Ternyata Mudah Cara Membuat Google Form di PC& HP

cara membuat google form
cara membuat google form

Hallo sahabat umBelen. Tentu kamu tidak asing lagi dengan Google Form salah satu teknologi yang dikembangkan oleh perusahaan Google untuk mengolah data. Tapi apakah kamu tahu bagaimana Cara Membuat Google Form ?

Google Form mempunyai banyak fungsi, seperti untuk absensi, kuesioner dan lain – lain. Tentu kamu harus tahu dulu cara untuk membuatnya.

Google memang menjadi   perusahaan  raksasa yang mempunyai banyak sekali platform untuk menyelesaikan  masalah pekerjaan  kamu. Nah berikut ini akan kita bahas mengenai cara membuat google form yang baik dan benar.

Penasaran ?

Simak artikel dibawah ini.

Sejarah Google Forms

cara membuat google form

Siapa sih yang tidak tahu dengan perusahaan teknologi raksasa dunia yang satu ini ? karena setiap hari jutaan pengguna memanfaatkan fitur yang diciptakannya.

Mengenai google forms sendiri awal mula didirikan pada sebagai fitur Google Spreadsheet pada tahun 2008. Kemudian tahun 2010 Google memisahkan karena ketambahan fitur formulir ke dalam lembar terpisah.

Kemudian Google menambahkan fitur foms hingga akhirnya pada tahun 2016 Google mengubahnya menjadi aplikasi mandiri.

Saat ini hampir setiap saat kita menjumpai isian Gogle form, entah itu pendafataran seminar, absensi dan lain sebagainya. Hal tersebut karena fitur yang disediakan secara gratis dan cara membuatnya tidak begitu sulit.

Cara Membuat Google Form di PC

Kemudahan yang disediakan oleh Google memang perlu dimaksimalkan. Salah satunya fitur Google form.

Namun kadang masih banyak yang kebingungan cara untuk membuatnya. Berikut adalah langkah – langkahnnya:

  • Pertama pastikan bahwa computer kamu sudah terkoneksi dengan internet.
  • Kemudian masuk di google dan jangan lupa masukan email yang ingin kamu pakai.
  • Jika sudah masuk di Google, pada bagian kana nada titik – titik biasanya disamping foto user google. Klik dan pilih Google Form ( Formulir ). Atau kamu bisa langsung masuk ke dashboard Google Drive kemudian klik New lalu akan muncul beberapa pilihan,kamu tinggal pilih Google Forms.

cara membuat googleform

  • Ketika sudah masuk di dashboard Google Form akan ditampilkan beberapa pilihan yaitu pilihan kosong, kuis kosong, tiket keluar dll. Kamu tinggal pilih mana saja sesuai dengan keinginan. Jika kamu masuk dari Gogle Drive maka akan langsung ditampilkan lembar kerjanya.

cara membuat googleform

  • Setelah itu kamu bisa ngisi sesuai denga yang diinginkan.

Cara Membuat Pertanyaan di Google Form

Jika tahap awal sudah selesai, selanjutnya adalah cara membuat pertanyaan. Bagaimana sih langkahnya ? simak dibawah ini.

  • Jika sudah masuk ke lembar kerja google form, pertama kamu isi terlebih dahulu judul dan deskripsinya. Judul dan deskripsi yang ditulis menggambarkan tentang apa tujuan dari dibuatnya google form tersebut.

cara membuat googleform

  • Buatlah beberapa pertanyaan yang ingin di tanyakan dan digali pada formulir tersebut.
  • Untuk menambah pertanyaan, pada bagian kanan pada lembar kerja terdapat tanda (+)

cara membuat googleform

  • Jika pertanyaan sudah dimasukan, kemudian pilih opsi respon yang diinginkan seperti jawaban singkat, pilihan ganda dan lain – lain. Kamu gali sendiri aja ya… hehehe

cara membuat google form

  • Cara membuat google form dengan upload file adalah tinggal pilih opsi respon yang diinginkan.

cara membuat google form

  • Jika semua pertanyaan dirasa sudah cukup dan dirasa selesai, kamu bisa kirim (send) dengan cara klik pada bagian kanan atas lembar kerja.

cara membuat google form

  • Pilih opsi pengiriman yang diinginkan bisa melalui email, bagi link, Google+ , Facebook dan lain – lain.

cara membuat google form

  • Jika sudah klik kirim.

Cara Melihat Tanggapan di Google Form

Cara Melihat Tanggapan di Google Form

Bagaimana ? mudahkan ? eits, pembahasanya belum selesai, karena percuma bisa buat tapi tidak tahu cara melihat tanggapan dari Gogle form yang telah kita buat kan ?

Untuk melihat tanggapan atau melihat siapa saja yang sudah mengisi formulir yang kamu buat tidak sulit. Berikut langkahnya.

  • Masuk ke dashboard google form kemudian pilih mana yang ingin kamu lihat tanggapanya.
  • Jika sudah masuk,akan ada dua halaman yaitu halaman pertanyaan & jawaban. Kamu klik yang Jawaban dan disana kamu bisa melihat siapa dan berapa yang sudah mengisi formulir yang kamu buat.

Cara Membuat Google Form di HP

Cara Membuat Google Form di HP

Perkembangan teknologi sekarang semakin pesat, dulu mengerjakan pekerjaan kantor atau sekolah harus menggunakan laptop/pc sekarang sudah ada kemudahan.

Salah satunya jika kamu ingin membuat google form maka tidak perlu lagi menggunakan laptop. Cukup dengan genggaman pekerjaan selesai.

Namun sebelum mengerjakan, kamu harus download dan install aplikasi FormsApp For Google Forms terlebih dahulu.

Berikut cara membuat google form mengunakan handphone :

  • Buka aplikasi yang sudah kamu download tadi. Jika masih awal  akan  muncul beberapa slide pengenalan seputar aplikasinya.
  • Klik Grant Permission untuk memberi akses aplikasi tersebut.\
  • Login menggunakan akun google kamu.\
  • Untuk memulai membuat formulir, klik tanda (+) yang adadi bagian bawah.
  • Kemudian akan ada beberapa tamplate yang sudah disediakan. Namun jika ingin membuat kreasi sendiri bisa mnggunakan Blank Form.
  • Jika sudah masuk ke lembar kerjannya, kamu bisa membuat berbagai macam pertanyaan dengan klik tanda yang ada dibawah.
  • Selain itu kamu juga bisa memilih respon yang diinginkan, bisa multiple choice, dropdown, short answer.
  • Jika pertanyaan yang kamu masukan dirasa sudah cukup, klik tombol submit yang ada di bagian kanan atas.
  • Kamu akan diarahkan ke pop-up form setting pilih dengan cara centang sesuai dengan kebutuhan kamu.
  • Setelah itu kamu bisa bagikan dengan cara menyalin link tautan atau langsung share ke Whatsapp, Instagram dan aplikasi lainnya.

Kegunaan Google Form

Setelah kamu bisa membuat google form seperti yang sudah kami jelaskan diatas, tentu akan timbul pertanyaan. Sebenarnya apa aja sih kegunaan dari google form itu?  Ada banyak manfaat yang bisa kamu optimalkan dengan fitur yang google berikan ini, yaitu :

  • Sebagai kuesioner : kuesioner sendiri berfungsi sebagai bahan dasar untuk penyusunan catatan permanent. Atau sebagai bahan validasi dari cataan yang ingin di buat.
  • Untuk ujian : jika kamu seorang guru atau pemilik perusahaan, kamu bisa maksimalkan google form untuk ujian. Caranya tidak susah karena kamu tinggal masukan pertanyaannya saja.
  • Absensi : selanjutnya goole form bisa dipakai untuk absensi kehadiran, baik kehadiran dalam acara seminar, absensi masuk kerja dan lain – lain.
  • Formulir pembelian : dengan menggunakan google form kamu akan dipermudah karena tidak perlu menggunakan catatan manual lagi.

Kesimpulan

Bagaimana ? ternyata, cara membuat google form itu mudah kan ? selain caranya yang mudah, ternyata google form juga mempunyai fungsi yang sangat penting sebagai penunjang keseharian kita.

Mudah – mudahan artikel ini bermanfaat ya. Jangan lupa untuk subscribe agar kamu bisa terus mengikuti perkembangan di bidang teknologi.

Abdul Roqib
Hallo ! Saya SEO Specialist dan seorang Mahsiswa jurusan Teknik Informatika