13+ Aplikasi Scanner Dokumen Terbaik Dengan Smarphone

aplikasi scanner

Kamu ingin scan dokumen menggunakan HP tapi bingung bagaimana caranya ? Kamu berada di halaman yang tepat. Elen akan memberikan rekomendasi aplikasi scanner yang bisa kamu gunakan di smarphone kamu loh.

Scan dokumen memang menjadi sebuah kegiatan yang penting baik untuk yang sudah bekerja maupun kamu yang masih kuliah.

Teknologi saat ini yang semakin berkembang membuat kemudahan dalam aktivitas apapun tak terkecuali dengan scan menggunakan smartphone. Dulu scan dokumen harus menggunakan mesin scanner convensional, namun sekarang cukup dengan smarphone kamu sudah bisa melakukannya.

Apa saja sih aplikasinya ? berikut adalah rekomendasi dari Elen untuk kamu yang sedang membutuhkannya.

Easy Scanner

aplikasi scanner Easy Scanner

 

Aplikasi untuk scan pertama yang bisa kamu gunakan adalah Easy Scanner Camera to PDF. Dengan aplikasi ini kamu bisa menjadikan dokumen kamu menjadi pdf dengan hasil yang memuaskan.

Selain menjadikan dokumen berformat PDF, kamu juga bisa kok memilih format lain seperti JPG.

Bahkan cara untuk scan dengan aplikasi yang satu ini cukup mudah. Kamu cukup memfoto dokumennya.

Aplikasi ini dibuat oleh developer Bfery bahkan sampai saat ini jumlah penginstal sudah mencapai 1 juta lebih pengguna dengan rating rata – rata 4,6. Tentu jumlah yang sagat baik. Hal itu karena memang aplikasi ini cukup bisa diperacaya.

Untuk perangkat yang bisa menggunaan aplikasi ini yaitu minimum android 5.0 jika smarphone kamu kurang belum android 5.0 maka sudah dipastikan tidak bisa untuk menggunakannya.

ScanPro App – PDF Document Scanner

aplikasi scanner ScanPro App – PDF Document Scanner

Sama seperti Easy Scanner tadi, aplikasi ini sudah di download lebih dari 1 juta pengguna. Yang membedakan dari aplikasi tadi. Dengan Scan Pro kamu bisa mengedit langsung. Namun belum mendukung format gambar jadi kadang akan muncul bug.

Untuk ukuran dari aplikasi ini cukup ringan. Karena aplikasi ini hanya berukuran 23 MB.

Untuk format yang dihasilkan, kamu bisa memilih sesuai dengan keinginan kok. Bisa dengan JPG atau file PDF.

Camera Scanner Image Scanner

Jika kamu mencari aplikasi scanner yang ringan, salah satu rekomendasinya adalah Camera Scanner Image Scanner karena hanya berukuran 10 MB loh.

Selain itu kamu bisa menggunakan aplikasi ini dengan mudah cukup memfoto dan kemudian kamu simpan dengan format yang tersedia seperti PDF dan JPG.

Untuk perangkat yang menginstall aplikasi ini sudah mencapai 5 juta lebih.

Baca Juga : Aplikasi Membuat CV

Adobe Scan

Aplikasi Scanner Adobe Scan

Adobe Scan adalah salah satu alat pemindai yang bisa kamu gunakan. Di aplikasi yang satu ini kamu bisa memindai data penting seperti kwitansi atau dokumen lainnya.

Untuk caranya pun cukup mudah. Bahkan kamu bisa langsung mengirimkan dokumennya langsung melalui cloud yang telah disediakan.

Namun kekurangannya, aplikasi ini cukup berat serta tampilan interface cukup rumit dan tidak direkomendasikan untuk yang belum terbiasa dengan adobe.

Namun walaupun begitu setidaknya unduhannya sudah mencapai 10 juta pengguna lebih loh dengan ratting 4,6.

Office Lens

Aplikasi scan Office Lens

Aplikasi ini dibuat oleh perusahaan Microsoft cocok untuk kamu yang ingin memindai dokumen baik untuk keperluan sekolah, kuliah maupun bisnis.

Aplikasi ini cukup popular karena fitur yang disediakan cukup lengkap dan sangat ramah untuk pengguna baru.

Hasil yang ditawarkan dari aplikasi ini pun bisa diadu dengan aplikasi lainnya. Untuk kamu pengguna iPhone tidak perlu khawatir karena kamu bisa menggunakan aplikasi yang satu ini kok.

Hanya saja aplikasi ini cukup berat, jadi untuk kamu yang masih punya perangkat kurang memadai tidak disarankan menggunakan aplikasi ini.

Jumlah pengunduh aplikasi ini menapai 10 juta lebih pengguna dengan rating mencapai 4,7.

Simple Scan

Aplikasi scan Simple Scan

Simple Scan rekomendasi aplikasi pemindai selanjutnya yang bisa kamu gunakan. Hampir sama cara untuk memindai dengan aplikasi lainnya tinggal menyesuaikan saja. Bahkan hasilnya bisa lebih jelas dibandingkan dengan aplikasi pemindah dokumen lainnya.

Selain versi yang gratis, kamu juga bisa menggunakan yang versi pro agar fitur yang bisa digunakan lebih banyak.

Total instalasi sampai saat ini mencapai 10 juta lebih pengguna di berbagai negara. Ukurannya hanya 28 MB dengan ratting 4.8.

Baca Juga : Aplikasi Matematika

Tiny Scanner

Aplikasi scan Tiny Scanner

Aplikasi scan rancangan dari Beesoft Apps ini bisa menjadi pilihan sebagai pemindai dokumen terbiak.

Ukuran dari aplikasi ini tidak begitu besar hanya 17 MB bahkan total pengunduh sudah lebih dari 10 juta pengguna.

Dengan aplikasi ini kamu bisa memindai berbagai macam dokumen dengan format hasilnya bisa kamu pilih baik PDF maupun JPEG.

Caranya cukup mudah, kamu hanya perlu memotret dokumennya saja.

CamScanner

camscanner aplikasi scanner gratis di android

Aplikasi scan di HP yang satu ini juga cukup terkenal dengan pengguna lebih dari 100 juta. Aplikasi ini diciptakan oleh INTSIG Information Co dengan ukuran file 37 MB.

Bisa dibilang aplikasi yang satu ini hasil pindaiannya cukup tajam dengan sangat jelas.

Turbo Scan

Turbo Scan aplikasi scanner gratis di android

Jika kamu mencari aplikasi pemindai yang cepat maka salah satu aplikasi yang bisa kamu unduh adalah Turbo Scan. Sesuai dengan namanya proses scanning lebih cepat dibading dengan aplikasi lainnya.

Fitur – fitur yang disediakan cukup lengkap untuk dasar scanner. Kamu bisa menyimpan dokumen yang sudah kamu scan tadi dengan format PDF, JPEG dan PNG.

Pengguna aplikasi ini mencapi 1 juta perangkat dengan rating 4.6

Genius Scan

Genius Scan - Aplikasi scanner dokumen

Di aplikasi ini selain untuk memindai dokumen ada fitur lain yang bisa kamu gunakan yaitu konversi dan pembagian.

Namun walau fitur dan hasilnya cukup bagus, aplikasi ini mempunyai ukuran yang cukup besar dan pemidaianya belum begitu stabil

Aplikasi ini dibuat oleh The Grizzly Labs dengan ukuran 22 MB dan total instalasi sudah mencapai lebih dari 5 juta pengguna.

Dokumen Scanner SDK App – Scanbot

Aplikasi ini di berasal dari developer Scanbot Scanner SDK salah satu solusi dokumen scan yang bisa kamu pilih dengan gratis dan mudah untuk smarphone kamu.

Caranya pun cukup mudah, kamu hanya perlu memotret dokumenya nanti secara otomatis hasilnya akan disesuaikan oleh aplikasi ini jadi lebih bagus dan berkualitas.

Dengan menggunakan aplikasi ini kamu bisa melakukan scanning dengan banyak halaman sekaligus jadi tidak perlu capek – capek melakukan berulang – ulang kali dan tidak dua kali kerja,

Selain itu fitur dari aplikasi ini cukup lengkap karena mendukung penyimpanan cloud.

Text Fairy (OCR Text Scanner)

aplikasi scan Text Fairy (OCR Text Scanner)

Aplikasi ini mempunyai keunggulan dari pada aplikasi lainnya. Kamu bisa mengubah gambar menjadi format text, mengedit teks yang sudah kamu ekstar, menyalin teks ke clipboard ke aplikasi lain dan lain sebagainya.

Kamu bisa menggunakan aplikasi ini secara gratis dan tanpa iklan. Coba sekarang untuk memindai dokumen kamu.

Clear Scan

Clear Scan aplikasi scanner gratis di android

Aplikasi ini pertama kali diluncurkan pada 15 juni 208 oleh developer Mobile App. Sampai saat ini, aplikasi ini sudah digunakan lebih dari 5 juta unduhan di Google Playstore.

Aplikasi ini menjaminjikan hasil yang berkualitas dan tanpa watermark.

Bahkan kamu bisa mendapatkan aplikasi dengan ukuran yang terbilang kecil sehingga tidak akan menyita ruangan penyimpanan di HP kamu.

Notebloc PDF

aplikasi scanner terbaik Notebloc PDF

Aplikasi scanner terakhir yang bisa kamu gunakan adalah Notebloc PDF. Memang tidak jauh berbeda dari aplikasi yang lainnya. Kamu bisa memindai menggunakan aplikasi ini baik itu dokumen, catatan, sketsa dan lain sebagaiinya.

Dengan aplikasi ini kamu bisa memotong hasilnya. Bahkan seandainya saat memotret ada bayangan, maka secara otomatis akan hilang. Selain itu jika dokumenya gelap saat proses pemotretan secara otomatis akan menjadi terang.

Itulah tadi 14 rekomendasi aplikasi scanner terbaik yang bisa kamu instal di android. Dengan bantuan aplikasi diatas, kamu akan lebih mudah untuk melakukan scanner dan tidak perlu lagi membeli mesin scan.

Kira – kira dari 14 aplikasi scan diatas mana yang membuat kamu tertarik ?

Jika ada rekomendasi lainnya yuk bantu yang lain dengan cara tulis di kolom komentar ya sob.

Hallo ! Saya SEO Specialist dan seorang Mahsiswa jurusan Teknik Informatika