11+ Rekomendasi Aplikasi Belajar dan Mengarjakan Soal Matematika

aplikasi matematika

Mau ngerjain tugas matematika tapi masih bingung bagaimana caranya ? Pada artikel kali ini Elen akan memberikan beberapa rekomendasi aplikasi matematika yang bisa kamu gunakan di smarphone baik android dan iOS loh.

Matematika memang tidak akan lepas dari kehidupan dunia, karena setiap aktivitas seperti perdagangan memerlukan hitung – hitungan.

Matematika sendiri juga tergolong pelajaran yang sulit, karena semua yang berkaitan dengan matematika berbentuk angka dan rumus tidak jarang orang yang pusing karena memikirkan matematika.

Berikut ini adalah beberapa aplikasi matematika yang bisa kamu unduh dan gunakan dengan gratis.

Photomath

aplikasi matematika photomatch

Aplikasi pertama yang bisa menjawab soal matematika adalah photomath. Di aplikasi yang satu ini kamu bisa menemukan jawaban dengan berbagai soal baik untuk kamu yang sedang sekolah maupun yang sudah kuliah.

Cara untuk menggunakannya pun cukup mudah, kamu hanya perlu memfoto soal yang ingin kamu kerjakan maka secara otomatis aplikasi yang canggih ini akan menampilkan jawabanya.

Kamu bisa mendapatkan Photomath baik secara gratis maupun berbayar loh. Selain itu aplikasi ini support pada perangkat iphone maupun android.

Baca Juga : Aplikasi Untuk Membuat CV

MalMatch

aplikasi malmatch

MalMatch adalah rekomendasi kedua dari Elen. Hampir sama dengan Photomat yang bisa menjawab soal matematika kamu dengan mudah.

Jika kamu kebingungan dengan aplikasi matematika ini tidak perlu khawatir karena MalMatch menyediakan tutorial untuk penggunaanya.

Selain itu, MalMatch mempunyai virtual keyboard dengan fitur lengkap seperti berbagai symbol matematika.

Pada aplikasi ini kamu akan diajarkan langkah – langkah untuk mengerjakan soal yang sedang kamu kerjakan.

Jadi kamu tidak perlu khawatir soal kamu terabaikan, dengan aplikasi ini kamu bisa menyelesaikan tugas dan sekalian belajar.

MyScipt Calculator

myscript calculator apk

Aplikasi ini berbeda dengan dua aplikasi diatas. Bisa dibilang aplikasi ini cukup unik. Kenapa demikian ? karena, kamu tidak perlu menuliskan soal yang ingin dikerjakan namun cukup dengan mencoret – coret saja pada layar smartphone kamu.

Secara otomatis coretan kamu akan diubah menjadi persamaan matematika. Wah unik banget yah.

Namun kekurangan dari aplikasi ini juga ada. Karena MyScript Calculator hanya bisa mengerjakan soal – soal dasar, algoritma, eksponensia, dan trigonometri saja. Selain itu aplikasi ini tidak bisa.

Namun sayangnya untuk bisa menggunakan aplikasi yang satun ini kamu harus mengeluarkan dana sebesar Rp. 43.000,- karena aplikasi ini tidak gratis.

Cymath

aplikasi belajar matematika

Aplikasi matematik selanjutnya yang bisakamu download untuk membantu mengerjakan soal matematika kamu adalah cymath.

Aplikasi ini bisa membantu dengan berbagai soal yang kamu hadapi seperti kalkulus, trigonometri, aljabar dan masih banyak lagi yang lainnya.

Untuk rating pada aplikasi yang satu ini cukup baik karena rating 4,5 dengan total jumlah pengguna mencapai 1 juta lebih.

Jangan pusing – pusing lagi, belajar dan selesaikan tugasmu dengan aplikasi yang satu ini.

Wolform Alpha

aplikasi belajar matematika

Jika kamu sedang kesulitan menyelesaikan tugas matematika aritmatika dan kalkulus maka aplikasi yang satu ini bisa menjadi pilihan yang tepat.

Namun bukan hanya itu, kamu bisa menyelesaikan soal yang lain pada aplikasi ini.

Untuk jumlah pengguna pada aplikasi yang satu ini memang masih kalah dengan Cymath. Namun fitur yang ada pada Wolform Alpha bisa membantu kamu menyelesaikan tugas yang membuat kamu pusing saat ini.

Aplikasi ini support dengan android paling minim 4.4, kalau android kamu kurang dari versi ini maka tidak aplikasi ini tidak bisa digunakan.

Baca Juga : Aplikasi Kasir

Mathway

aplikasi soal matematika

Mathway menjadi aplikasi matematika yang patut kamu coba. Karena, selain matematika kamu bisa mengerjakan soal kimia pada aplikasi ini.

Mathway mempunyai tampilan yang ramah untuk penggunanya karena mengusung kesederhanaan dan kenyamanan.

Selain soal selesai, kamu juga akan diberikan tips untuk mengerjakan soal matematika loh. Jadi selain tugas bisa selesai, kamu bisa belajar deh cara – cara mengerjakan soal yang lainnya.

Caranya juga mudah, karena kamu cukup memfotokan saja. Dan Mathway secara otomatis akan menjawab soal matematikamu.

Dengan kesederhanaan pada aplikasi ini, penggunanya sudah cukup banyak loh. Sampai artikel ini dibuat setidaknya sudah mencapai 5 juta lebih pengguna. Dan ratingya mencapai 4+.

Socratic

Aplikasi ini sama seperti lainnya. Untuk cara menggunakanya pun juga tidak jauh berbeda dari Mathway dan yang lainnya.

Kamu cukup menfotokan soal yang tidak bisa kamu kerjakan, nanti secara otomatis soal itu akan dijawab oleh aplikasi pintar ini.

Kamu bisa mendapatkan aplikasi ini secara gratis baik di android maupun iOS.

Math Tricks

aplikasi matematika Math Tricks

 

Sesuai dengan namanya kamu akan disuguhkan dengan berbagai trik penyelesaian soal – soal matematika.

Selain itu, dengan trik yang disediakan oleh Math Tricks kamu akan lebih mudah menghitung soal – soal matematika.

Karena trik yang diberikan memang untuk memudahkan kamu agar tidak perlu pusing – pusing lagi mencari jawaban.

Qanda (Free Math Solution)

aplikasi matematika Qanda (Free Math Solution)

Aplikasi selanjutnya yang bisa kamu gunakan untuk menyelesaikan soal baik matematika dan juga fisika adalah Qanda.

Kamu bisa mendapatkan aplikasi ini secara gratis di playstore dan appstore. Cara menggunakanya pun juga mudah karena kamu cukup memfotokan soal yang ingin kamu selesaikan dan otomatis aplikasi ini akan memberikan jawababnya.

Bahkan kamu bisa loh berkomunikasi dengan guru professional dengan fitur chat di aplikasi ini. Kamu bisa berkonsultasi dengan mudah dan mendapatkan pelajaran yang mungkin belum kamu ketahui.

Graphing Calculator + Math, Agebra & Calculus

Graphing Calculator + Math, Agebra & Calculus

Yang tidak boleh ketinggalan untuk membantu kamu mengerjakan soal matematika seperti kalkulus, lagoritma, trigonometri dan soal lainnya adalah Graphing Calculator + Math, Agebra & Calculus.

Fitur yang diberikan cukup lengkap untuk membantu kamu menyelesaikan tugas matematika baik untuk tingkat SMA maupun yang sudah kuliah.

Microsoft Math Solver

Microsoft Math Solver

Mengerjakan soal matematika jika belum tahu rumus yang tepat memang sangat membingunkan, apalagi jika dalam posisi mengerjakan tapi jawabannya tidak ada dipilhan ganda.

Namun tidak perlu khawatir karena aplikasi matematika yang satu ini bisa membantu kamu untuk menyelesaikannya.

Selain menampilkan jawaban, kamu juga akan diajari urutan bagaimana jawabanya seperti itu. Jadi kamu akan lebih paham dengan matematika karena bukan hanya jawaban yang ditampilkan namun caranya juga.

Penutup

Itulah tadi beberapa ulasan dan rekomendasi aplikasi matematika yang bisa kamu gunakan untuk mempermudah penyelesaian soal – soal matematika.

Namun perlu diingat bahwa aplikasi hanya sebuah alat pembantu, kamu bisa menggunakanya kapan saja dan dimana saja. Tapi, kamu juga harus memahami caranya agar tidak hanya bergantung pada aplikasi.

Mudah – mudahan bermanfaat. Jika ada rekomendasi lain bisa tulis dikolom komentar yaaa sobat.

Hallo ! Saya SEO Specialist dan seorang Mahsiswa jurusan Teknik Informatika