Mudah !! Begini Cara Menggunakan Google Meet di HP & PC/Laptop

cara menggunakan google meet

Cara Menggunakan Google Meet – beberapa tahun belakangan, kegiatan sekolah, perkantoran harus dihadapkan dengan masalah yang serius.

Pasalnya dengan terjadinya pandemi yang tidak berkesudahan mengharuskan kegiatan belajar mengajar dan perkantoran harus dilakukan dengan online.

Salah satu yang harus diketahui saat terjadi keadaan yang seperti ini adalah aplikasi yang bisa dipakai agar kegiatan sekolah tetap berjalan dengan tatap muka.

Salah satu aplikasi yang di buat oleh google adalah Google Meet. Aplikasi populer yang sering digunakan saat ini untuk media pembelajaran dan rapat.

Namun bagaimana sih Google Meet digunakan, dan apa saja fitur yang ada didalamnya ?

Simak penjelasan berikut ini.

Kenal Lebih Dekat Dengan Google Meet

Google Meet adalah aplikasi dari google yang digunakan untuk Video Conference gratis untuk setiap penggunanya.

Untuk menggunakan aplikasi ini, kamu bisa memakai baik dengan browser dan aplikasi di HP. Untuk menggunakan google meet di Hp tidak begitu sulit karena kamu hanya perlu menginstal aplikasinya yang sudah tersedia di playstore.

Sebenarnya aplikasi ini sudah ada sejak dulu. Jika kamu pernah mendengar atau menggunakan fitur gratis yang bernama Hangout maka ini adalah leburannya.

Setidaknya ada beberapa fitur yang bisa gunakan dalam Google Meet yaitu sebagai berikut :

  • Gratis : Jika kamu belum mempunyai dana yang cukup dan menggunakan aplikasi ini tidak begitu sering, fitur gratis dari Google Meet bisa kamu pakai. Namun ada batasan dari Google Meet. Durasi yang bisa kamu gunakan hanya 60 Menit saja dengan batas peserta hanya 100 orang.
  • Google Workplance Essensial : Jika kamu menginginkan waktu yang lebih lama, kamu bisa menggunakan fitur berbayar. Cukup dengan mengeluarkan $8 dalam satu bulan. Waktu yang diberikan sampai 300 jam dengan batas 150 peserta.

Selain itu, dengan versi yang berbayar ini, didalamnya terdapat fitur simpan rekaman meeting yang secara otomatis akan masuk ke Google Drive mencapai 100 GB.

  • Google Workplace Enterprise : Google Meet memberikan harga khusus perusaaan untuk yang versi ini. Untuk batas waktu yang diberikan sama seperti yang sudah kami jelaskan diatas yaitu 300 jam dengan batas 250 peserta.

Namun yang membedakan adalah mempunyai fitur keamanan dan yang diberikan.

Keunggulan Menggunakan Google Meet

Google Meet merupakan salah satu aplikai video conference yang populer dengan pengguna meencapai ratusan juta setiap harinya.

Tentu dengan pengguna yang begitu banyak itu, Google Meet mempunyai keunggulan tersendiri.

Berikut adalah keunggulan yang dimiliki oleh Google Meet :

Terintegrasi Dengan Akun Google

Dengan menggunakan Google Meet, kamu sudah terintegrasi dengan akun Google yang kamu miliki.

Tentu sudah kamu ketahui. Akun google sekarang mempunyai miliaran pengguna aktif. Dengan integrasi keakun Google ini tentu mempunyai banyak keunggulan.

Kemudahan membuat Meeting Online yang dijadwalkan, mengirimkan link meeting melalui akun google dan menyimpan hasil meeting yang otomatis tersimpan di Google Drive.

Kemudahan Mendaftar

Selain terintegrasi, Google Meet juga memberikan kemudahan untuk mendaftar bagi setiap penggunanya.

Cukup satu kali klik kamu sudah bisa mendaftar dan menggunakan Google Meet.\

Akses Meeting yang Mudah

Selain itu Google Meet memberikan kemudahan untuk para penggunanya.

Hal itu terbukti, aplikasi yang satu ini bisa digunakan baik pengguna yang memakai perangkat mobile dan PC/Laptop.

Selain itu menu didalamnya hanya ada 2 yaitu Mulai Rapat & Gabung ke Meeting.

Tentu dengan 2 menu didalamnya akan sangat memudahkan akses pengguna dan tidak menbingungkan.

Aplikasi Ringan

Sebenarnya ada banyak aplikasi video conference sekarang ini.

Namun untuk aplikasi Google Meet, ukurannya ringan. Aplikasi ini bisa didapatkan hanya dengan ukuran 55,37 MB saja.

Fitur – fitur di Google Meet

  • Meeting Instan : yang bisa digunakan untuk meeting hari itu juga.
  • Terjadwal : kamu bisa membuat meeting yang dijadwalkan.
  • Link Undangan Meeting : kamu juga bisa mengirimkan link undangan untuk teman, siswa atau siapapun itu.
  • Background Virtual : jika kamu bosan dengan tampilan background atau ingin merubah menjadi lebih keren di Google Meet sudah disediakan fiturnya
  • Chat di Dalam Meeting : pada saat meeting, kamu bisa memberikan pertanyaan berupa chat yang sudah ada fitur didalamnya.
  • Presentasi atau Screen Sharing : membantu kemudahan kamu saat melakukan persentasi
  • Whiteboard dengan Google Jamboard

Baca Juga : Cara Membuat Link Google Drive

Cara Menggunakan Google Meet di PC

Cara menggunakan google meet di PC/Laptop tebilang mudah karena tidak perlu aplikasi yang harus ditambahakan. Untuk lengkapnya simak berikut ini:

  • Buka browser yang sudah terpasang di PC / Laptop kamu. Bisa menggunakan Chrome, Microsoft Edge, Opera dan lain sebagainya.
  • Selanjutnya buka halaman google meet dengan menuliskan pada search google. Jika kamu sudah masuk ke akun Google maka tinggal buka di bagian sebelah gambar akun google kamu berbentuk titik – titik kemudian scrool kebawah sampai menemukan Meet.
  • Jika kamu belum masuk ke akun google, kamu harus login terlebih dahulu.
  • Untuk memulai pilih new meeting
  • Sebenarnya cara diatas sudah selesai. Namun kamu juga perlu mengatur kamera dan microphone. Pilih tombol pengaturan pada bagian bawah layar.

Selain membuat new meeting sendiri, kamu juga bisa join ke meeting orang lain. Tentunya sudah tahu link dan passwordnya. Untuk cara bergabung di google meet tidak susah kok caranya kamu tinggal masukan link/kode meeting yang sudah kamu terima.

Jika ada passwordnya kamu masukan pada kolom yang sudah tersedia.

Cara Menggunakan Google Meet di HP Android dan iOS

Selain menggunakan PC/Laptop, google meet juga sudah support di mobile. Untuk kamu pengguna Android dan iOS tidak perlu khawatir karena kamu bisa juga menggunakan tanpa harus pakai laptop/PC.

Untuk caranya simak berikut ini :

  • Download aplikasi baik di Google Playstore atau di AppStore
  • Setelah selesai di unduh, buka aplikasiuntuk memulai meeting
  • Jika sudah masuk login ke akun Google kamu. Karena untuk menggunakanya harus memakai akun google aktif.
  • Sama seperti cara dengan mengunakan PC/Laptop, di Android atau iOS kamu perlu setting kamera dan microfon.
  • Untuk memulai rapat baru, kamu tinggal pilih New Meeting. Namun jika kamu ingin join cara menggunakan google meet di hp untuk siswa hampir sama dengan menggunakan PC/Laptop. Kamu tinggal pilih join with a code, kemudian masukan kode meeting pada kolom yang sudah disediakan.

Kesimpulan

Google Meet menjadi solusi terbaik untuk kamu saat terjadi bencana yang mengharuskan orang untuk tidak bertatap muka, baik orang kantoran saat rapat siswa dan mahasiswa yang mengharuskan untuk tatap muka.

Ada banyak aplikasi lain yang sebenarnya bisa digunakan. Namun fitur dan kelebihan yang dimiliki oleh Google Meet harus menjadi pertimbangan kamu.

Demikian pembahasan mengenai cara menggunakan Google Meet baik di HP dan PC/Laptop yang bisa kami sampaikan. Mudah – mudahan bermanfaat.

Abdul Roqib
Hallo ! Saya SEO Specialist dan seorang Mahsiswa jurusan Teknik Informatika