnya bekerja sama untuk mencapai tujuan bersama dan tirakat dengan formal dalam rangka untuk mencapai target yang ditentukan bersama. Didalamnya juga terdapat atasan dan bawahan.

7. Paul Preston dan Thomas Zimmerer

Menurut mereka organisasi adalah sebuah sekumpulan orang yang telah disusun menjadi sebuah kelompok – kelompok yang didalamnya saling bekerja sama untuk mencapai target yang telah ditentukan.

8. Philip Slznic

Menurut philip Slznic organisasi adalah sebuah peraturan untuk personal sebagai bentuk untuk mempermudah dalam mencapai tujuan yang sudah ditetapkan dengan tanggung jawab dan fugsi atau bisa di sebut Through the allocation of functionss and reponsibilities.

9. Thompson

Menurut thompson organisasi adalah bentuk dari perpaduan antara anggota yang didalamnya saling bekerjasama (koperasi) untuk mewujudkan tujuan yang spesifik yang sudah di umumkan.

Tujuan Organisasi

pengertian organisasi
pengertian organisasi

Setelah kita membahas beberapa pengertian dari organisasi rasaya kurang lengkap jika hanya itu saja. Mari kita lanjutkan pembahasan kita dengan penjelasan mengenai Tujuan dari organisasi.

tidak hanya fokus pada tujuan dan visi misi organisasi semata namun organisasi juga bertujuann sebagai peningkat penghasilan yang melebihi biaya produksi.

Secara umum inilah beberapa tujuan dari organisasi sebagai berikut :

  • Sebagai wadah bersama untuk mecapai tujuan dengan efisien dan efektif.
  • Meningkatkan kemampuan dan sumer daya yang dimiliki.
  • Sebagai wadah untuk orang – orang yang ingin mempunyai jabatan, penghargaan dan juga job description atau pembagian kerja.
  • Organisasi bertujuan untuk mendapatkan keuntungan secara bersama – sama
  • Organisasi bertujuan sebagai pengelolaan lingkungan dengan cara bersama – sama
  • Organisasi bisa membuat individu – individu agar menambah pergaulan dan teman serta bisa menjadi pemanfaatan waktu luang agar tidak terbuang sia – sia.
  • Organisasi sebagai wadah untuk mempunyai kekuasaan dan pengawasan.

Tujuan dari organisasi secara umum di bagi menjadi 3 bagian diantaranya :

1. Tujuan Organisasi Jangka Pendek

Tujuan dari organisasi ini harus tercapaidalam waktu yang cepat dan berkala. Biasanya tujuan organisasi yang satu ini di lakukan dalam jangka enam bulanan atau satu semester. Tujuan dari organisasi jangka pendek ini nantinya akan menjadi acuan rencana tujuan jangka panjangnya.

Tujuan jangka pendek ini biasanya dilakukan sesuai dengan rancangan anggaran dari keuangan sebuah organisasi atau yang biasa disebut dengan tujuan operasional. Contoh tujuan pendek ini adalah peningkatan omset dalam waktu enam bulan.

2. Tujuan Organisasi Jangka Menengah

Tujuan organisasi jangka menengah ini biasaya di buat oleh sebuah organisasi yang harus dicapai dalam waktu yang lebih lama dari tujuan jangka pendeknya. Waktu yang dipakai dalam tujuan jangka pendek ini adalah satu tahun atau lebih sampai tiga tahun lamanya.

Tujuan dari organisasi yang menggunakan jangka menengah ini biasanya sebagai rangkaian pencapaian organisasi dari jangka pendek atau yang lebih dikenal dengan nama tujuan taktis. Contoh dari tujuan jangka menengah ini adalah peningkatan pangsa pasar dalam waktu satu tajun.

3. Tujuan Organisasi Jangka Panjang

Tujuan dari organisasi jangka panjang atau hasil dari keseluruhan tujuan sebuah organisasi yang mana bisa terealisasi dalam waktu yang sudah di tentukan atau waktu yang cukup lama. Periode waktu yang digunakan dalam tujuan jangka panjang dalam organisasi ini biassanya mencapai tiga tahunan.

Tujuan dari jangka panjang ini bisa diraih bila sudah mencapai tujuan jangka menengah atau lebih jelassnya tujuan dari jangka pendek dan jangka menengah sudah terealisaikan maka untuk tujuan jangka panjang bisa juga terealisasi.

Ciri – Ciri Organisasi

pengertian organisasi
pengertian organisasi

Baik para pembaca semua tadi sudah kita bahas tentang ciri – ciri, pengertian. Belum lengkap tentunya karena masih kurang komplit. Untuk selanjutnya mari kita bahas mengenai ciri – ciri dari organisasi. Berikut adalah ciri – ciri dari organisasi sebagai berikut :

1. Terdiri Dari Sekelompok Orang

Dalam organisasi patinya mempunyai sekumpulan orang tiga atau lebih kalo hanya satu orang itu individu tidak bisa dikatakan organisasi.

2. Organisasi Memiliki Tujuan

Organisasi yang di buat pastinya mempunyai yang namanya tujuan. Tujuan disini akan menjadi goal bagi orang – orang yang ada didalamnya, dan pastinya akan saling membantu agar tujuan dari organisasi tersebut dapat terealisasikan.

3. Organisasi Saling Bekerjasama

Dalam organisasi bekerja sama sangatlah penting karena tanpa adanya kerjasama tujuan yang diinginkan tidak akan terealisasi secara efektif dan juga efisien.

4. Adanya peraturan

Setiap organisasi pasinya ada yang namanya peraturan fungsi dari aturan disis sebagai pengatur dan pembatas sumberdaya yang dimiliki agar tetep terjaga konsistensi proses tujuan dan menciptakan manajemen yang baik.

5. Pembagian Tugas dan Tanggung Jawab

Dengan adanya peraturan pastinya juga ada pembagain tugas dan tanggung jawab terhadap setiap anggota organisasi. Pembagian tugas tersebut dapat dilakukan dengan pembentukan beberapa divisi dan seksi-seksi yang bertanggung jawab pada tugas dan tanggung jawab masing-masing yang telah disepakati.

Unsur-unsur organisasi

pengertian organisasi
pengertian organisasi

Setelah diatas kita membahas tentang ciri-ciri organisai sekarang kita bahas tentang unsur-unsur dari sebuah organisasi. agar sebuah organisasi berjalan dengan baik dan sesui dengan rencana kita maka harus terdapat unsur-unsur penting didalamnya. Berikut ini adalah unsur –unsur dalam sebuah organisasi secara umum.

1. Personil (man)

Ini merupakan unsur terpenting dalam sebuah organisasi dimana setiap personil memiliki tingkatan dan tugas masing-masing dalam setiap devisi.

2. Kerjasama (team work)

Organisasi hanya dapat berjalan mencapai goal bersama jika setiap angotanya bisa melakukan tugas dan tanggung jawab secara bersama-sama

3. Tujuan bersama

Ini adalah tujuan utama yang ingin dicapai dalam sebuah organisasi, baik dari sisi prosedur,program,pola hingga hasil akhir dalam sebuah pekerjaan dari sebuah organisasi tersebut.

4. Peralatan (equepment)

Untuk mencapai tujuan utama dari sebuah organisasi tentunya kita perlu peralatan yang diperlukan seperti sarana dan prasarana berupa kelengkapan seperti: kantor / gedung ,material,uang dan sumberdaya manusia dan yang lainya.

5. Lingkungan(environment)

Faktor lingkungan tentunya sangat berpengaruh dalam sebuah organisasi. Misalnya sosial budaya,kebijakan,anggaran,peraturan dan kondisi ekonomi.

6. Sumber daya alam

Selain 5 faktor diatas tersebut sumber daya alam juga merupakan unsur penting yang harus terpenuhi agar organisasi dapat berjalan sesui dengan rencana dan tujuan kita. Beberapa contohnya seperti air ,keadaan iklim,kondisi tanah, cuaca, flora dan fauna.

Bentuk – Bentuk Organisasi

pengertian organisasi
pengertian organisasi

Selanjutnya untuk lebih memahami tentang pengertian organisasi, kita juga perlu melihat bentuk-bentuk organisasi yang ada dan berkembang di masyarakat. Berikut beberapa bentuk organisasi diantaranya adalah:

1. Organisasi Politik

Organisasi politik merupakan organisasi yang bergerak di bidang politik yang bertujuan berhubungan dengan politik sebuah daerah atau negara. Salah satu contoh yang mudah kita temui adalah partai politik di indonesia.

2. Organisasi Sosial

Organisasi sosial ini merupakan organisasi yang fokus dalam bidang soal kemanusiaan misalnya bencana alam, ekonomi sosial, dan lain-lain. Salah satu contohnya organisasi sosial adalah TNI,SAR.

3 Oganisasi Olahraga

Organisasi ini adalah organisasi perserikatan cabang olah raga, baik secara umum ataupun spesifik dibidang olah raga tertentu. Salah satu contohnya adalah PSSI.

4. Organisasi Agama

Organisasi agama ini adalah sebuah organisasi yang fokus dalam bidang yang berhubungan dengan agama tujuan utamanya adalah untuk menyebarkan kebaikan ,keharmonisan dan penyeimbang norma sosial dalam sebuah masyarakat bernegara. Salah satu contohnya adalah NU (nahdlatul ulama).

5. Organisasi Pemuda

Organisasi pemudan ini merupakan sebuah organisasi perkumpulan para pemuda yang bertujuan untuk menciptakan pergerakan suatu daerah atau negara. Salah satu contohnya adalah pergerakan yang dilakukan budi utomo dalam sebuah perjuangan mewujudkan kemerdakaan indnesia.

6. Organisasi Mahasiswa

Organisasi ini memang mirip dengan organisasi pemudan namun sifatnya organisasi ini lebih ilmiah dan dalam ruang lingkup tertentu salah satu contohnya BEM.

Manfaat Organisasi

pengertian organisasi
pengertian organisasi

Dari sekian yang kita bahas mengenai organisasi belum lengkap jika belum membahas tentang manfaat dari sebuah organisasi tersebut. Ada beberapa manfaat dari sebuah organisasi yang bisa dirasakan oleh para angota dari sebuah organisasi tersebut diantaranya adalah:

  • Memudahkan tercapainya tujuan bersama
  • Melatih mental seseorang menjadi lebih baik
  • Memudahkan dalam menyelesaikan suatu persoalan
  • Melatih jiwa kepemiminan seseorang
  • Pergaulan menjadi lebih luas
  • Menambah wawasan dan pengetahuan dari setiap anggotanya
  • Membentuk karakter seseorang
  • Ajang pembelajaran bagi setiap anggota

Struktur Organisasi

pengertian organisasi
pengertian organisasi

Selanjutnya kita bahas tentang srtuktur dari sebuah organisasi tersebut umumnya organisai formal masyarakat biasanya terdiri dari ketua/pemimpin,bendahara,sekretaris dan anggota. Bila organisasi tersebut lebih besar, maka akan ada waktu pada setiap presidium, misalnya wakil ketua, wakil bendahara dan seterusnya.

Berikutnya struktur organisasi pada tiap-tiap perusahan pasti berbeda namun pada umumnya struktur organisasi dalam perusahaan terdiri dari beberapa tugas dan devisi-devisi sesui dengan fungsi-fungsinya manajerial seperti: owner (ceo), direktur komisaris, direktur manajer,supervisor,kosultan,HRD, anggota dan lainya.

Demikian beberapa ulasan kami pada artikel kali ini yang berkaitan dengan hal yaitu organisasi. Mulai dari berbgai macam pengertian, tujuan, bentuk dan lain lain. Semoga artikel ini dapat bermanfaat untuk para pembaca.

 

Pengertian Organisasi

Hallo ! Belajar Terus dan memberikan manfaat bagi orang lain. Seorang pemuda yang hobi menulis tentang pengetahuan.